Tips & Trick

Mengenal Bronjong : Fungsi, Jenis Hingga Kelebihan dan Kekurangan

Ada banyak elemen yang dapat ditambahkan pada lanskap supaya menarik dan tentu fungsional. salah satunya pemakaian bronjong (atau biasa disebut gabion), lalu apa saja manfaat dari penggunaan bagian ini? apa sebenarnya kegunaan? artikel berikut akan menjawab keraguan anda, simak sampai habis.

sebagai konstruksi dasar , bronjong sering kali digunakan dalam dunia arsitketur. ketika anda berkunjung ke sungai misalnya, barang kali pernah melihat bagaimana penggunaan bronjong?

model ini sering kali dipakai untuk penggunaan tanggul, ataupun untuk sebuah bangunan. mungkin saja, bangunan rumah anda memakai fondasi bronjong ketika pembangunan. sudah coba dilihat?

Mengenal Bronjong

bronjong
via: gardeningknowhow.com

gabion atau bronjong sendiri merupakan sekumpulan besar kawat anyaman atau wadah yang membungkus segala jenis material seperti batu-batu berukuran besar.

bronjong dapat membentuk struktur yang feksibel yang bekerja baik untuk proyek, seperti untuk pembuatan dinding penahan, dinding akses, dinding tempat duduk maupun model konstruksi – konstruksi tertentu.

tentu saja, bronjong sangat kuat untuk hal tersebut, karena kekuatannya, proses pengaplikasian kawatnya memerlukan memerlukan tenaga mesin. untuk lebih tahu jenis kawat lainnnya, anda dapat beralih ke artikel 7 Jenis Kawat Terbaik Untuk Bangunan

Baca Juga  Cara Stek Daun dengan Mudah, Yuk Cobain!

sejarah

dilansir dari total and scapecare, awalnya ini digunakan untuk keperluan teknik sipil maupun militer. bahkan leonardo da vinci pernah memakai bronjong untuk fondasi san marco di milan

kemudian, fungsinya mulai berubah untuk dipakai pada keperluan arsitektur atau konstruksi.

struktur seperti ini telah mengalami peningkatan dalam pemakaiannya selam bertahun tahun terakhir, dan ini lah yang perlu anda ketahui untuk mempertimbangkan pemakaiannya dalam proyek proyek anda.

Fungsi

bronjong biasa dipakai untuk beberapa keperluan proyek, seperti :

  • penahan tanah di tebing
  • penahan tepi sungai
  • tepi tanggul
  • keperluan dekorasi

Jenis Kawat Yang di Pakai

karena berupa anyaman kawat, jenisnya tidak bisa sembarang dipakai. kawat kawat pilihan memuat kekuatan lebih baik daripada kawat biasa. pun, adannya lapisan lapisan tambahan pada kawat membuatnya lebih kokoh ketika dipakai

kawat baja galvanis

jenis kawat yang digunakan biasanya adalah tipe kawat baja, yang mana memiliki kekuatan yang tinggi menjadikan konstruksi lebih kokoh.

kawat tersebut biasanya telah dilapisi galvanis, yang mana dapat memberikan lapisan anti karat. dengan begini, anyaman akan lebih baik ketika ditempatkan berbagai kondisi, terlebih yang memungkin suatu benda mudah berkarat.

galvanis ditandai dengan tampilan luar menyerupai krom, jadi bahan ini bukan saja anda temui dalam besi hollow galvanis saja, namun terdapat pula pada kawat.

kawat pvc

kawat pvc merujuk pada jenis kawat dengan dibungkus oleh sbahan semi plastik, jadi lapisan kawat inti terlindungi oleh lapisan pvc pada bagian luarnya.

Baca Juga  Kusen UPVC VS Aluminium, Lebih Bagus Mana?

disisi lain, selain fungsional yang bagus untuk perlindungan, ini memberi tampilan anyaman yang lebih baik dan rapi dibanding bahan sebelumnya. dengan begini, anda bisa jenis kawat ini untuk keperluan bronjong yang juga untuk dekorasi.

Kelebihan

kawat bronjong untuk konstruksi
via: millenium stone works

fleksibel

bronjong dapat dibentuk sesuai dengan kondisi di medan proyek, juga bisa dibuat dalam bentuk apapun apakah itu akan dipakai berbentuk lurus ataupun melingkar.

ini membuatnya lebih fleksibel untuk berbagai bentuk medan pada lokasi proyek

dekoratif

mungkin anda bingung kenapa bronjong dapat dipakai untuk unsur dekoratif, jadi bronjong mulai memasuki modernisasi, yang pemakainnya bukan hanya untuk fungsi fungsi utama tersebut

para pemiliki rumah mulai memanfaatkan fungsinya utnuk banyak hal, seperti pembuatan pagar rumah. tumpukan batu disusun untuk mengitari rumah yang dibungkus oleh bronjong, masih banyak pemakaiannya untuk keperluan keperluan bangunan lain.

aliran air lebih lancar

tidak seperti kontruksi dari bahan beton, bronjong memungkinkan aliran air masuk melalui celah celah batu. itu tidak akan menghambat seperti yang anda temui jika memakai konstruksi beton.

dengan begini, tekanan tanah dapat dikurangi dan akan mengurangi reisko tanah longsor.

ramah lingkungan

bronjong menggunakan batu batuan untuk konstruksinya, ini hanya menerapkan kawat pada pengaplikasiannya. tidak membutuhkan bahan bahan kimia yang tercampur dengan tanah.

harga kawat bronjong
ilustrasi harga kawat bronjong via: gabion cages

pengaplikasian mudah

kawat kawat yang dipakai cenderung punya bobot yang ringan untuk dipindah ke lokasi proyek, ini memudahkan akomodasi ataupun pekerja yang memasangnya.

Baca Juga  Apa Itu Akrilik Lembaran? Ketahui Jenis, Karakter Bahan dan Fungsinya Disini

dibuat cukup cepat

karena mudah dan ringan, ini dapat memangkas waktu pemasangan dengan lebih cepat. apalagi jika anda menggunakan jumlah dan tenaga professional yang cukup.

Kekurangan

bronjong galvanis tidak cocok di laut

kawat dengan lapisan galvanis tidak cocok ditempatkan pada daerah dengan kadar garam tinggi, contohnya untuk daerah daerah pinggiran laut.

memerlukan lahan lebar

hal ini dilakukan demi memaksimalkan kekuatan bronjong itu sendiri, jika diaplikasikan pada lahan yang cenderung kecil, itu tidak akan memaksimalkan kekuatannya, bahkan cenderung lebih lemah dan tidak berfungsi dengan baik.

berbelanja semua keperluan bahan bangunan hanya di qhomemart.com

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini