Dekorasi

Macam-macam Kompor dan Plus-Minusnya

Modena FB

Tidak seperti yang kita duga, ternyata kompor itu ada banyak macamnya. Bukan hanya kompor gas, kini sudah mulai tren penggunaan kompor listrik yang lebih hemat tempat dan lebih mudah dalam perawatan dan dibersihkan. Penggunaan kompor terkadang juga diperhitungkan agar tetap cocok dengan tema dan dekorasi rumah yang diinginkan. Jika saat ini Anda sedang menimbang-nimbang pemilihan kompor yang akan dibeli, ada baiknya Anda tahu beberapa jenis kompor beserta kelebihan dan kekurangannya berikut ini. ada banyak jenis kompor di indonesia.

#1 Kompor Tanam

modena cooker hood

Kompor tanam merupakan tipe kompor yang cara memasangnya tanam diatas meja. Secara penampakan, yang nantinya akan terlihat sejajar dengan meja cabinet adalah bagian tungku serta permukaan atas. Secara penataan, kompor tanam ini membuat dapur terlihat lebih rapi di area kompor karena bagian pipia gas dan bagian lainnya sengaja disembunyikan.

Kelebihan penggunaan kompor tanam adalah hemat tempat dan membuat dapur terlihat rapi. Desian kompor tanam ini juga berbagai macam sehingga bisa disesuaikan dengan dekorasi dapur. Kekurangan kompor tanam ini adalah bentuknya sebagai kompor permanen sehingga susah jika hendak dipindahkan serta pemasangannya yang relatif rumit.

#2 Kompor Gas

Kompor Modena FC 5941 L Si Hitam yang Memukau

Kompor gas sebagai kompor yang paling umum kita tahu adalah pilihan kompor yang banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Kompor ini pun memiliki banyak model, seperti kompor gas meja dan freestanding. Ada beberapa kelebihan mengapa kompor gas sering dijadikan alternatif pilihan kompor rumah tangga, misalnya karena pemasangannya yang relatif mudah, hemat biaya, dan cepat panas.

Baca Juga  4 Rekomendasi Robot Vacum Terbaik 2024

Namun ada bahaya mengintai yang menjadi kelemahan kompor gas ketika tidak digunakan dengan tepat dan aman, yaitu risiko kompor meledak akibat selang dan gas bocor. Bisa jadi karena tidak adanya alat pengaman kebocoran yang dipasang sehingga memperbesar kemungkinan meledak.

#3 Kompor Listrik  

kompor listrik induction cooker

Kompor listrik mulai diminati terutama penggunaannya untuk rumah modern di kota-kota besar. Selain meminimalisir penggunaan gas dan menghilangkan risiko meledak akibat bocornya selang dan gas sebagai bahan bakar, kompor listrik juga diminati karena dinilai lebih ramah lingkungan dan tidak adanya gas buang. Selain itu, kompor listrik punya keunggulan dari segi desain yng halus sehingga memudahkan pengguna ketika menaruh peralatan masak seperti wajan, teflon, atau panci.

Meski begitu, kompor listrik juga punya kelemahan yang sebaiknya tidak disepelekan. Salah satu hal yang mungkin jadi pertimbangan mengapa kompor listrik belum menarik minat masyarakat pada umumnya karena penggunaan listriknya membutuhkan daya besar. Setelah itu, proses pendinginan kompor setelah digunakan pun cukup lama.

#4 Kompor Induksi

tips membeli kompor induksi

Alternatif jenis kompor lain yang juga mulai diminati oleh masyarakat modern sekarang adalah kompor induksi. Kompor ini cocok digunakan untuk mereka yang memiliki rumah minimalis dan ukuran dapur yang tidak terlalu besar karena kompor induksi cenderung hanya membutuhkan sedikit tempat. Kelebihan penggunaan kompor induksi adalah pengaturan suhunya cepat. Jika kompor gas menang dari segi cepat panas, kompor induksi menang dari segi pengaturan suhu secara detil. Ini pun bisa dilakukan untuk menaikkan dan menurunkan suhu. Selain itu, kompor induksi dikenal sebagai kompor yang tidak membuang-buang energi. Ini karena sifatnya yang menyalurkan panas ke alat masak melalui medan magnet dan tidak membuat kompornya sendiri panas. Sifat tampilan menarik, mudah dibersihkan, dan ada versi portable membuat kompor ini menjadi idaman mereka yang suka hal praktis.

Baca Juga  Inspirasi Dekorasi Kamar Anak yang Lucu dan Unik

Sayangnya, kompor ini juga memiliki kelemahan yang tak terelakkan. Misalnya alat masaknya harus menggunakan bahan stainless steel atau yang mengandung unsur besi sehingga bisa menyalurkan panas dengan otpimal. Selain itu ada juga masalah dari bahan bakarnya karena kompor induksi bukan menggunakan gas tetapi listrik, sehigga bisa jadi biaya pemakaiannya lebih mahal.

anda dapat memilih kompor Modena, Modena tidak hanya sebagai alat memasak tapi juga memiliki desain yang sangat futuristik. Rangkaian produk Modena tidak hanya menekankan pada desain dan keandalan fungsi, tetapi juga keamanan dalam penggunaan. dengan Modena Memasak memiliki nilai dan arti lebih, dengan apir yang merata dan desain yang kokoh menjadikan Modena hadi di dapur anda juga memberi rasa aman saat memasak.

MHC GRANDWISATA 3

Wah, banyak juga, ya, jenis-jenis kompor yang beredar di pasaran. Mengetahui berbagai macam jenis kompor ini tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat pemilihan untuk kebutuhan kompor rumah tangga. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan tipe kompor mana yang akan digunakan untuk memasak dan kegiatan terkait sehari-hari di dapur pribadi.

Rate this post

Baca Juga  3 Kekurangan dan Kelebihan Kompor Tanam Modena 

Comments

comments

One thought on “Macam-macam Kompor dan Plus-Minusnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini