Intermezo

Manfaat Essential Oil

Belakangan ini banyak orang yang mulai menggunakan diffuser dan juga essential oil. Wangi dari minyak esensial tersebut ternyata memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh. Banyak pula yang menggunakan minyak esensial untuk aromatherapy dan relaksasi. Akan tetapi, manfaat minyak esensial pun tidak hanya sebagai aromatherapy dan relaksasi. Masih ada pula berbagai manfaat lain yang bisa Anda dapatkan.

Meskipun banyak yang sudah menggunakan essential oil, namun tak jarang orang yang tidak mengetahui apa itu essential oil. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu mengetahui secara mendalam apa itu essential oil, cara penggunaan, hingga manfaat essential oil sesuai dengan jenis harum yang ada. Penasaran apa itu minyak esensial, bagaimana cara penggunaannya, hingga apa saja manfaat minyak esensial untuk tubuh? Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

essential oil
source: alibaba

Apa itu Essential Oil?

Essential oil atau minyak esensial adalah minyak alami yang dibuat dengan cara mengekstrak tanaman tertentu. Minyak ini biasanya didapatkan dari akar, batang, daun, bunga, biji, dan juga buah-buahan. Minyak esensial juga sering disebut sebagai minyak atsiri. Banyak orang yang memanfaatkan minyak ini untuk aromaterapi yang dipercaya mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga  7 Rekomendasi Desain Apartemen Untuk Hunian Cozy

Anda perlu memperhatikan baik-baik cara penggunaan minyak ini. Ada minyak yang dapat dioleskan langsung dengan kulit namun ada pula beberapa minyak esensial yang hanya bisa digunakan dengan diffuser dan tidak boleh sampai terkena kulit.

Berbagai Manfaat Essential Oil

Minyak esensial telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu untuk meringankan berbagai macam penyakit, jauh sebelum ditemukan obat-obatan seperti sekarang. Anda bisa mencampurkan beberapa jenis minyak esensial untuk mendapatkan harum yang Anda inginkan. Berbagai manfaat pun dapat Anda nikmati jika menggunakan minyak esensial. Yuk simak sama-sama berbagai manfaat essential oil sesuai dengan wanginya!

Manfaat Minyak Esensial Lavender

Aroma lavender dikenal sebagai aroma yang memiliki manfaat kesehatan. Meskipun banyak digunakan sebagai aroma pengusir nyamuk, wangi lavender pun memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Aroma lavender terbukti ampuh untuk mengurangi rasa cemas. Selain itu aroma lavender yang menenangkan pun dapat membantu Anda mengurangi insomnia dan dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Kurangnya tidur di malam hari karena insomnia dapat membuat Anda menjadi tidak fit pada keesokan hari. Dengan menggunakan aromatherapy lavender di malam hari, kualitas tidur Anda akan meningkat dan dapat mengurangi insomnia.

Minyak esensial lavender pun dapat meningkatkan mood. Jika Anda merasa lelah dan kurang bersemangat, Anda bisa menghirup aroma lavender untuk meningkatkan mood Anda.

Baca Juga  Bahan Pintu Kamar Mandi Terbaik

Manfaat Minyak Esensial Rosemary

essential oil
rosemary
source: remediesandherbs.com

Rosemary adalah tanaman herbal yang cukup terkenal. Rosemary biasa digunakan untuk masakan sebagai tambahan bumbu. Tidak hanya untuk bumbu, tanaman rosemary juga dapat dimanfaatkan sebagai minyak esensial untuk aromaterapi. Sebenarnya apa saja sih manfaat minyak esensial rosemary?

Minyak rosemary sangat bermanfaat untuk kesehatan. Minyak esensial rosemary memiliki kandungan zat antiradang dan antioksidan yang cocok untuk memelihara kesehatan otak. Zat ini juga dapat mengurangi risiko penurunan daya ingat dan gangguan konsentrasi.

Minyak rosemary sebagai aromatherapy juga dapat bermanfaat untuk relaksasi, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, hingga meredakan stress dan mengurangi rasa cemas. Zat antiradang yang terkandung dalam minyak esensial rosemary dapat membantu meringankan nyeri akibat nyeri sendi, nyeri otot, kram, atau bahkan meredakan nyeri haid.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini