Tips & Trick

4 Tips Merawat Peralatan Dapur Lengkap Supaya Lebih Awet dan Tidak Membahayakan

Peralatan dapur lengkap sudah seperti alat tempur ketika berada di dapur. Aktivitas pokok yang bisa dilakukan di dapur tentu adalah memasak. Tak salah jika peralatan dapur lengkap menjadi suatu hal yang perlu dimiliki untuk menujang aktivitas memasakmu sehari-hari.

Namun seringkali peralatan dapur lengkap dianggap sebagai barang murah, tidak terlalu penting untuk diurus, serta dipandang sebelah mata meskipun sehari-hari kamu membutuhkannya.

Maka dari itu, peralatan dapur yang lengkap juga perlu dirawat dengan baik dan benar agar lebih awet dan tidak mengkontamninasi makanan.

Merawat peralatan dapur lengkap agar awet bisa dilakukan supaya kamu tidak perlu sering-sering beli peralatan dapur lengkap yang baru. Peralatan dapur lengkap yang cepat rusak jangan terburu-buru menyalahkan merk dan bahannya, namun bisa saja kamu salah merawatnya. 

Merawat peralatan masak pun tentu berbeda-beda tergantung bahan materialnya.

Jika salah melakukan perawatan, biasanya akan merusak penampilan peralatan dapur lengkap dan bila sudah parah, paralatan masak tersebut tentu cenderung tidak bisa digunakan lagi.

Buat kamu yang punya banyak peralatan dapur, yuk mulai sekarang lebih rajin membersihkan dan merawat agar awet dan fungsinya terjaga. Nah, berikut ini ada beberapa tips merawat peralatan dapur lengkap supaya bertahan lebih lama.

Hindari Menggosok Teflon dengan Kawat Kasar

Kesalahan ini sering dilakukan oleh ibu-ibu atau kamu yang hobi memasak menggunakan Teflon tapi nggak punya waktu untuk merawat Teflon dengan cara yang benar.

Baca Juga  5 Tips Merawat Peralatan Dapur Agar Awet

Padahal merawat Teflon itu sebenarnya mudah. Setelah menggunakan peralatan atau perkakas masak berbahan Teflon, hindari untuk mencucinya dengan menggosok Teflon dengan kawat yang kasar dengan kuat.

Hal tersebut sangat merusak permukaan Teflon yang bisa-bisa akhirnya tidak bisa lagi digunakan untuk memasak. Ketika membersihkan peralatan dapur seperti Teflon, gunakan spons halus dan jangan digosok terlalu keras. Teflon rentan sekali rusak.

Jangan Menggunakan Dishwasher untuk Mencuci Teflon

peralatan dapur lengkap
via betterhousekeeper.com

Hawa panas yang dihasilkan oleh alat dapur modern dishwasher dapat merusak lapisan anti lengket pada permukanaan Teflon.

Selain itu, merendam Teflon dengan air sabun juga tidak disarankan karena lapisan anti lengket dapat menyerap aroma dan rasa sabun dengan mudah.

Ada cara mencuci peralatan dapur lengkap salah satunya seperti Teflon dengan benar.

Coba rebus sedikit air yang sudah dicampur dengan asam sitrat atau baking soda pada Teflon yang berkerak sampai mendidih untuk menghilangkan kerak dan kotoran bandel yang menempel di atas permukaan Teflon.

Setelah kerak dan kotoran berkurang, jangan cuci Teflon ketika suhunya masih panas. Diamkan dulu hingga dingin baru dicuci dengan spon halus dan sabun. Perubahan suhu drastic dapat merusak permukaan lengket pada Teflon.

Keringkan Peralatan Dapur Berbahan Kayu Sampai Benar-benar Kering

peralatan dapur lengkap 1
gambar peralatan dapur lengkap dari kayu via sheknows.com

Salah satu kekurangan peralatan dapur lengkap yang terbuat dari kayu adalah mudah sekali menyerap aroma makanan yang kontak langsung dengan peralatan kayu tersebut. 

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Penyekat Ruangan Dari Gypsum

Karena itu, merawat peralatan dapur yang berbahan kayu juga tidak bisa sembarangan. Apalagi jika kamu pemiliki kedai makanan yang menggunakan kayu peralatan dapur maupun peralatan makan yang disajikan kepada pelanggan.

Setelah menggunakan peralatan masak berbahan kayu, cuci hingga bersih dengan air dan sabun kemudian lap hingga benar-benar kering.

Jangan meninggalkan peralatan dapur kayu yang baru dicuci agar kering hingga sendirinya karena rentan sekali muncul jamur yang dapat merusak peralatan masak dari kayu.

Jangan Menggunakan Peralatan Dapur Lengkap dari Plastik Untuk Makanan Panas

peralatan dapur lengkap 2
via linvest.net

Menggunakan peralatan masak yang terbuat dari plastic untuk makanan panas selain dapat merusak peralatan dapur itu sendiri secara struktur, warna, dan fungsi, juga dapat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Peralatan dapur lengkap yang berbahan plastic tidak didesain untuk makanan panas sehingga benar-benar perlu dihindari.

perlengkapan dapur minimalis dari plastik mengandung banyak bahan kimia yang bisa meleleh dan menyatu dengan makanan panas yang mana juga menyebabkan karsinogen yang merupakan penyebab dari kanker.

Oleh karena itu, gunakan peralatan dapur yang berbahan plastic untuk makanan kering dengan suhu dingin atau normal.

Simpan Peralatan Dapur Sesuai Jenisnya dengan Benar

peralatan masak
perlengkapan dapur minimalis via pinterest

Rupanya tidak semua peralatan dapur lengkap itu sama dalam hal penyimpanan dan perawatan. Selain perlu sekali merawat dengan benar, menyimpan peralatan dapur juga menunjang tahan lama atau tidaknya peralatan masak yang kamu miliki.

Baca Juga  13 Jenis Pipa Air Yang Bagus dan Wajib Anda Tahu

Simpan Teflon dan panci dengan cara digantung agar tidak lembab dan selalu kering, kemudian untuk piring dan gelas usahakan untuk menyimpannya di lemari tertutup agar terhindar dari kotoran dan debu.

Pastikan juga untuk memperhatikan tempat penyimpanan dari perlengkapan dapur minimalis. Jangan menyimpan peralatan masak di lemari yang lembab dan bau karena bisa menyebabkan peralatan dapur ikut berbau dan bahkan berjamur atau berkarat.

Dengan menyimpannya secara tepat, peralatan masak di dapur jadi terjaga dan awet tentunya.

Nah, itulah 5 tips merawat peralatan dapur lengkap dengan benar. Apakah kamu sudah melakukannya?

cek peralatan dapur lengkap dan harganya DISINI, konsultasi GRATIS dengan klik link tautan dibawah.

https://www.youtube.com/watch?v=5IekUiXnva4
Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini