Tips & Trick

Mengenal Penghangat Ruangan, Wajib Tahu Sebelum Beli!

Menggunakan alat penghangat ruangan memang langkah paling mudah untuk menetralkan kondisi ruangan, terlebih ketika musim dingin tiba ataupun memang tinggal di dataran tinggi. Kalau anda berencana membeli alat ini, perhatikan dulu penjelasan berikut.

Jika tinggal di perkotaan, hawa panas mungkin jadi teman sehari – hari. Ini biasa diatasi dengan memakai air conditioner, tapi bagaimana jika musim dingin atau hujan tiba ?

Nah, peran penghangat ruangan sangat penting dalam hal ini. Kondisi suhu yang terlewat tentu saja menyebabkan beberapa permasalahan bagi tubuh, yang paling sering terjadi tentu saja pilek maupun demam bukan?

Kalau rumah anda terletak di dataran tinggi atau bahkan anda sedang liburan ke daerah yang tinggi, usahakan untuk mencari penginapan yang menyediakan akomodasi alat ini.

Apa Itu Penghangat Ruangan?

penghangat ruangan infrared

Alat ini dipakai untuk memanaskan ruangan (cenderung berukuran kecil) dan biasanya dipakai secara portable ataupun menempel pada dinding. Kedua model ini diciptakan agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika ruangan anda termasuk besar, mungkin anda memerlukan beberapa alat lagi untuk mengakomodir hal tersebut.

Alat ini menyediakan panas terfokus dan terlokal, sehingga sangat cocok terlebih untuk orang – orang ynag berusia lanjut, sakit ataupun yang memiliki mobilitas terbatas.

Baca Juga  Warna Cat Rumah yang Harus Dihindari

Sumber Pemanas Sekunder

Idealnya, penghangat ruangan lebih baik digunakan sebagai sumber pemanas sekunder ataupun tambahan saja. Karena satu perangkat pemanas terbatas untuk menghangatkan dalam volume ruang tertentu. Jika anda menginginkan volume panas yang lebih tinggi , mungkin dapat memakai beberapa perangkat dalam satu ruang.

Pertimbangan Pemakaian

Ketika memutuskan memakai atau menggunakan penghangat ruangan, beberapa pertimbangan tentu perlu diperhatikan untuk tujuan yang anda inginkan. Berikut ini penjelasan untuk kebutuhan anda

  1. Anda menginginkan pemanas ruangan selama beberapa jam : untuk hal ini, anda perlu memakai jenis penghangat ruangan konvektor. Jenis pemanas ini merupakan pilhian tepat jika anda membutuhkan pemanas selama beberapa jam sekaligus. Walaupun cenderung membutuhkan waktu lebih lama ketika proses penghangatan, namun jenis pemanas ini mudah dalam segi penggunaan lewat fitur – fitur seperti termostat maupun timer.
  2. Anda menginginkan penghangat ruangan dalam waktu singkat : Jika anda menginginkan waktu yang lebih singkat, anda perlu memakai jenis penghangat radiant heaters atau pemanas bercahaya. Jenis radiant heaters fokus memanaskan apa yang ada didepan alat, untuk itulah tidak begitu membutuhkan waktu yang lama. Tidak seperti tipe sebelumnya (penghangat konvektor) , radiant tidak mencapat tingkat panas yang merata, juga tidak memiliki fitur termostat ataupun timer.
gambar penghangat ruangan
via: gadget review

Jenis Berdasar Bahan Bakar

Penghangat ruangan memiliki 2 jenis pilihan pemakaian bahan bakar, seperti penghangat berbahan bakar gas maupun listrik. Adanya dua pilihan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga  40 Model Ruang Tamu Minimalis 3x3 Simpel & Stylish

Baik gas maupun listrik, masing masing memiliki faktor kelebihan maupun kekurangannya sendiri – sendiri. Penghangat ruangan dapat menkonsumsi banyak energi dan jika dipakai untuk rentang waktu lama tentu saja meningkatkan biaya yang lebih banyak daripada sistem pemanas central. Dilansir dari cse.org.uk , berikut penjelasannya

Penghangat Listrik

Penghangat listrik dianggap efisien 100% dengan mengubah energi listrik menjadi panas. Namun, hal tersebut juga bukan berarti pemakaian listik juga efisien dari segi biaya.

Untuk memperkirakan biaya, anda pelru melihat peringkat daya, yang mana ditunjukkan dalam kilowatt (kW). Jika semakin tinggi peringkat, itu juga menghasilkan panas yang lebih tinggi pula, namun segi biaya mungkin juga lebih tinggi.

Tentu saja, pemilihan penghangat ruangan tipe listrik perlu dipertimbangkan matang – matang. Jika anda memilih secara sembarang, mungkin anda akan berurusan dengan tagihan – tagihan yang tidak terduga, namun mungkin saja anda tidak begitu merasakan dampak dari pemakaian alat ini.

Jika anda berencana memilih jenis penghangat listrik , beberapa pertimbangan berikut bisa anda dapatkan dengan menilik beberapa fitur didalamnya

  • Usahakan penghangat memiliki timer. Namun jika tidak, anda bisa membeli timeswitch untuk steker di tempat penjualan
  • Hindari pemakaian waktu yang lama ketika berada di jam sibuk
  • Termostat dapat mengurangi biaya operasional, walaupun mengurangi banyak faktor yang juga mengurangi biaya operasional seperti ukuran kamar , tingkat isolasi serta beberapa hal lain
penghangat ruangan

Penghangat Gas

Pemanas gas berbeda listrik, pemanas gas biasanya cenderung lebih terjangkau daripada penghangat listrik. Walau begitu, jika meniliki perbandingan efisiensi dengan pemanas listrik, tidak semua energi gas dapat diubah menjadi output panas ke dalam ruangan( beberapa hilang sebagai gas buang, kelembaban dan penciptaan cahaya).

Baca Juga  Tips dan Trik Mengecat Dinding Rumah Sendiri Tanpa Tukang

Ketika membeli jenis penghangat ruangan gas, pertimbangannya ialah perlunya memeriksa peraturan keselamatan saat ini, adanya ventilasi gas pembakaran serta kelembapan di luar rumah ataupun apakah ada cerobong asap dirumaha anda. Ini berguna sebagai unsur keamanan ketika terjadi kebocoran.

Cek juga harga penghangat ruangan lainnya DISINI

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini