Mengenal Aquaponik, Budidaya Tanaman dan Ikan yang Unik

Pernahkah Anda mendengar tentang teknik Aquaponik untuk membudidaya tanaman dan ikan yang unik? Aquaponik adalah teknik budidaya tanaman dan ikan dalam suatu wadah yang sama. Teknik ini dikenal dapat memberikan banyak manfaat dan keuntungan untuk Anda. Pasalnya Anda bisa menanam sayur-mayur maupun tanaman lain sekaligus memelihara ikan.

Apa sih aquaponik itu? Apa saja manfaat dari Aquaponik? Yuk kenali budidaya tanaman dengan teknik ini.

source: letstendthegarden.org

Apa itu Aquaponik?

Aquaponik adalah sistem pertanian berkelanjutan yang mengombinasikan teknik aquakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik. Teknik aquakultur adalah teknik budidaya ikan sedangkan hidroponik adalah budidaya tanaman tanpa tanah atau menggunakan air. Aquaponik adalah sistem pertanian yang memanfaatkan kotoran ikan untuk dijadikan sebagai nutrisi bagi tanaman. Tanaman berfungsi untuk mengendalikan kualitas air yang baik bagi ikan.

Manfaat Aquaponik

Sistem perkebunan aquaponik ini memiliki lebih banyak manfaat jika dibandingkan dengan teknik perkebunan yang biasa. Beberapa manfaat aquaponik adalah sebagai berikut.

  • Kotoran ikan dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik untuk tanaman yang Anda tanam.
  • Hemat air karena dengan teknik ini Anda dapat menggunakan air sekitar 90% lebih sedikit jika dibandingkan dengan budidaya tanaman berbasis tanah.
  • Dapat menghasilkan sayuran, buah, dan juga ikan sekaligus untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk dijual.
  • Sayuran dan ikan yang dihasilkan dengan menggunakan teknik ini memiliki kualitas yang lebih baik karena bebas dari bahan kimia atau residu pupuk anorganik maupun pestisida kimia.
  • Menghemat lahan dan dapat memanfaatkan lahan dengan efisien karena membudidayakan ikan dan tanaman dapat dilakukan di satu tempat.
  • Meminimalkan limbah air.
  • Populasi tanaman organik yang dapat ditanam dengan menggunakan teknik ini bisa 10 kali lebih banyak. Teknik aquaponik dapat memungkinkan tanaman dapat ditanam dengan kerapatan tinggi dengan sistem yang terapung di atas air. Sistem ini mampu menampung hingga 10 kali lipat jumlah tanaman pada luasan yang sama.
  • Pemeliharaan mudah dan dapat terbebas dari hama tanah.
source: projectfeed1010.com

Cara Membuat Aquaponik

Teknik aquaponik ini bisa Anda lakukan di rumah juga loh. Meskipun Anda memiliki lahan yang terbatas, Anda juga tetap dapat mencoba budidaya ikan dan tanaman dengan menggunakan teknik ini.

Baca Juga  Desain Ruang Tamu Minimalis Sederhana Yang Cocok Untuk Semua Tipe Hunian

Siapkan Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang diperlukan untuk budidaya tanaman dan ikan dengan teknik ini adalah pompa akuarium, pipa paralon, botol atau gelas bekas air mineral, gabus filter bekas, sumbu kompor, dan juga sekam atau batu.

Siapkan Kolam

Setelah alat dan bahan telah siap, jangan lupa siapkan kolam yang telah diisi dengan ikan. Anda bisa memilih jenis ikan yang dapat dikonsumsi agar Anda juga bisa memanen ikan-ikan tersebut. Anda bisa memilik ikan patin, lele, nila, ikan mas, bawal, maupun ikan gurami. Sesuaikan jenis ikan dengan keinginan Anda ya.

Buat Wadah untuk Tanaman

Untuk menanam tanaman di aquaponik, Anda bisa menggunakan pipa paralon yang dilubangi pada bagian atas sesuai dengan ukuran wadah untuk tanaman Anda. Lubangi sedikit ujung paralon untuk mengalirkan air ke kolam ikan. Buatlah lubang tersebut agak tengah agar meskipun listrik padam, air akan tetap ada di dalam paralon untuk menghindari tanaman layu.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini