News

Masih Ragu Beli Lantai Vinyl? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Lantai merupakan salah satu bagian rumah yang cukup menonjol dan erat kaitannya dengan estetika. Lantai akan membuat rumah tampak indah dan menarik, bersih maupun kotor. Selain itu, lantai juga dijadikan tempat meletakkan berbagai perabot rumah, sehingga ketahanannya perlu diperhatikan. Oleh sebab itu, pemilihan lantai yang baik sangat penting untuk membuat rumah tetap nyaman, salah satunya yaitu menggunakan lantai vynil.

Lantai vinyl merupakan salah satu alternatif lantai yang bisa digunakan selain keramik maupun kayu. Lantai ini terbuat dari PVC (Polyvinyl chloride) sebagai bahan dasarnya sehingga memiliki tekstur yang lebih lentur daripada materian lantai lainnya. Selain itu, lantai vinyl juga memanfaatkan pasir putih sebagai salah satu bahan pendukungnya..

Mengingat materialnya yang terbuat dari bahan dasar pembuatan plastik, banyak orang yang masih meragukan penggunaan lantai vinyl karena dinilai rapuh. Padahal, banyak kelebihan yang dimiliki lantai vinyl yang masih belum banyak diketahui masyarakat karena lantai ini masih terbilang baru dibandingkan lantai keramik.

Kelebihan Lantai Vinyl

  • Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang paling fleksibel, mudah dilakukan pemasangan maupun pembongkaran tanpa harus merusak lantai. Pemasangan lantai ini cukup dilakukan dengan menggunakan bantuan lem putih, sehingga ketika ingin membongkarnya Anda hanya perlu menghilangkan bekas lem yang menempel. Setelah dibongkar, lantai juga dapat dipasang lagi di tempat lain meupun tempat yang sama.
  • Lantai vinyl memiliki ketahanan yang lama sekitar 10-15 tahun asalkan dirawat dengan baik.
  • Lantai vinyl tahan terhadap cuaca yang ekstrim seperti paparan sinar matahari yang tinggi maupun jika ada banjir.
  • Lantai vinyl memiliki motif yang beragam mulai dari motif yang ramai, kayu maupun batuan. Keberadaan lantai kayu motif vinyl mampu menjadi alternatif masyarakat untuk bisa memiliki lantai kayu namun dengan harga yang murah.
  • Lantai vinyl dijual dengan harga yang cukup terjangkau dibanding jenis lantai lain.
Baca Juga  Vinyl Sticker vs Vinyl Plank, Lebih Bagus Mana?

Kekurangan Lantai Vinyl

  • Lantai vinyl harus diletakkan pada ruangan yang tepat karena memiliki dampak terhadap kesehatan. Sehingga lantai ini lebih cocok digunakan di teras rumah.
  • Lantai vinyl mudah robek oleh benda-benda tajam karena sifatnya yang elastik dibandingkan lantai jenis lainnya.

Nah, itulah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan lantai vinyl yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Semoga informasi di atas bisa mengatasi keraguan Anda selama ini yang terpincut dengan lantai vynil.

Rate this post

Comments

comments

2 thoughts on “Masih Ragu Beli Lantai Vinyl? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini