DekorasiTips & Trick

10 Model Kitchen Set Minimalis Dapur Kecil, Lega Banget!

Bingung menata dapur di rumah Anda karena dapur berukuran mungil? Simak 10 model kitchen set minimalis dapur kecil rumah Anda agar lebih nyaman dan lega.

Area dapur yang kecil tentu sangat cocok untuk pengaplikasian kitchen set minimalis untuk dapur mini atau kecil.

Walaupun cenderung mungil namun visual yang dimiliki tidak akan kalah kok, tentu dengan penerapan yang tepat ya! lalu, bagaimana desain dapur yang tepat untuk hunian yang kecil?

Nah, beberapa desain ini dapat menjadi pilihan anda untuk diterapkan pada hunian kesayangan.

Beberapa sentuhan sangat berarti lho untuk area dapur. karenanya, pastikan baca hingga habis ya homeowners!

Kitchen Set Minimalis Dapur Kecil Lantai Atas

kitchen set minimalis dapur kecil 1
Sumber: pinterest

Ide yang bagus untuk penempatan dapur kecil dengan letaknya yang berada diatas. Tidak banyak penempatan dapur untuk satu area ini, karena biasanya memang penemptan dapur sering kali dibawah.

Cara ini dapat anda aplikasikan jika ingin memiliki hunian yang unik dengan dapur yang berada diatas.

Tentu, memasak dengan area yang sejuk seperti berada dilantai atas memberikan sensasi kenyamanan tersendiri yang tidak didapat pada area bawah.

Karena area atas biasanya digunakan sebagai tempat untuk bersantai, seperi pemberian balkoni untuk area ini.

Tentu saja ruangan yang berdekatan menunjang bersantai jadi lebih maksimal. Anda tidak perlu mengambil makanan dengan turun terlebih dahulu, tempat yang dekat memberikan fleksibilitas yang baik.

Baca Juga  4 Tips Simpel Dapur Mini Nyaman

Paduan Warna Dari Berbagai Perabot

kitchet set sederhana

Unsur warna tidak hanya dibentuk dari dinding saja, namun bisa memanfaatkan “interaksi” dari perabot pada dapur.

Untuk mengidentifikasinya, lihat perabot apa saja yang ada di dalam dapur. Jika dalam contoh diatas, ada kitchen set minimalis dapur kecil yang warnanya gelap, bagian meja menggunakan warna kayu dan masih banyak lagi.

Dapur diatas setidaknnya memakai 3 warna domino seperti coklat kayu, gelap dan silver.

Desain Minimalis Menyatu Dengan Kompor

kitchen set dapur kecil
kitchen set dapur kecil

Kompor menyatu dibagian tengah pada kitchen set minimalis dapur kecil ini. Memiliki 2 rak antara keduanya, juga memanfaatkan bagian atas sebagai rak tambahan.

Bagian antara rak bawah dan atas dimanfaatkan sebagai “cantelan” untuk alat-alat dapur. Supaya lebih ringkas, cantelan dapat menggunakan sebilah tiang panjang. Pasalnya, bentuk cantelah seperti cukup simpel dan bisa menghemat space.

Memakai desain seperti ini, dapur terlihat tertata dan lebih rapi bukan qhomelovers? Cocok sekali untuk dapur berukuran kecil.

Kitchen Set Mini Ala Scandinavian

kesalahan umum memilih kitchen set

Konsep scandinavian adalah gaya desain khas eropa utara yang didominasi unsur iklim dan alam. Konsep ini, juga mengacu pada bentuk-bentuk yang ramping dan sederhana.

Kitchen set minimalis dapur kecil scandinavian lebih ramping dengan bentuk-bentuk sederhana namun tetap memperhatikan sisi estetika.

Dengan bentuk yang ramping pula, space yang dibutuhkan jadi tak terlalu besar. Konsep ini cocok untuk dapur-dapur mungil dengan keterbatasan lahan.

Dengan Lemari Fleksibel

kitchen set minimalis dapur kecil 2
Sumber: pinterest

Ide lain untuk kitchen set minimalis dapur kecil dapat menggunakan desain set lemari yang fleksibel. Bentuk yang fleksibel tentu sangat menghemat ruang, apalagi jika luas ruangan area dapur anda tidak terlalu luas.

Lemari fleksibel biasanya punya bentuk yang terlihat kecil dari luar, namun ketika membuka area dalam, kapasitasnya bisa lebih dari apa yang anda perkirakan.

Baca Juga  Nampak Klasik Namun Elegan, 7 Kitchen Set Kayu Untuk Gaya Modern Pada Dapurmu

Lemari fleksibel sangat memanfaatkan berbagai space ada di dalamnya. Ditambah lagi, beberapa fitur tambahananya dapat menunjang aktivitas keseharian.

Terdapat beberapa set peyimpanan di beberapa area lemari yang mungkin tidak anda sadari, seperti laci pada samping hingga di area belakang.

Dibagian dalamnya juga dibentuk sedemikian rupa supaya punya kapasitas yang besar disamping itu, bentuknya yang menawan tentu saja memberikan tampilan visual dari dapur yang lebih baik.

Desain Minimalis Kabinet untuk Oven & Kulkas

kitchen set 12

Adanya kabinet untuk kulkas & oven sangat membantu dapur terilhat rapi dan terorganisir. Ditambah, kedua alat tersebut (kulkas & oven) kini jadi barang yang wajib ada didapur.

Gunakan juga kitchen set minimalis dapur kecil dengan banyak rak, karena itu dapat dipakai untuk penyimpanan barang-barang kecil atau alat dapur.

Model Kitchen Set Minimalis Mewah

kitchen set dengan dapur kecil
Sumber: forfur

Kitchen set dapur minimalis dapur kecil yang mewah memiliki kesan menarik pada pengaplikasiannya.

Dapur mewah sering kali pula menggunakan kompor – kompor terkini baik dari sisi tampilan maupun proses pembakaran seperti penggunaan kompor gas infrared serta berbagai komponen pendukung dapur lain.

Jangan lupakan bagian pencahayaan pada area dapur, anda dapat memaksimalkan pencahayaan dari sisi alami seperti matahari ataupun dari lampu listrik.

Untuk area jendela, penggunaan kaca yang cenderung panjang bisa jadi pilihan.

Kaca yang lebar dapat dikombinasikan dengan sisi teralis berwarna hitam. Tentu penggunaan ini senada dengan kitchen set minimalis dapur mewah yang anda terapkan meskipun ruangan cendeurng kecil. Wah, menarik ya?

Minimalis Semi Classic

Dapur Minimalis Kecil Semi Classic
Sumber: pinterest

Pecinta konsep classic? Memang, yang jadul – jadul punya nilai dan ciri khas yang tidak didapat pada konsep lain. Nah, cara gampangnnya anda dapat menggunakan kitchen set minimalis dapur kecil dengan penamban batu bata merah pada interiornya.

Baca Juga  Ukuran Besi Hollow Untuk Pagar Ideal & Standar

Anda dapat menggunakan batu merah dengan ditempatkan tepat pada depan wastafel maupun area kompor.

Tentu, ini akan jadi desain yang enak dipandang ketika kegiatan memasak sedang dilakukan.

Pengaplikasian batu bata merah tentu saja malah lebih simpel, karena anda tidak perlu memberikan lapisan tambahan.

Permukaan bata merah memang tidak rapi dibanding dengan tembok yang dengan lapisan semen, namun hal ini malah memberikan nilai classsic yang memberikan tampilan visual yang indah dan unik.

Ruang Terbuka Yang Lebar

kitchen set

Meskipun menggunakan kitchen set minimalis dapur kecil, anda dapat membuatnya “terlihat” lebar dengan memainkan sisi psikologis. Ruang yang memiliki ruang terbuka lebar, akan terlihat lebih besar dari aslinya.

Ruangan dapur diatas memiliki ruang terbuka lebar dibagian sampingnya. Jika anda ingin menutup, gunakan kaca dibagian ini. Terdapat ruang dibagian atasnya, yang juga memperlihatkan efek psikologis lebih lebar.

Disisi lain, ruang terbuka juga membuat pencahayaan alami yang mudah masuk.

Makin Cantik Dengan Aksesoris

kitchen set minimalis dapur kecil
Sumber: pinterest

Beberapa aksesoris mungkin jadi cara yang tepat untuk menghias area dapur.

Kitchen set minimalis dapur kecil dengan tambahan berbagai aksesori dapat anda terapkan seperti penggunaan pot bunga kecil, ornamen piring penhias, kendi cantik maupun berbagai ornamen lain sesuai dengan selera anda.

Karena beberapa meja dapur yang ada sangat penting untuk dibiarkan kosong (untuk peletakan bahan makanan maupun peralatan ketika dipakai), cara lain adalah anda dapat memasak rak khusus untuk peletakan ornamen.

Beberapa penyesuaian dapat anda lakukan dengan menempatkan rak sederhana pada area atas.

Karena ornamen sendiri tidak akan sering dipegang bahkan memang fungsinya hanya pajangan saja, tentu penempatan rak diatas merupakan langkah yang tepat.

Bikin kitchen dapur custom bisa di qhomemart.com. Cek juga harga berbagai kebutuhan dapur disini.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini