Teknik Menata Ruang Tamu Untuk Hunian Anda

bosan dengan tampilan ruang tamu anda saat ini? mungkin anda perlu menata ruang tamu ulang supaya mendapatkan tampilan yang diinginkan.

tatanan yang pas dapat memberikan tampilan yang enak dipandang dan tentu saja memberikan kenyamanan. banyak unsur untuk membentuk ruang tamu yang nyaman baik konsep, warna, penggunaan furnitur maupun berbagai hal lain.

lalu, bagaimana cara menata ruang tamu yang tepat? yuk, intip artikel dibawah ini.

Menata ruang tamu dengan lukisan

menata ruang tamu dengan lukisan
via decorilla

penataan pada area dinding jadi salah satu hal yang perlu anda perhatikan, terlebih pada area ruang tamu. anda dapat menata ruang tamu menggunakan lukisan untuk cara cepat mendapatkan tampilan yang ciamik.

banyak berbagai jenis lukisan yang ada dipasaran. mulai dari jenis lukisan abstrak , lukisan kontemporer hingga lukisan dengan efek ilusi. semua jenis lukisan ini tentu punya impact pada desain yang berbeda – beda.

anda dapat menempatkan lukisan pada area dinding dibelakang kursi tamu ataupun sofa. perpaduan antara sofa dengan lukisan tentu dapat membuat suasana ruangan tamu menjadi lebih cozy. tak lupa, perhatikan pula ukuran dari lukisan, ukuran yang besar tentu memberikan efek yang elegan pada pengaplikasiannya.

Baca Juga  9 Desain Meja Belajar Minimalis Keren Untuk Kamar

Sentuhan elemen industrial

konsep industrial
via designtrends

menyukai kesan modern? mungkin elemen industrial dapat anda masukkan ke dalam rumah. penggunaan konsep industrial tak terlepas dari beberapa komponen seperti beton, besi, baja hingga kaca sebagai bagian bahan bangunan.

penggunaan konsep industrial dapat diterapkan untuk menampilkan kesan yang modernisme dengan estetika industri lewat sentuhan besi hingga elemen beton yang menghiasai pada area bagian ruang tamu.

tidak perlu menggunakan warna – warni, cukup gunakan warna monokrom sudah dapat memberikan kesan yang enak untuk dipandang, khusus untuk konsep industrial ini.

Unsur seni ruang tamu

unsur seni ruang tamu
via wearefound

pengaplikasian konsep seni yang modern dapat membuat tampilan dari ruang tamu menjadi lebih bervariasi. unsur berbagai macam warna dipadukan dalam satu ruangan memberikan kesan ceria dan semangat, sangat cocok untuk menaikkan mood bukan?

seperti poin pertama tadi, anda dapat menggunakan lukisan dinding untuk penempatan pada bagian sudut – sudut area ruang tamu. menata ruang tamu sederhana selain memakai lukisan dapat menggunaknan karpet, kursi sederhana hingga lampu penghias bagian samping.

tak perlu menggunakan kursi macam sofa maupun sejenis lain, menggunakan kursi sesimpel kursi kayu dengan bantalan sederhana sudah lebih dari cukup untuk diaplikasikan. bentuk yang simpel malah membuat konsep seni lebih maksimal.

Menggunakan warna netral

ruang tamu minimalis warna netral
via laurel harrison

warna netral memang simpel untuk digunakan, tidak perlu menggunakan berbagai macam warna yang kontras seperti hijau, kuning, biru maupun berbagai warna lain. tampilan yang dihasilkan tidak kalah menarik dengan banyaknya warna yang diterapkan.

Baca Juga  Penyekat Ruang Tamu Untuk Hunian

warna yang netral dapat memberikan kesan yang damai dan tenang, sehingga cocok untuk anda yang menyukai suasana yang sunyi tidak tidak terlalu banyak penggunaan furnitur di dalam ruang tamu.

beberapa warna dapat dipilih seperti putih, selain memberikan rasa tenang, warna cat rumah putih juga mudah sekali untuk ditemukan. anda dapat mengkombinasikan ruang tamu dipadukan dengan lantai kayu untuk tampilan yang lebih maksimal.

Konsep ruang tamu bergaris

konsep ruang tamu bergaris
via pinterest

tampilan unik dari kamar tamu bergaris dapat dibuat dengan menggunkan 2 warna, seperti hitam maupun putih. corak garis dapat digunakan lurus maupun corak bergelombang seperti pada gambar diatas.

corak bergaris sangat pas digunakan untuk bagian dinding, baik untuk area secara keseluruhan maupun di beberapa bagian. bagian bawah juga jadi hal yang wajib anda perhatikan, anda dapat menggunakan corak senada lewat benda seperti karpet. tentu selain memberikan tampilan visual yang indah juga memberikan area yang lembut untuk pijakan kaki.

sebenarnya tidak terbatas untuk 2 warna saja, pengunaan lebih dari itu dapat memberikan tampilan yang lebih bervariasi. pastikan juga untuk menggunakan takaran macam warna yang pas.

Pencahayaan ruang tamu

pencahayaan ruang tamu
via daz3d

menata ruang tamu jangan sampai untuk mengabaikan unsur pencahayaan. sirkulasi cahaya yang baik punya banyak manfaat pada ruangan, terlebih cahaya matahari sangat baik untuk tubuh manusia.

sirkulasi cahaya yang baik dapat diwujudkan dengan penggunaan ukuran kaca yang besar pada bagian ruang tamu. untuk variasi lain, anda dapat menggunakan unsur kaca pada bagian dinding atas.

Baca Juga  6 Tips Membuat Ruang Tamu Sederhana yang Oke dan Nyaman

bagian dinding atas memberikan tempat yang lebih tinggi pada bagian kaca ruang tamu yang digunakan, sehingga cahaya matahari yang diserap dapat lebih banyak mengakses setiap sudut bagian ruang tamu.

itu tadi beberapa teknik menata ruang tamu yang bisa anda aplikasikan. semoga bermanfaat ya!

cek juga berbagai kebutuhan bahan bangunan lainnya  disini.


Comments

comments

Edwin Qhomemart

3 tahun sebagai content specialist bahan bangunan. Menyukai desain interior , furniture dan segala hal didalalmnya. Part time penikmat langit senja dan kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini