DekorasiIntermezo

Apa Itu Lilin Aromaterapi dan 5 Manfaat untuk Kesehatan

Lilin aromaterapi kini telah banyak digunakan oleh orang-orang. Ada yang menjadikan lilin aroma terapi sebagai elemen dekorasi sekaligus pengharum ruang tamu di saat-saat tertentu, ada yang menggunakan lilin aroma terapi sebagai aroma penyemangat di ruang kerja, ada pula yang menggunakan lilin tersebut di kamar tidur untuk mencegah insomnia.

Apa itu Lilin Aromaterapi?

Lilin aromaterapi seperti namanya adalah lilin yang mengandung aroma tertentu dan dapat dijadikan sebagai aromaterapi. Aromaterapi adalah teknik pengobatan atau perawatan dengan menggunakan wewangian yang terbuat dari minyak alami tumbuh-tumbuhan, bunga, atau pohon yang memiliki wangi yang harum.

Lilin aromaterapi dapat terbuat dari 3 pilihan bahan utama, yakni parafin wax, beeswax, dan soywax. Meskipun terlihat identik, akan tetapi ketiga bahan tersebut memiliki beberapa perbedaan lho, salah satunya tentu saja bahan dasar untuk pembuatan waxnya.

Paraffin Wax

Lilin aroma terapi yang menggunakan paraffin wax adalah jenis lilin yang paling umum digunakan. Jenis lilin ini memiliki aroma yang tidak terlalu mencolok. Tentunya cocok bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan aroma yang menyengat.

Paraffin wax yang digunakan untuk pembuatan lilin aroma terapi biasanya sudah food grade dan tidak mengandung racun. Paraffin wax adalah salah satu wax yang fleksibel dan memiliki titik leleh yang berbeda-beda, sehingga sesuai untuk digunakan dalam berbagai aplikasi pembuatan lilin.

Baca Juga  Dekorasi Rumah Yang Murah dan Terjangkau

Soy Wax

lilin aromaterapi
source: lightsoycandles.com.au

Soy wax adalah jenis wax yang terbuat dari kedelai. Jenis wax ini dibuat secara manual dan organik. Lilin ini dapat memberikan aroma yang menyebar cepat ke seluruh ruangan. Selain itu, tetesan lilin ini relatif lebih mudah dibersihkan bila terkena permukaan benda karena terbuat dari kedelai.

Meskipun beberapa soy wax terbuat dari minyak kedelai asli, ada pula soy wax yang terbuat dari campuran beeswax, coconut wax, palm wax, maupun paraffin wax. Jika soy wax terbuat dari campuran wax lain maka wax memiliki berbagai titik leleh, tergantung dari campuran wax yang digunakan.

Beeswax

lilin aromaterapi
source: eartheasy

Lilin aroma terapi dengan bahan beeswax terbuat dari madu. Lilin ini menambah wangi manis dan juga natural. Aroma lilin akan berubah karena aromanya tergantung dari jenis bunga yang dikonsumsi oleh lebah. Lilin yang terbuat dari bahan beeswax tergolong aman untuk kesehatan karena hanya mengeluarkan sedikit asap pada saat proses pembakaran lilin aromaterapi.

Beeswax dapat digunakan tanpa campuran namun dapat pula digunakan dengan dicampurdengan bahan wax lain. Tujuan mencampurkan bahan beeswax dengan paraffin wax atau soy wax adalah untuk meningkatkan waktu pembakaran lilin aroma terapi agar dapat bertahan lebih lama.

Manfaat Lilin Aromaterapi

lilin aromaterapi
source: www.powellsaromatherapy.co.uk

Lilin aromaterapi tentunya memiliki berbagai manfaat. Biasanya lilin aroma terapi digunakan untuk menenangkan pikiran, tubuh, dan mental. Membakar lilin aroma terapi di suatu ruangan dapat menciptakan suasana yang nyaman. Orang yang mencium aromanya dapat merasa lebih rileks dan mengurangi stress. Penasaran apa saja sih manfaat lilin aromaterapi untuk kesehatan fisik dan mental? Yuk simak sama-sama.

Baca Juga  6 Rekomendasi Sofa Minimalis Terbaik di 2024

Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki masalah tidur atau insomnia? Salah satu m anfaat menggunakan lilin aroma terapi ternyata dapat mengatasi permasalahan tidurmu lho. Aroma yang direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas tidurmu dan mencegah insomnia adalah aroma clary sage, lavender ataupun aroma chamomile. Aroma ini dianggap efektif untuk mengurangi kecemasan dan membantu Anda untuk dapat tidur lebih berkualitas.

Meredakan Pilek

Menghirup wangi mint dari lilin aroma terapi ternyata dapat membantu Anda meredakan pilek dan mengatasi hidung mampet lho. Lilin ini juga dipercaya efektif dalam meredakan flu, panas, hingga infeksi. Jika Anda sedang merasa pilek dan tidak enak badan, Anda bisa mencoba menggunakan lilin beraroma mint.

Mengatasi Kelelahan

Aktivitas yang padat seharian tentu dapat membuat Anda menjadi kelelahan. Jika Anda sering merasa lelah dan tidak bersemangat, Anda bisa menyalakan lilin aroma terapi. Aroma yang disarankan untuk mengatasi kelelahan adalah aroma dedaunan seperti mint, basil, ataupun eucalyptus. Aroma ini juga dinilai efektif dalam meningkatkan konsentrasi dan membantu Anda menjadi lebih waspada.

Meningkatkan Fungsi Kognitif dan Memori

Bagi Anda yang merasa memiliki daya konsentrasi maupun ingatan yang lemah, menghirup aroma kayu manis dari lilin aroma terapi dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat lho. Aroma manis yang dikeluarkan oleh kayu manis dapat membantu Anda lebih berkonsentrasi. Selain itu aroma kayu manis pun terbukti dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Tentunya aroma ini cocok bagi para pelajar atau Anda yang ingin fokus bekerja dan ingin memiliki ingatan yang lebih baik.

Baca Juga  5 Ide Dekorasi Kamar Remaja : Bikin Elegan dan Menawan

Aroma citrus pun sangat cocok bagi Anda yang ingin meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu aroma citrus pun dapat menambah semangat dan menyegarkan tubuh serta pikiran Anda. Wangi citrus yang segar dapat mengusir semua energi negatif yang ada di dalam tubuh Anda.

Meredakan Kecemasan dan Mengurangi Stress

Tentunya banyak sekali penggemar lilin aroma terapi yang menggunakan lilin ini untuk mengurangi kecemasan dan stress. Pilihan aroma untuk meredakan stress adalah aroma mawar, melati, lavender, dan juga cardamom. Aroma ini dapat membuat syaraf-syaraf dalam tubuh Anda menjadi tenang dan dapat membantu mengurangi kecemasan.

tertarikkah Anda untuk menggunakan lilin ini sebagai dekorasi di ruang tamu maupun sebagai pereda stress di kamar tidur Anda?

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini