Intermezo

Mengenal Lampu LED, Kelebihan dan Kekurangannya

Lampu LED atau light emitting diode adalah jenis lampu semi-konduktor yang bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi cahaya. Lampu ini mulai banyak digunakan dibandingkan jenis lampu pijar. Lampu LED banyak diminati karena cenderung lebih hemat energi dibanding jenis lampu lainnya.

Sebenarnya apa sih LED dan apa perbedaannya dengan lampu pijar biasa? Apa sajakah kelebihan dan kekurangan lampu LED? Yuk simak pembahasannya berikut ini!

Lampu LED

lampu led
Gambar lampu LED Bohlam

Lampu LED adalah produk diode pancaran cahaya (light emitting diode) yang disusun menjadi sebuah lampu. Lampu jenis ini memiliki usia pakai yang cukup panjang dan lebih efisien dalam penggunaan listrik dibandingkan dengan lampu pijar dan lampu neon.

Lampu LED akan menghasilkan warna terang maksimal tanpa perlu waktu pemanasan terlebih dahulu.

Perbedaan dengan Lampu Pijar

Lampu pijar adalah lampu yang memiliki cara kerja dengan menyalurkan arus listrik melalui filamen untuk dapat menyala. Bohlam kaca yang menyelubungi filamen panas tersebut menghalangi udara masuk sehingga filamen tidak mudah rusak akibat teroksidasi. Perbedaan yang mencolok adalah cara kerja kedua lampu tersebut serta penggunaan listrik pada lampu pijar yang cukup besar jika dibandingkan dengan lampu jenis LED.

Baca Juga  Cahaya Lampu Downlight untuk Ruang Sempit

Penggunaan Lampu LED

lampu led hias
source: kiyolo.com

Kini banyak sekali lampu jenis LED yang digunakan di kehidupan sehari-hari. Lampu ini umum digunakan untuk menerangi rumah. Selain itu, lampu jenis ini pun mulai banyak digunakan untuk lampu penerangan jalan, lampu pada papan iklan, lampu untuk LCD seperti TV, Handphone, dan monitor), lampu dekorasi, lampu indikator, dan lain sebagainya.

Kini, lampu jenis LED pun mulai digunakan pada kendaraan seperti motor atau pun mobil. Akan tetapi, untuk mobil dan motor akan menggunakan lampu jenis LED yang khusus loh.

Kelebihan Lampu LED

Lampu jenis LED memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan-kelebihan lampu jenis LED antara lain adalah;

lampu led dekoratif
lampu led rumah dan hiasan via: aliexpress

Hemat Energi

Lampu jenis LED dapat memancarkan cahaya yang terang tanpa menggunakan terlalu banyak energi listrik. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi Anda. Konsumsi listrik yang diperlukan oleh lampu jenis ini lebih hemat sekitar 80 hingga 90% jika dibandingkan dengan jenis lampu yang lain. Menggunakan lampu jenis ini menjadi lebih hemat energi, bukan?

Lampu yang Awet dan Tahan Lama

Lampu jenis LED terkenal dengan keawetannya. Lampu jenis ini terbilang paling awet jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya seperti lampu CFL atau lampu Pijar. Lampu jenis LED ini mampu bertahan hingga sekitar 5 tahun atau sekitar 50.000 jam.

Alasan mengapa lampu jenis ini lebih awet karena lampu ini menggunakan diode untuk menghasilkan cahayanya. Penggunaan diode pada lampu ini dapat membuat lampu tidak menghasilkan panas berlebih dan membuat lampu ini tidak mudah rusak.

Baca Juga  Ide Desain Rumah Bata Merah Ini Buat Tampilan Lebih Menarik!

Ramah Lingkungan

Tahu nggak sih, ternyata lampu jenis LED ini ramah lingkungan lho. Lampu ini tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri. Selain itu, lampu jenis LED tidak menghasilkan sinar UV sehingga dapat dikatakan bahwa lampu ini aman untuk manusia. Lampu jenis ini pun hemat energi sehingga dapat menghemat pemakaian sumber daya alam untuk menghasilkan listrik.

Temperatur Lampu Lebih Dingin

Lampu jenis LED memiliki temperatur yang lebih dingin dibandingkan dengan jenis lampu lain. Oleh karena itu, lampu LED cenderung lebih aman dan tidak merusak rumah lampu atau area di sekitar lampu.

Kekurangan Lampu LED

Selain kelebihan-kelebihan di atas, tentunya lampu jenis LED pun memiliki kekurangan. Kekurangan dari lampu jenis ini sebenarnya tidak banyak.

Harga Relatif Mahal

Jika Anda membandingkan lampu jenis LED dengan lampu jenis lain, tentunya Anda dapat menyimpulkan bahwa harga lampu LED relatif lebih mahal. Akan tetapi, tentunya harga lampu ini sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Dengan membeli lampu jenis LED yang cukup mahal, Anda bisa mendapatkan lampu yang hemat energi dan juga lebih tahan lama.

Tidak Dapat Digunakan untuk Pemanas

Lampu jenis LED memiliki temperatur yang lebih dingin. Selain itu, lampu jenis LED ini tidak menghasilkan sinar Ultra Violet atau sinar UV sehingga tidak memancarkan panas yang cukup. Oleh karena itu, penggunaan lampu jenis LED tidak disarankan untuk digunakan beternak ayam karena dalam beternak ayam memerlukan lampu pijar yang lebih panas dan terdapat sinar UV.

Baca Juga  Tanaman Hias Buah untuk Pekarangan Anda

belanja produk lampu led termurah hanya di QHomemart, hubungi whatsapp 0811 2863 773 (chat only).

Setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan lampu LED, apakah Anda mulai tertarik untuk beralih menggunakan lampu jenis ini? Atau Anda justru sudah menggunakan lampu LED?

Jika lampu LED Anda rusak, segera cari penggantinya dengan berbelanja lampu di Qhomemart. Tersedia berbagai jenis lampu dan juga kebutuhan rumah yang dapat Anda beli hanya di Qhomemart, pusat belanja terlengkap.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini