Keunggulan Dan Kekurangan Kompor Gas Infrared

berbagai jenis kompor banyak beredar dipasaran, salah satunya adalah kompor gas infrared ini, ketahui berbagai keunggulan dan kekurangan kompor jenis gas infrared disini.

memasak merupakan kegiatan yang umum dilakukan terlebih bagi para ibu rumah tangga. kegiatan masak tidak terlepas dari media pembakaran yang ada seperti misalnya kompor. penggunaan kompor dalam kegiatan memasak amat penting guna mengolah berbagai jenis masakan, memilih kompor yang baik dapat memberikan hasil masak yang efisien serta proses yang cepat.

Apa Itu Kompor Gas Infrared?

kompor gas infrared merupakan jenis kompor gas yang menggunakan teknologi pembakaran canggih dengan memanfaatkan radiasi infra red sebagai mekanisme pembakarannya. kegiatan memasak dapat dilakukan dengan lebih aman, lebih bersih, lebih efisien dengan menggunakan kompor jenis ini.

jenis kompor gas ini memiliki kelebihan yakni dapat memusnahkan zat aktif berbahaya seperti karbon monoksida (0,0002 persen) dan nitrat oksida (0,0015), suatu zat aktif pemicu timbulnya penyakit kanker yang keluar dari kompor. praktis, tidak ada asap sama sekali yang diproduksi kompor ini.

selain itu, kompor gas infrared dapat memaksimalkan pembakaran dari tabung gas yang keluar sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna. hal ini dapat terjadi karena jenis kompor gas infrared dapat mencapai tingkat termal yang jauh lebih tinggi (hingga 69 persen) sehingga daya konsumsi kompor inframerah lebih rendah.

Baca Juga  7 Kelebihan Karpet Plastik di Banding Tipe Lain

hal ini juga berimbas pada waktu yang pemasakan yang dipakai, dengan kompor yang bekerja yang menghasilkan suhu tinggi yang lebih cepat maka secara otomatis panas yang dihasilkan dapat lebih cepat pula. proses memasak pun tidak membutuhkan waktu yang lama.

kompor jenis ini agak berbeda dengan kompor jenis lain, pasalnya jika pada kompor gas biasa memiliki mekanisme dengan membakar gas yang dipancing melalui percikan api dari pemantik listrik (yang biasa diputar oleh tangan). berbeda dengan jenis kompor infrared, walaupun sama – sama memakai gas, namun untuk mengkonsumsi gas menggunakan inframerah. ini berarti bahwa kompor infrared tidak terlihat memancarkan api seperti pada kompor gas biasa .

Cara Kerja Kompor Infrared

kompor gas infrared 2
via alibaba

Kompor gas infrared memiliki mekanisme kerja dengan mengubah pembakaran dari gas panas menjadi radiasi infrared, mekanisme ini diklaim dapat menghemat energi gas anda sampai dengan 40% jika dibandingkan pemakaian kompor gas biasa.

dilansir dari hunker, infrared menghasilkan radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang yang lebih panjang dari cahaya yang terlihat. tentunya gelombang ini tidak dapat dilihat oleh mata manusia, namun dapat dirasakan panasnya. fakta menariknya, semua panas merupakan hasil dari radiasi infrared.

Fitur Kompor Gas Infrared

kompor gas infrared termasuk kompor yang modern serta menggunakan komponen khusus dengan penggunaan infrared ini untuk mekanisme kerjanya. pembakaran yang dihasilkan menghasilkan panas lebih cepat sehingga proses pemasakan dapat dilakukan dengan cepat. terdapat tempat khusus seperti papan yang mampu mengantarkan suhu sangat tinggi hingga kurang lebih 1000 derajat. papan ini pula yang menjadi media pengantar panas infrared ke wajan pemanasan.

Baca Juga  5 Cara Membersihkan Dapur dengan Maksimal

Kompor Modern

selain cara kerja yang canggih, jenis kompor ini ini juga didukung dengan tampilan yang elegan. kesan modern sangat melekat pada penggunaan kompor jenis ini, biasanya kompor gas infrared banyak ditemui dengan permukaan terdapat kaca pelapis, sehingga selain memiliki nilai keindahan lebih juga dapat dengan mudah untuk dibersihkan. kompor gas infrared termasuk jenis kompor canggih yang tentu dapat memperkecil peluang kerusakan kompor.

Berbagai Keuntungan Didapat Dari Kompor Gas Biasa

via subzero

sebelum menggunakan koompor gas infrared, anda dapat mengetahui berbagai kelebihan maupun kekurangannya disini

Keunggulan Dari Kompor Gas Infrared

1. Hemat gas Hingga 40% lebih efisien dari kompor gas biasa.

2. Mecegah timbulnya gas karbon monoksida dan nitrogen oksida.

3. Tidak membuat peralatan masak anda menjadi hitam/kotor.

4. Desain kompor elegan dan desain tungku yang dapat menghindari tangan anda terkena panas api.

5. Kompor dilapisi kaca sehingga mudah untuk di bersihkan.

6. daya tahan kuat

Kekurangan Kompor Infrared

1. harga yang lebih mahal

2. permukaan terbuat dari kaca dapat rentan pecah

3. teknisi yang belum banyak dibanding kompor gas biasa

Kesimpulan

dengan berbagai kelebihan yang dimiliki dari jenis kompor gas infrared, penggunaan kompor ini sangat direkomendasikan untuk proses masak memasak yang lebih efisien. selain efisisen dari segi penggunaan gas, proses memasak juga relative lebih cepat jika dibanding jenis kompor gas biasa. terlebih pada tingkat efisiensi yang baik, dapat membuat pengeluaran dapur untuk gas menjadi lebih kecil.

Baca Juga  Pantry Dapur, Menilik Kelebihan dan Kekurangannya

cek harga kompor gas infrared DISINI , konsultasi secara gratis dengan klik link dibawah.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini