IntermezoTips & Trick

Perhatikan Ini Sebelum Membeli Bak Cuci Piring dan tips cara pasangnya!

Area dapur tentunya sangat wajib memiliki bak cuci piring. Pusat kegiatan memasak tentunya tidak jauh dari kebutuhan air, mencuci bahan makanan, juga mencuci piring dan alat-alat lainnya.

Biasanya kitchen sink dipasang menyatu dengan meja dapur namun tidak dekat dengan kompor agar tak mengganggu aktivitas memasak Anda. Perhatikan hal-hal berikut ini sebelum membeli bak cuci baru atau pun mengganti bak cuci lama Anda.

Tips memilih bak cuci piring terbaik

Ukuran Kitchen Sink

Sebelum membeli, tentunya Anda perlu mengetahui berapa ukuran yang sesuai untuk menempatkan kitchen sink baru Anda. Jika dapur Anda cukup besar, Anda akan lebih leluasa dalam menentukan jenis kitchen sink yang Anda inginkan. Akan tetapi, jika dapur Anda memiliki ruang yang sempit, Anda dapat memilih kitchen set minimalis.

Selain mengetahui ukuran yang pas, Anda juga perlu memperhatikan penempatan bak cuci piring Anda. Area bak cuci adalah area yang sering terkena air sehingga cukup lembab. Sebaiknya, tempatkan bak cuci piring di dekat jendela di area dapur Anda. Jika Anda tidak memiliki jendela pada dapur, Anda juga dapat melapisi dinding dekat bak cuci Anda dengan keramik dinding dapur agar tidak merusak tembok dapur Anda. Simak inspirasi ide keramik dinding dapur di sini.

Baca Juga  6 Perbedaan Lampu LED dan Biasa Signifikan

Pilih bahan dasar kitchen sink yang sesuai dengan kebutuhan

bak cuci piring
source: idealhome.co.uk

Kitchen sink memiliki beragam jenis material yang dapat ditemukan di pasaran. Sebaiknya pilihlah material kitchen sink yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jenis-jenis material kitchen sink adalah berikut

Stainless steel

bak cuci piring foster
source: qhomemart

Kitchen sink berbahan dasar stainless steel adalah bahan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Terdapat beragam tingkat kepadatan pada bak cuci piring berbahan dasar stainless steel ini. Semakin padat bahan stainless steel maka kitchen sink akan semakin kuat dan tahan lama. Stainless steel relatif mudah untuk dibersihkan dan juga tahan terhadap panas dan karat.

Akrilik

Kitchen sink berbahan dasar akrilik juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Bahan akrilik tidak memiliki pori sehingga tidak mudah kotor. Bahan ini juga memiliki daya tahan yang baik terhadap goresan dan memiliki bobot yang relatif ringan.

Kelemahan dari bak cuci piring akrilik adalah tidak tahan panas. Akrilik dapat retak jika terkena benda yang panas. Selain itu, terkadang meletakkan panci atau penggorengan yang masih panas juga dapat mengakibatkan akrilik meleleh. Untuk itu sebaiknya jika Anda ingin menggunakan bak cuci jenis ini, pastikan untuk tidak langsung menaruh benda panas di atasnya agar tidak merusak bak cuci Anda.

Solid Surface

Material jenis ini terbilang masih baru. Material ini terbuat dari campuran akrilik, polyesteresin, siller, dan pigmen warna. Motif dan warna dari bahan ini cukup beragam dan memiliki tampilan yang mirip dengan granit. Harga kitchen sink solid surface terbilang lebih murah dibandingkan dengan material alam asli. Umumnya material ini digunakan untuk mengganti bahan marmer ataupun granit yang dikenal cukup mahal.

Baca Juga  5 Langkah Acian Dinding Yang Benar, Buat Dinding Rata Dan Halus.

Kitchen Sink Granit

Kitchen sink Granit merupakan kitchen sink dengan kualitas tinggi. Harga kitchen sink jenis ini tergolong tinggi. Kualitas yang ditawarkan adalah kualitas kitchen sink terbaik. Sink berbahan dasar granit tahan terhadap goresan, mudah dibersihkan, dan tahan terhadap suhu tinggi jika dibandingkan dengan material lainnya.

Setelah mengetahui berbagai jenis material kitchen sink, pilihlah jenis material yang cocok dengan kebutuhan dan kantong Anda. Pilihlah bahan yang cukup tebal dan kuat untuk menampung banyak beban dari peralatan dapur yang Anda gunakan. Pilih juga bahan yang mudah dibersihkan agar dapur Anda juga senantiasa bersih di semua area.

Tentukan jumlah bak cuci piring sesuai kebutuhan

bak cuci piring
source: qhomemart.com

Bak cuci piring memiliki berbagai jumlah bak. Ada yang hanya memiliki 1 bak, 2 bak, bahkan 3 bak. Pilihlah jumlah bak yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan ukurannya tepat sehingga muat diletakkan di dapur Anda.

bak cuci piring 2 bak
source: qhomemart

Cara Pasang Bak Cuci Piring

Setelah membeli bak cuci piring atau kitchen sink, Anda perlu mengetahui cara memasangnya.

Pastikan bahwa ukuran bak cuci piring sama dengan lubang untuk meletakkannya. Jangan sampai ada celah karena hal tersebut rawan untuk menimbulkan kebocoran. Pasang kitchen sink di lubang tersebut dan gunakan semen maupun bahan perekat lain untuk menyatukannya dengan meja dapur.

Pastikan perekat Anda telah benar-benar kering sebelum mulai menggunakan kitchen sink Anda. Jangan lupa juga untuk memasang selang pembuangan air pada kitchen sink Anda.

Baca Juga  Sentuhan Desain Rumah Jepang, Bagaimana Jadinya?

Jika Anda memiliki kesulitan atau Anda tidak ingin memasang kitchen sink sendiri, Anda dapat menggunakan jasa Qhome Service Center untuk membantu.  

Harga Bak Cuci Piring

Bak cuci piring memiliki harga yang beragam. Jenis, ukuran, dan ketebalan juga mempengaruhi kualitas dan harga yang ditawarkan untuk sebuah bak cuci. Harga wastafel cuci piring tentunya sesuai dengan kualitas terbaik yang ditawarkan tiap produk. Agar lebih hemat, Anda dapat membeli bak cuci piring terbaik di Qhomemart.

Dapatkan aneka produk bak cuci piring atau kitchen sink hanya di Qhomemart, pusat belanja grosir terlengkap. Qhomemart menyediakan berbagai kebutuhan rumah seperti peralatan dapur, perlengkapan kamar mandi, furniture, dekorasi, bahan bangunan, atap, dan sebagainya.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini