Dekorasi

Komparasi Lantai Vinyl VS Keramik, Mana Lebih Baik?

Kebingungan memilih lantai vinyl vs keramik? Perhatikan 4 poin penting ini supaya pemilihan lebih manteb dan sesuai dengan kebutuhan

Setiap jenis lantai memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun untuk perbandingan lantai vinyl vs keramik wajib anda ketahui jika kebingungan memilih antara kedua lantai ini.

Nah, sebelum mengetahui perbedaan keduanya, mari kita luruskan dulu pengertian dari lantai keramik dan lantai vinyl. Lantai keramik merupakan jenis lantai yang dibuat dari keramik.

Lebih lanjut, artikel ini membagi ke dalam 4 poin penting yang dipakai sebagai perbandingan. Perbandingan akan berfungsi sebagai nilai untuk mempertimbangkan mana pilihan paling tepat antara lantai vinyl vs keramik untuk anda.

Daya Tahan

lantai vinyl kayu
lantai vinyl bikin ruangan lebih natural. Foto: Google

Lantai vinyl tidak rentan pecah maupun retak jika dibandingkan keramik. Jika tidak sengaja terjatuh, lantai vinyl masih dalam kondisi terbaiknya.

Pada sisi keramik, dia lebih tahan terhadap benda tajam. Keramik mungkin hanya menghasilkan sedikit goresan. Tidak dengan lantai vinyl, yang dapat rusak atau malah terbelah ketika terkena benda tajam. Anda perlu menggantinya dengan 1 dus lagi karena tidak bisa membeli satuan.

Namun soal usia pemakaian, baik lantai vinyl vs keramik sama-sama kuat dan awet digunakan jangka panjang.

Baca Juga  7 Model Pagar Roster Minimalis Yang Cocok Untuk Semua Rumah

Estetika Untuk Ruangan

Indah itu relatif. Setiap orang memiliki preferensi keindahan masing-masing. Baik lantai vinyl vs keramik tentu sama-sama memiliki keindahan.

Namun jika anda menginginkan ruangan condong ke pola yang fleksibel, bisa memakai banyak warna atau polos, lantai keramik bisa memberikan itu.

Tapi jika anda sudah mantab dengan keindahan ala natural kayu, lantai vinyl plank adalah pilihan paling tepat. Meski lantai keramik juga punya pola yang mirip dengan vinyl, detailing natural ala kekayuan tetap dimenangkan lantai vinyl plank.

Harga

Suasana Keramik di Qhomemart
Suasana Belanja keramik di supermarket bangunan qhomemart.

Untuk segi harga, lantai vinyl vs keramik cenderung lebih mahal vinyl. Lantai vinyl memiliki tampilan natural yang indah dengan bahan premium, tidak mudah pecah, menyajikan pesona luar biasa untuk ruangan.

Disisi lain, tidak semua toko menyediakan lantai vinyl terlebih jika anda memilih motif lantai vinyl tertentu. Mungkin anda perlu membayar ongkir jika anda membeli di luar kota.

Jadi, sangat penting memilih tempat belanja vinyl yang lengkap supaya tak perlu berpindah-pindah toko. Supermarket bangunan qhomemart bisa jadi pilihan. Terdapat lantai vinyl dengan motif sangat lengkap, disini kami juga menyediakan lantai keramik yang super lengkap pula.

Cara Pemasangan

Memasang lantai keramik membutuhkan bahan material tambahan seperti semen dan peralatan lain. Sementara lantai vinyl, tinggal memasang dengan bantuan perekat.

Baca Juga  Bahaya Polyester dan Bahan Lain untuk Kesehatan

Jika dilihat sekilas lantai vinyl lebih mudah dipasang bukan?

Namun baik lantai vinyl vs keramik sama-sama membutuhkan tingkat pemasangan presisi supaya hasil finishing lebih rapi.

Banyaknya Pola Desain

Keramik bisa dibuat corak
Keramik bisa dibuat corak 3D. Foto: Pinterest

Keramik memiliki banyak sekali pola desain. Dari tipe polos hingga yang bercorak anda akan menemui berbagai desain dengan banyak pola.

Selain itu, warna keramik juga cukup beragam yang membuat pemilik rumah cukup fleksibel apakah lantai akan dibuat dengan warna polos ataupun memakai banyak unsur warna.

Kenapa keramik lebih banyak pola desain?

Salah satunya karena di indonesia lantai keramik lebih dikenal luas, sehingga permintaan keramik cukup tinggi dan stabil dari tahun ke tahun.

Sementara vinyl tidak sebanyak lantai keramik, meskipun memiliki tampilan natural yang tidak bisa dibandingkan dengan keramik. Di indonesia sendiri, vinyl tidak sepopuler keramik.

Itu tadi penjelasan lantai vinyl vs keramik, semoga bermanfaat!

Dapatkan lantai keramik terlengkap hanya di qhomemart. Kami juga memiliki stok lantai vinyl plank dari banyak brand ternama. Chat whatsapp kami di 0811-2863-773 untuk pembelian vinyl plank maupun lantai keramik.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini