Intermezo

Merancang Garasi untuk Rumah Minimalis

Bagi pasangan muda, kebutuhan rumah biasanya akan lebih prefer pada tipe minimalis. Hal ini dinilai sudah cukup memenuhi kebutuhan rumah sebagai tempat tinggal, setidaknya nyaman untuk dijadikan tempat istirahat. Rumah minimalis ini biasanya identik dengan penggunaan lahan sempit. Hal ini juga sebagai impact kebutuhan rumah dengan harga terjangkau tetapi tetap memenuhi fungsi dasarnya.

Lahan sempit dan rumah minimalis ini terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi arsitek untuk membuat rumah yang lengkap fungsinya, termasuk memiliki garasi untuk mobil tipe city car yang jadi favorit pasangan muda ini. Berikut kami sajikan beberapa tips merancang garasi yang bisa dijadikan inspirasi dan panduan agar mobil kesayangan Anda tetap terlindungi.

 

  1. Tentukan apakah garasi diletakkan di depan atau di samping.

Pada beberapa rumah minimalis, masih ada yang menyisakan sedikit space di samping rumah. Ini bisa dijadikan alternatif untuk membuat garasi mobil. Desain garasi yang diletakkan di depan rumah berbeda dengan desain garasi di samping rumah. Biasanya, garasi di depan rumah cenderung dibuat terbuka menyerupai carport, sedangkan garasi samping biasanya dalam bentuk ruangan khusus sehingga mobil benar-benar terjaga.

 

  1. Desain garasi dengan kanopi alias carport.

Jika lahan rumah Anda tidak memungkinkan untuk dibangun tembok garasi, Anda mungkin akan terbantu dengan opsi membuat carport, alias garasi mobil yang hanya terdiri dari kanopi saja. Ini mungkin bisa jadi alternatif untuk Anda yang memiliki rumah (sangat) minimalis. Setidaknya ini akan menjadi pelindung mobil Anda dari panas, hujan, maupun dedaunan yang gugur. Mengeliminasi pilihan membangun garasi dengan tembok-tembok pelindung juga jadi cara untuk membuat rumah minimalis Anda tidak terkesan penuh sesak.

Baca Juga  Pintu Garasi Minimalis Supaya Rumah Aman

 

  1. Pemilihan tipe pintu garasi.

Apabila Anda memungkinkan untuk membuat tipe garasi dengan pelindung tembok, Anda mungkin harus mempertimbangkan penggunaan pintu garasi yang akan dipakai. Ada bermacam-macam tipe pintu garasi, mulai dari rolling door, pintu besi, maupun pintu kayu. Untuk menghemat tempat di sisi dinding, Anda bisa menggunakan opsi rolling door. Namun untuk segi estetika, biasanya yang digunakan adalah tipe pintu besi lipat atau pintu kayu. Ini bisa disesuaikan dengan selera dan kondisi garasi Anda.

 

  1. Selalu sisakan spaceuntuk menyimpan perkakas kebutuhan mobil.

Hindari membuat garasi mobil yang pas dengan ukuran mobil yang Anda punya. Setidaknya Anda harus menyisakan ruang untuk membuka pintu mobil (apabila tipe pintu mobil bukan slide door) dan space untuk menaruh lemari penyimpanan perkakas dan kebutuhan mobil.

 

  1. Pilihan lantai untuk garasi dalam.

Jika Anda membuat garasi dalam, Anda tentu membutuhkan pemilihan lantai atau alas yang cocok dengan kebutuhan garasi Anda. Mobil Anda tentu memiliki berat tersendiri dan hal ini berpengaruh pada pemilihan keramik yang pastinya harus kuat dan tidak mudah pecah. Selain itu lantai juga harus berpola sehingga meminimalkan kemungkinan licin. Hal lain yang harus diperhatikan ketika memilih lantai untuk garasi adalah mempertimbangkan karakteristik pori-pori lantai yang mudah dibersihkan.

 

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan terkait inspirasi garasi untuk rumah minimalis favorit pasangan muda. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi dan alternatif memiliki garasi untuk melindungi mobil kesayangan Anda dari cuaca maupun debu. Jika Anda merasa cukup kesulitan untuk membuat desain garasi, jangan ragu untuk menghubungi arsitek guna menciptakan garasi yang tepat guna sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Rate this post

Comments

comments

One thought on “Merancang Garasi untuk Rumah Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini