Model Atap Rumah Minimalis 1 Lantai Terbaru 2023

beberapa model atap rumah minimalis 1 lantai memiliki banyak varian. hal ini pula yang mendasari untuk mempercantik tampilan rumah menggunakan jenis dan model atap rumah tertentu.

komponen atap berfungsi untuk melindung bagian atas rumah dari berbagai kondisi cuaca terpaan matahari, cuaca hujan hingga angina kencang. selain sebagai pelindung, komponen paling atas rumah ini memiliki beberapa tampilan dan jenis atap yang bisa memperindah tampilan visual luar dari sebuah rumah.

sedang bingung mencari model atap rumah? bagaimana jenis atap yang cocok untuk rumah minimalis? berikut beberapa jenis atap yang bisa diterapkan pada hunian anda.

Model atap datar

model atap rumah minimalis 1 lantai

jenis atap rumah ini merupakan model atap yang sangat cocok untuk rumah yang mengadopsi konsep minimalis. sesuai namanya, atap ini memiliki bentuk datar, bukan berbentuk limas seperti model rumah pada umumnya di Indonesia. atap yang lurus memiliiki kesan yang modern, bagi anda yang menyukai konsep modern minimalist, hal ini cocok untuk digunakan untuk hunian anda.

bentuknya yang unik, dapat membuat tampilan rumah anda berbeda daripada jenis lainnya. dengan model atap ini, anda bisa memiliki space yang luas pada area atas atap. itu karena bentuk atap yang datar. jika terjadi kebocoran pada jenis ini, tentu perbaikan akan lebih mudah dilakukan. sangat cocok untuk diterapkan di tahun 2020 ini bukan?

Baca Juga  Model Atap Rumah Minimalis Modern Terbaru

Tambahan roof deck

bagian atas yang datar memungkinkan untuk menerapkan roof deck pada rumah. untuk diketahui, roof deck merupakan bagian atas rumah yang bisa berguna untuk banyak hal. area disini sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat bersantai dengan tambahan beberapa sentuhan pot bunga maupun kursi untuk bersantai. bahkan untuk kerja sekalipun, area ini dapat merelaksasikan pikiran anda untuk memacu berpikir lebih kreatif.

Model atap miring

bagian atap miring cenderung memiliki bentuk arap dengan kemiringan satu sisi pada bagian atasnya. penerapan atap miring pada rumah dapat membentuk kesan yang unik dan bisa jadi pembeda pada lingkungan rumah.

penggunaan jenis atap ini masih jarang digunakan di Indonesia, mungkin hanya pada daerah – daerah tertentu saja. bentuknya yang miring di satu sisi juga dapat memperlancar air untuk jatuh ketanah lebih cepat dari curah hujan yang tinggi.

Model atap pelana

atap pelana
via ruangarsitek.id

model atap ini memiliki bentuk atap yang simpel. karakteristik dari atap pelana terletak pada dua bagian miring sedangkan bagian atap lain memiliki bentuk dinding segitiga yang jadi penopang. bentuk yang unik sangat cocok model atap rumah minimalis 1 lantai di 2020.

jika anda memiliki sisa lahan, ide yang bagus untuk dilakukan penambahan garasi pada area samping rumah. hal ini bisa memberikan tampilan unik tersendiri, terlebih space akan lebih luas serta tidak dipusingkan ketika anda akan memarkirkan kendaraan.

Baca Juga  Gambar Bentuk Atap Rumah Minimalis yang Terbaru dan Elegan

Tips memilih atap rumah minimalis 1 lantai yang baik

beberapa pertimbangan pemilihan model atap rumah minimalis 1 lantai harus memperhatikan beberapa faktor. hal ini supaya dapat menghindari hal – hal yang mengganggu kenyamanan pada hunian. beberapa faktor tersebut diantaranya :

Pertimbangkan faktor cuaca sekitar

pertimbangan pertama dari pemilihan model atap rumah minimalis 1 lantai adalah dengan memperhatikan faktor cuaca. jika daerah tempat anda tinggal memiliki curah hujan yang tinggi, penggunaan atap pelana mungkin adalah pilihan yang tepat. bentuknya yang  runcing membentuk segitiga memungkinkan air yang jatuh dapat lebih cepat menuju tanah.

berbeda dengan model atap datar, bentuknya yang datar cenderung menahan air untuk jatuh ke area atap terlebih dahulu (walaupun masih bisa diakali aliran paralon untuk menampung air). bentuk atap datar akan lebih cocok untuk daerah yang memiliki musim panas yang panjang.

Perhatikan instalasi atap

sebagus apapun model atap yang diterapkan, jika instalasinya tidak benar maka dapat menimbulkan beberapa permasalahan baru. maka dari itu, penting untuk anda memperhatikan instalasi pada model atap rumah minimalis 1 lantai, sebab atap digunakan sebagai lapisan pelindung paling atas sebuah rumah.

beberapa permasalahan yang ditimbul bisa jadi masuknya air ketika hujan, cuaca dingin didalam ruangan disebabkan bolongnya bagian atap tertentu, material atap yang lepas serta berbagai permasalahan lain. instalasi yang benar juga dapat menghindarkan permasalahan seperti atap rumah yang tiba – tiba roboh

Baca Juga  Model Atap Rumah Minimalis 2 Lantai Modern

Perhatikan ketebalan atap

semakin tebal sebuah model atap rumah minimalis 1 lantai maka akan lebih baik pada segi kualitas. jangan lupa perhatikan material apa yang terkandung dalam atap. beberapa atap ringan dapat dipakai seperti jenis atap gavalum, atap genteng maupun berbagai atap lain. sesuaikan dengan kebutuhan anda, ya.

Perhatikan kualitas atap

baiknya, pemilihan model atap rumah minimalis 1 lantai adalah pastikan atap yang dipilih berkualitas. ada baiknya anda menggunakan atap dari keluaran merk yang sudah terpercaya, untuk mendapatkan atap yang bisa digunakan untuk jangka panjang. karena atap bukanlah komponen rumah yang dapat diperbaiki dalam 1 – 2 jam saja, tentu memilih atap berkualitas adalah hal yang wajib dilakukan.

memilih atap berkualitas juga memperkecil kemungkinana untuk anda jadi tidak perlu direpotkan untuk bolak – balik ke toko banguanan untuk memperbaiki permasalahan atap. selain membuat waktu anda terbuang, atap yang mudah rusak akan berdampak pada budget yang anda harus keluarkan.

model atap rumah minimalis 1 lantai bisa menjadi pilihan untuk pembangunan rumah yang anda lakukan. cek juga berbagai bahan bangunan lainnya disini

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini