Kombinasi Warna Cat Rumah Kayu Tradisional

Kombinasi warna cat rumah kayu — Rumah kayu kerap ditemui di pedesaan. Beberapa memiliki anggapan bahwa rumah kayu merupakan cerminan kondisi ekonomi pemilik rumah yang tidak mampu membangun rumah dari batu bata atau batako. Padahal, rumah yang dibuat dengan bahan kayu pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit, terutama dengan bahan kayu yang sangat kuat dan desain yang khusus.

Banyak orang yang berminat dengan rumah kayu karena dianggap memiliki nilai seni yang tinggi karena desainnya yang menarik dan unik. Kombinasi cat untuk rumah kayu pun juga perlu diperhatikan agar rumah kayu tetap terlihat cantik dan memukau.

Kombinasi Warna Cat Rumah Kayu Tradisional

Kombinasi warna cat rumah kayu cokelat tua dan cokelat muda

source: postsod

Kombinasi warna cat rumah kayu tradisional yang dapat Anda padu padankan adalah dengan mengombinasikan beberapa warna cokelat. Warna cokelat dipadukan dengan warna cokelat lain yang memiliki kecerahan yang berbeda tentunya dapat membuat indah rumah kayu.

Anda dapat mengombinasikan warna cokelat tua untuk tiang-tiang penyangga dan pagar teras lalu menggunakan warna cokelat muda untuk dinding rumah kayu. Selain itu Anda dapat menggunakan pintu kayu dengan warna yang agak tua untuk membuatnya serasi dengan dinding kayu rumah kayu.

Baca Juga  5 Tips Merawat Perlengkapan Dapur

Kombinasi warna cat rumah kayu cokelat dan putih

kombinasi warna cat rumah kayu
by Hiroshi Sakaguchi

Anda juga dapat mengikuti inspirasi kombinasi warna cat rumah kayu dengan desain yang biasanya ditemui pada rumah-rumah kayu di Jepang. Beberapa rumah kayu di Jepang mengombinasikan warna kayu alami dengan warna putih untuk interior maupun warna jendela pada rumah kayu. Selain itu terdapat pula aksen-aksen warna hitam yang ditonjolkan pada rumah kayu ini, yaitu warna hitam yang terdapat pada bantal duduk di rumah.

Meskipun desain rumah kayu ini bergaya Jepang, bukan berarti desain rumah ini tidak bisa diterapkan di Indonesia lho. Jika Anda menyukai rumah kayu bergaya jepang dan kombinasi warna cat rumah kayu ini sangat cocok dengan selera Anda, Anda dapat ikut membangun rumah kayu bergaya Jepang.

Desain Rumah Kayu untuk Masyarakat Indonesia

Desain rumah kayu pun banyak digunakan pada rumah-rumah di Indonesia. Beberapa daerah menggunakan rumah kayu seperti joglo ataupun rumah panggung. Berikut inspirasi desain rumah kayu yang cocok untuk masyarakat Indonesia.

kombinasi warna cat rumah kayu
source: brilio

Bagi Anda yang memiliki lahan yang luas, tentunya desain rumah kayu berikut dapat Anda jadikan sebagai referensi. Terdiri dari dua lantai yang dapat memberikan ruang yang lebih luas untuk Anda beraktivitas di rumah. Desain rumah ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki anggota keluarga yang cukup banyak. Dengan lahan yang luas, rumah ini cukup untuk menampung beberapa anggota keluarga Anda.

Baca Juga  Warna Cat Rumah Bagian Luar Yang Bagus

Desain rumah kayu 1 lantai

source: domino.com

Rumah kayu dengan 1 lantai ini juga dapat terlihat menarik. Tentunya rumah ini terlihat lebih manis dengan kombinasi warna cat rumah kayu dengan pintu dan jendela berwarna putih. Cat dindingnya pun terlihat cukup bold namun manis dengan warna navy yang cantik. Selain itu memadukannya dengan sofa cantik berwarna putih senada pun dapat memberikan kesan minimalis dan indah pada rumah kayu Anda.

Desain rumah kayu Joglo

Rumah kayu jenis joglo ini banyak ditemukan di rumah-rumah di Jawa. Banyak sekali yang merasa nyaman dengan rumah joglo. Rumah joglo sangat cocok untuk dihuni karena desainnya yang dapat membuat nyaman serta membuat sejuk dengan jendela yang cukup besar.

Tips Perawatan Desain Rumah Kayu

Dalam memelihara rumah kayu, tentunya perlu melakukan perawatan yang maksimal agar tampilan rumah kayu tetap indah dan menawan.

Rajin Membalurkan Varnish

Membalurkan varnish pada kayu di rumah kayu adalah salah satu bentuk perawatan yang cukup penting. Varnish dapat melindungi kayu Anda dari efek panas, hujan, angin, kotoran, maupun serangan serangga. Melapisi bahan kayu Anda dengan varnish juga dapat melindungi permukaan kayu dari pengaruh bahan kimia rumah tangga seperti cuka ataupun alkohol.

Membalurkan varnish secara teratur dapat menguatkan warna serat kayu sehingga keindahan bahan kayu Anda menjadi lebih terlihat dan rumah kayu menjadi lebih indah.

Baca Juga  Jangan Salah Pilih! Ini Jenis - Jenis Matrial Kayu Untuk Bahan Bangunan

Perhatikan Selalu Kebersihannya

Dalam memiliki rumah jenis apa pun, tentunya kita perlu memperhatikan kebersihan. Namun pada jenis rumah kayu, kita perlu lebih memperhatikan kebersihannya karena rumah kayu memiliki sela-sela yang perlu rutin dibersihkan.

Untuk membersihkan lantai kayu di rumah, Anda dapat membersihkan dengan vacuum cleaner dan memoles lantai dengan produk pelicin khusus. Jangan mencongkel lantai ataupun sisi-sisi rumah kayu Anda dengan benda tajam karena hal tersebut dapat merusak permukaan kayu di rumah kayu.

Hamparkan Karpet Pada Lantai

Hamparkan karpet pada lantai rumah kayu Anda. Karpet adalah salah satu benda yang penting untuk dipasang pada lantai rumah kayu Anda. Karpet dapat memberikan kesan hangat bagi rumah Anda dan juga dapat mempermanis ruang interior pada rumah kayu.

Jangan lupa untuk memperhatikan jenis, motif, dan warna karpet yang akan Anda gunakan pada rumah kayu. Pilihlah warna dengan tone yang sesuai dengan tone warna rumah kayu Anda. Hal ini dapat menguatkan kesan natural pada rumah kayu Anda. Jika bingung memilih karpet yang cocok untuk rumah Anda, Anda dapat melihat-lihat inspirasi karpet untuk rumah minimalis di sini.

Berikan Aksesoris Etnik

source: vrbo.com


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini