Tips & Trick

Tips Memilih Kompor Gas Tanam

Memasak tentu menjadi kegiatan sehari-hari yang tak terlewatkan. Kompor menjadi benda yang wajib berada di dapur. Kompor gas tanam kini mulai banyak diminati untuk digunakan sehari-hari. Desainnya yang modern dan hemat tempat membuat banyak yang beralih untuk menggunakan kompor tanam.

Namun seperti apa sih kompor tanam? Lalu bagaimana cara memilih kompor gas tanam yang tepat untuk di rumah?

Apa itu Kompor Gas Tanam?

Kompor tanam adalah jenis kompor dengan desain yang mewajibkannya untuk ditanam di atas meja dapur. Kompor ini ditanam di atas meja dapur dan tidak dapat dipindah-pindahkan dengan sesuka hati.

Jenis kompor tanam ini sangat cocok untuk digunakan di rumah yang memiliki desain minimalis dan modern.

Tips Memilih Kompor Tanam

kompor gas tanam

Melihat desainnya yang minimalis dan modern, tentu Anda juga cukup tertarik untuk menggunakan kompor tanam. Namun, sebelum membeli kompor tanam sebaiknya Anda perlu memerhatikan beberapa hal agar tidak salah pilih. Yuk simak beberapa tips memilih kompor tanam di bawah ini.

Perhatikan Bahan Material Kompor

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum membeli kompor gas tanam adalah memerhatikan bahan material kompor tersebut. Meskipun sama-sama kompor tanam, akan tetapi terdapat dua material untuk permukaan kompor tanam yang dapat Anda pilih.

Baca Juga  Desain Dapur Outdoor untuk Rumah Minimalis

Terdapat permukaan kompor tanam tempered glass dan juga kompor tanam stainless steel. Kompor tanam tempered glass relatif lebih mudah untuk dibersihkan jika dibandingkan dengan stainless steel. Selain itu, bahan tempered glass juga tahan panas dan tahan gores. Lain halnya dengan bahan stainless steel yang tidak tahan gores.

Pilih Kompor Tanam Hemat Gas

Jika Anda gemar memasak, tentu Anda membutuhkan kompor yang hemat gas. Tentunya memasak akan menjadi lebih mudah dan lebih hemat, bukan?

Anda bisa mulai mencari kompor tanam yang memiliki fitur hemat gas. Biasanya kompor tanam yang hemat gas adalah kompor tanam yang memiliki tungku dari bahan kuningan. Selain itu, biasanya kompor yang hemat gas adalah kompor yang menghasilkan api berwarna biru.

Jika Anda menggunakan kompor tanam yang hemat gas, masakan akan lebih cepat matang dan tingkat kematangannya pun merata.

kompor gas tanam
source: gadgetreview.com

Pilih Kompor yang Memiliki Teknologi Modern

Teknologi yang modern sangatlah penting. Biasanya pada kompor tanam dengan teknologi modern terdapat fitur pengaman gas yang dapat membuat kegiatan memasak menjadi lebih aman.

Fitur pengaman gas salah satunya adalah fitur timer di mana kompor Anda dapat diatur agar mati secara otomatis. Hal ini dapat menghindari masakan menjadi gosong dan meminimalkan risiko kebakaran.

Pada kompor gas tanam yang modern pun beberapa terdapat fitur alarm yang dapat berbunyi ketika masakan dianggap sudah makan oleh kompor tersebut. Tentu memasak akan jadi terasa lebih aman, bukan?

Baca Juga  10 Merk Semen Paling Bagus Untuk Bangunan

Pilihlah Kompor yang Mudah Dirawat

Salah satu hal yang wajib kita lakukan adalah merawat kompor. Kompor harus tetap bersih agar Anda dapat semangat memasak dan juga kualitas makanan menjadi lebih bersih dan sehat. Kondisi kompor yang bersih tentu akan membuat Anda menjadi nyaman dalam memasak.

Memilih kompor yang mudah dalam perawatannya dan mudah dibersihkan sangatlah penting. Pasalnya jika kompor memiliki banyak detail rumit dan sulit untuk dirawat tentu Anda akan malas merawat dan membuat dapur menjadi kurang nyaman.

Memilih untuk menggunakan kompor gas tanam adalah pilihan yang tepat karena umumnya kompor gas tanam cukup mudah untuk dibersihkan dan perawatannya pun mudah.

Ukuran Kompor

kompor gas tanam 3
source: geappliances

Ukuran kompor sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Kompor yang terlalu besar tentu akan membuat Anda tidak leluasa bergerak di dapur dan membuat tidak nyaman. Jika kompor yang Anda pilih terlalu kecil pun Anda juga tidak bisa leluasa dalam memasak.

Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan ukuran kompor gas tanam yang Anda butuhkan dengan ukuran meja dapur. Pastikan Anda membeli ukuran kompor tanam yang pas dan cocok untuk dapur Anda.

Desain Kompor Gas Tanam

Bagi Anda pecinta desain interior, memilih perlengkapan dapur pun perlu Anda perhatikan. Jika desain kompor tanam tidak sesuai dengan tema dan desain dapur, bisa jadi tampilan dapur akan terlihat aneh. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah kompor tanam dengan desain minimalis dan modern yang sesuai dengan tema dapur Anda.

Baca Juga  4 Tips Simpel Dekorasi Ruang Tamu Kecil

Meskipun kompor tanam terlihat praktis, Anda juga perlu membersihkan kompor tanam secara teratur. Simak tips cara membersihkan kompor tanam di sini.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini