Mengenal Genteng Fiber Lebih Dalam, Dari Kelebihan Hingga Karakteristik

Genteng fiber jadi salah satu jenis genteng andalan untuk berbagai bangunan. Mengingat genteng adalah elemen dari atap yang paling penting. Jenis fiber populer penggunaannya pada masa kini, mengingat berbagai kelebihan yang ditawarkan dan tidak didapat pada jenis genteng lain. Penjelasan dibawah ini menjabarkan bagaimana karakteristik , kelebihan juga penjelasan lebih dalam dari jenis genteng fiber. Simak penjelasannya dibawah ini.

Mengenal Genteng Fiber

genteng fiber merupakan sejenis genteng yang dibuat dari serat sintetis dengan campuran bahan kimia. Proses pembuatan telah melalui prosedur khusus, ini terlihat kenapa genteng jadi berbentuk lembaran.

Dilihat dari bentuknya, genteng fiber memang menyerupai layaknya atap asbes. Namun, anda dapat melihat perbedaan antara kedua jenis genteng ini hanya dengan memakai mata telanjang.

Karakteristik

fiberglass genteng rumah
via: icontainerhouse

Fiber sendiri punya beberapa karakter yang perlu dicermati ketika anda akan membeli, berikut ini poin – poin penjelasannya:

1. Berwarna bening

Jenis genteng ini sangat cocok untuk anda yang tinggal didaerah cenderung gelap. Maksudnya, gelap disini karena tertutup oleh pepohonan yang rindang ataupun bagi anda yang tinggal di kota besar dimana banyak bangunan – bangunan yang tinggi.

Warna bening dapat mempermudah cahaya matahari untuk masuk menembus lapisan genteng, sehingga memberi penerangan alami. Tentu, anda tidak perlu menyalakan lampu listrik yang juga sebagai bentuk penghematan.

Baca Juga  Mengenal Pondasi Umpak : Fungsi Hingga Kelebihan dan Kekurangan

2. Bentuk gelombang atau rata

Dua model dari genteng fiber yakni model gelombang dan model rata. Pemakaian dapat disesuaikan dengan perkiraan kebutuhan. Seperti jika daerah rumah anda sering mengalami hujan atau berada didataran tinggi, akan lebih baik jika model fiber yang dipakai adalah yang bergelombang.

Karakter gelombang dari genteng dapat dipakai supaya lebih mudah mengalirkan air hujan ke area rumah lain. Jadi, ini layaknya sistem management air hujan secara tidak langsung.

3. Cenderung elastis

Fiber lebih lentur atau elastis daripada jenis genteng pada umumnya. Bahkan, ini melebihi genteng atau atap asbes jika menilik pada aspek ini. Bentuk lentur memberi kemudahan ketika pemasangan.

Juga, karakternya yang elastis dapat memperkecil resiko terjadinya rompal (bagian genteng tertentu yang pecah) yang sering terjadi pada jenis genteng tanah liat.

4. jenis genteng fiber

Jenis genteng ini memiliki 3 jenis dibedakan dari bahan pembuatnya. Anda bisa memakai jenis genteng fiber plastik , genteng metal fiber serta genteng fiber cement.

Kelebihan Fiber

genteng fiber
genteng fiber transparan via: nationalpatios.com.au

1. instalasi cepat

dikarenakan beban genteng yang cenderung ringan, fiber lebih mudah serta praktis dalam proses pemasangan. Dibanding dengan pemasangan genteng umum seperti genteng tanah liat, fiber lebih mudah untuk unggul dalam pangsa ini.

Juga, beban genteng yang ringan lebih mempermudah pengiriman atau transport barang, juga mudah ketika dipindah ke area lain. Satu orang mungkin dapat membawa 3 – 5 lembar fiber.

Baca Juga  Cat Dinding Eksterior Rumah Bisa Jadi Inspirasi

Di sisi lain, instalasi yang cepat sangat baik untuk penggunaan pada bangunan-bangunan besar. Ini memberi waktu yang lebih singkat ketika proses pemasangan.

2. Menyerap cahaya untuk penerangan

Menilik dari corak fisiknya, genteng fiber punya ciri fisik yang menonjol. Sifat transparan dari genteng ini mampu menyerap udara matahari untuk menembus dari fisik genteng. Alhasil, ruangan lebih terang menggunakan cahaya matahari tersebut.

Biasanya, genteng fiber dimanfaatkan untuk pemakaian pada garasi rumah, mengingat area ini butuh penerangan kapanpun ketika masuk kesini.

.3 Memberi kesejukan

Meskipun genteng ini mempermudah cahaya matahari masuk, jenis ini dapat mempertahankan udara tetap sejuk. Dalam hal ini, anda bisa mendapatkan cahaya alami tanpa membuat peningkatan suhu didalam ruangan.

Untuk ketahanan yang lebih, pemakaian lapisan anti UV khusus untuk membuatnya tetap awet dan juga tahan lama.

fiber genteng plastik
via: alibaba.com

4. Penghalang suara

Jenis genteng ini dapat mempertahankan suasana didalam tetap tenang, terlebih ketika hujan tiba. Berbeda dengan model atap asbes, yang mana amat bising ketika titik – titik air jatuh dipermukaannnya.

5. Anti karat

ini karena bahannya yang dibuat dari serat sintetis. Menilik perbandingan dengan atap asbes, karena dibuat dari campuran unsur besi, itu dapat lebih memungkin terjadinya karat.

Kalau untuk jenis genteng fiber, masalah utamanya adalah tumbuhnya lumut. Namun, anda bisa mencegahnya dengan tetap mempertahankan kebersihannya.

Daftar Harga

Genteng fiber sendiri memiliki harga beragam dibedakan berdasar spesifikasis , jenis genteng hingga brand dari genteng itu sendiri. Anda bisa cek harga lebih lengkapnya  DISINI , konsultasikan gratis lewat link tautan whatsapp dibawah.

Baca Juga  Model Keramik Kamar Mandi Minimalis Yang Menawan

Dalam kesempatan lain, intip juga atap onduline , solusi dari atap awet dan tahan lama pada tautan video dibawah.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini