Menilik Desain Rumah Open Space, Kelebihan dan Kekurangannya

Pernahkah Anda mendengar tentang konsep open space atau konsep ruang terbuka pada rumah? Desain rumah open space adalah desain yang memiliki konsep untuk memanfaatkan ruang terbuka di dalam rumah. Desain ini memungkinkan cahaya matahari dengan mudah masuk sehingga Anda tidak perlu menggunakan lampu pada siang hari. Konsep ini juga membuat sirkulasi udara di rumah Anda lebih baik karena konsep ini umumnya menggunakan jendela lebar dan juga banyak terdapat ventilasi udara.

Selain itu, konsep open space juga dapat diartikan sebagai konsep rumah yang tidak menggunakan sekat. Desain rumah seperti ini juga dapat membuat rumah Anda terlihat lebih luas meskipun memiliki lahan yang terbatas.

desain rumah open space
source: home-designing.com

Kelebihan Konsep Open Space

Setiap konsep desain rumah tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Begitupula dengan konsep lainnya. Kali ini kita akan membahas konsep open space, di mana konsep ini banyak diminati karena dapat memberikan kesan luas untuk hunian Anda. Apa saja sih kelebihannya?

desain rumah open space
source: home-designing

Memberikan Kesan Luas

Tidak adanya sekat dalam konsep desain rumah ini membuat rumah Anda terlihat lebih luas. Sekat seperti tembok atau partisi dapat membuat rumah Anda terasa lebih sempit, meskipun hal tersebut dapat membantu Anda untuk membedakan ruangan baik ruang keluarga, dapur, dan ruang tamu.

Baca Juga  10+ Desain Rak Dinding Minimalis untuk Rumah Kekinian

Sirkulasi Udara yang Baik

Tak adanya sekat juga dapat membuat perputaran udara di rumah Anda menjadi lebih baik. Oleh karena itu umumnya rumah dengan konsep desain ruangan terbuka akan terasa lebih sejuk jika dibandingkan dengan konsep biasa.

source: archdaily

Memudahkan Interaksi dengan Anggota Keluarga

Rumah dengan konsep ruangan terbuka dapat membantu Anda untuk lebih mudah berinteraksi dengan keluarga. Minimnya sekat pada ruangan di rumah Anda memungkinkan Anda dapat bertemu dengan keluarga lebih mudah sehingga tentu saja interaksi dengan anggota keluarga jadi lebih mudah pula.

Kekurangan Konsep Open Space

source: myuniquehome.co.uk

Selain memiliki beberapa kelebihan, konsep ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Pada rumah dengan konsep open space, Anda akan merasa privasi yang cukup minim karena tidak ada sekat atau tembok antara ruangan. Untuk itu Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan partisi portable atau partisi yang bisa dengan mudah dipindah.

Selain minimnya privasi, konsep rumah open space cukup bising karena dapat menghasilkan suara yang keras ke setiap ujung ruangan. Tidak ada sekat untuk menahan suara tersebut. Suara ini dapat mengganggu saat kita sedang butuh ketenangan atau sedang ingin bersantai. Bagi Anda yang suka dengan ruangan-ruangan di rumah, privasi, dan juga ketenangan, sebaiknya Anda tidak menggunakan desain konsep rumah terbuka atau konsep rumah open space ini.

Furniture Jogja

Lengkapi furniture Anda dengan berbelanja berbagai furniture di Qhomemart. Tersedia mulai dari sofa, meja, kursi, meja kerja, kitchen set, meja dapur, dan lain sebagainya. Ada pula berbagai kebutuhan rumah mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, dan lain sebagainya di Qhomemart.

Baca Juga  12 Tangga Minimalis Sederhana Terbaru

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini