Intermezo

Manfaat Humidifier untuk Rumah Anda

Humidifier mulai banyak digunakan oleh orang-orang untuk melembabkan udara. Banyak orang yang berminat menggunakan alat ini untuk menciptakan kualitas udara yang baik di dalam ruangan. Namun, sebenarnya apa sih humidifier dan apa saja manfaatnya? Apa perbedaan humidifier dan diffuser? Yuk simak sama-sama penjelasannya!

humidifier
source: wearefound.com

Apa itu Humidifier

Humidifier adalah alat yang dapat digunakan untuk menjaga kelembaban di ruangan. Selain itu, alat ini juga dipercaya efektif dalam menangkal virus dan debu yang dapat menyebabkan alergi. Humidifier memiliki berbagai jenis, ukuran, dan fitur yang berbeda-beda. Terdapat beberapa tipe dari desk humidifier yaitu tipe steam, ultrasonik, hibrida, dan vaporisasi. Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Manfaat Humidifier

humidifier
source: demotix.com

Melembapkan Ruangan

Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi untuk melembapkan ruangan. Bagi Anda yang tinggal di area dengan udara kering atau menggunakan AC di dalam rumah, tentunya alat ini sangat berguna bagi Anda untuk melembapkan ruangan dan meningkatkan kualitas udara di rumah.

Mengurangi Risiko Infeksi

Udara yang lembap membuat virus dan bakteri tidak dapat bergerak secara bebas. Jika Anda memasang alat ini di ruangan, tentunya dapat membantu Anda mengurangi risiko untuk sakit flu, batuk pilek, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Atap Asbes

Membuat kulit menjadi lembut

Jika Anda tinggal di area dengan udara yang dingin dan kering atau jika di rumah Anda menggunakan AC, tentu kulit Anda pun akan ikut kering. Kulit yang kering dapat mempercepat proses penuaan lho. Selain itu kulit yang kering akan terlihat kusam dan juga dapat terjadi pengelupasan.

Dengan membuat area di rumah menjadi lembab, tentunya kulit Anda akan tetap lembap dan terlihat lebih cerah bersinar.

Mempercepat Proses Penyembuhan Penyakit

Saat Anda sedang mengalami demam, pilek, atau bahkan sakit flu, humidifier dapat membantu proses penyembuhan lho. Udara lembap yang masuk ke dalam hidung dan tenggorokan dapat meringankan gejala penyakit seperti batuk dan bersin. Oleh karena itu dengan menggunakan alat ini, dipercaya dapat membantu Anda relatif lebih cepat sembuh.

Membantu Tidur menjadi Lebih Berkualitas

Udara lembap yang dihasilkan oleh alat ini dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks. Banyak orang yang merasa bangun lebih segar di pagi hari ketika tidur di ruangan yang telah dipasang humidifier.

Selain itu, pemasangan alat ini juga dapat mengurangi kebiasaan mendengkur yang disebabkan oleh saluran pernapasan yang terlalu kering, lho.

Meringankan Asma

Udara yang lembab dapat mengurangi risiko kambuhnya penyakit asma. Akan tetapi, bila Anda memiliki asma dan ingin menggunakan alat ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu ke dokter apakah Anda bisa menggunakannya. Hal ini karena setiap orang yang memiliki asma memiliki karakteristik tubuh masing-masing sehingga tidak semua orang yang memiliki daya tahan yang sama.

Baca Juga  6 Kamar Mandi Hotel di Dunia yang Sangat Unik dan Memukau

Perbedaan Humidifier dan Diffuser

humidifier 3

Perbedaan Fungsi

Fungsi humidifier adalah melembapkan udara dan cocok untuk Anda yang tinggal di daerah kering atau panas sedangkan diffuser berfungsi sebagai alat untuk mengharumkan ruangan. Diffuser bekerja dengan menyemprotkan minyak esensial dari aroma terapi yang terdapat di dalam alat tersebut.

Perbedaan Cara Kerja

Cara kerja kedua alat ini tentu saja berbeda. Humidifier dan diffuser bekerja dengan mengeluarkan uap air untuk meningkatkan kadar kelembapan di udara. Perbedaan dari keduanya adalah air yang digunakan. Alat pelembab ruangan ini biasanya menggunakan air yang telah didistilasi sedangkan diffuser menggunakan minyak esensial.

Selain itu, air untuk diffuser memiliki beragam tipe dengan cara kerja alat yang berbeda-beda pula. Jenis-jenis diffuser adalah diffuser keramik, diffuser elektrik, dan juga diffuser ultrasonik.

Perbedaan Kebutuhan Air

Alat pelembab ruangan membutuhkan banyak air agar dapat bekerja dengan baik. Alat ini pun dapat menampung hingga tiga liter air untuk membuat uap air yang dapat melembapkan ruangan Anda lho.

Diffuser memiliki jenis alat yang berfungsi dengan air maupun tipe yang tidak memerlukan air. Contoh diffuser yang tidak memerlukan air sama sekali adalah tipe nebulizer diffuser.

Setelah mengetahui perbedaannya, apakah Anda mulai tertarik untuk menggunakan alat ini? Yuk simak sedikit tips untuk menggunakan alat pelembab ruangan di rumah.

Tips untuk Menggunakan Humidifier di Rumah

humidifier
dokumetasi Qhomemart

Dalam menggunakan humidifier, Anda perlu memperhatikan beberapa tips yang dapat memaksimalkan manfaat dari alat ini.

  • Gunakan air yang telah didistilasi. Air keran dapat mengandung mineral yang memungkinkan jamur tumbuh di dalamnya. Jika perlu, Anda dapat menggunakan air yang telah terfilter sehingga udara yang dihasilkan adalah udara yang bersih.
  • Ganti air setiap hari. Hal ini penting untuk menjaga higienitas alat Anda.
  • Bersihkan secara rutin. Jangan lupa untuk membersihkan pelembab ruangan Anda secara rutin, minimal seminggu sekali. Hal ini dapat membantu menjaga kebersihan alat Anda juga. Bersihkan dengan disinfektan agar lebih bersih.
  • Ganti filter secara rutin. Tidak semua humidifier memiliki filter akan tetapi jika alat pelembab ruangan Anda memiliki filter, maka Anda perlu menggantinya secara rutin.
Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Closet Duduk

Bagaimana, setelah mengetahui manfaat dari alat ini, apakah Anda membutuhkannya? Sudahkah Anda menentukan untuk membelinya? Anda dapat membeli humidifier dengan kualitas terbaik hanya di Qhomemart, pusat belanja grosir terlengkap.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini