Model Atap Rumah Minimalis Modern Terbaru

Model atap rumah minimalis – setiap pembangunan rumah maupun bangunan lain seperti kantor pasti tidak terlepas dari pola atap yang akan dipasang. selain sebagai pelindung pada bagian atas, unsur aestetik pada sebuah bangunan tidak terlepas dari model atap yang diusung. model atap rumah minimalis modern terbaru dapat membuat nilai unik dari sebuah bangunan dapat tercipta. 

perkembangan properti di Indonesia bisa dibilang tumbuh dengan pesat. hal ini amat memengaruhi untuk menciptakan berbagai pilihan tipe rumah termasuk dari segi atapnya. penting juga bagi anda yang akan membangunan sebuah rumah baru, desain atap merupakan hal tidak bisa di anggap remeh.

keindahan bangunan rumah tidak terlepas dari peran sebuah atap, komponen bangunan paling atas ini memiliki fungsi sebagai unsur yang melindungi bagian atas rumah dari berbagai kondisi cuaca seperti paparan sinar matahari maupun cuaca huja. jika menilik desain atap rumah Indonesia, kebanyakan desain dan model atap bisa dibilang hampir sama pada setiap bangunan, yakni atap pelana.

padahal banyak sekali jenis atap rumah dengan berbagai bentuk, selain daripada desain di Indonesia, anda pun bisa mengambil inspirasi atap rumah dari berbagai negara lain seperti misal eropa timur yang memiliki keindahan arsitektur dari rumahnya. nah, daripada terlalu panjang berikut model atap yang bisa anda pakai:

Model Atap Pelana

dengan kemiringan kurang lebih 30 derajat, mekanisme pembuangan aliran air untuk ketika hujan tidak akan menjadi masalah dengan tingkat kemiringan yang dimiliki. model atap rumah pelana merupakan model yang sudah sering dan umum ditemui di Indonesia, dengan bagian atap membelah menjadi 2 pada ujung pada bagian pinggirnya.

Baca Juga  Design Interior Rumah Yang Bikin Betah

dengan bentuk yang dimiliki, jatuhnya air hujan dapat dialihkan dengan lancar untuk jatuh ke tanah. oleh sebab itu, hal ini menjadi salah satu kenapa jenis atap ini popular di Indonesia. biasanya model ini dipadukan dengan genteng sebagai penutup atap, namun anda juga bisa mengaplikasikan dengan selain genteng seperti beton, metal dan bitumen.

Model Atap Sandar

model atap rumah minimalis pelana

karakteristik dari jenis desain ini memliliki kemiringan dari kedua ujung yang berbeda, satu ujung tinggi dan satu ujung rendah. jadi, bentuknya memang menyerupai turunan pada jalan. tentunya, bentuk yang unik ini dapat dijadikan opsi bagi anda yang akan membangun rumah.

pengaplikasian konsep ini mulai banyak digunakan di Indonesia terlebih pada area perumahan. namun juga tidak jarang ditemui tipe rumah model atap sandar di beberapa pemukiman. karena memang pengaplikasian jenis atap sandar memiliki bentuk yang unik, banyak orang menyukai jenis model atap ini.

Model Atap Datar 

model atap rumah minimalis datar
via pinterest

atap datar ditandai dengan cirinya yang memiliki area datar pada bagian atas. bentuk atap ini menjadi unik karena masih jarang ditemui khususnya di Indonesia. sebenarnya, tipe ini malah lebih simpel pemasangannya dibanding atap yang umumnya ditemui Indonesia dengan bentuk membelah tengah di kedua sisi atap rumah.

yang terpenting bagi anda yang ingin menerapkan jensi atap ini adalah memperhatikan sirkulasi aliran air. bentuk yang datar dapat menampung air hujan sehingga perlu beberapa perencanaan supaya aliran air bisa terorganisir dengan baik.

Model Atap Limas

ciri model ini ditandai pada bentuk segitiga pada setiap sisinya. gabungan dari 4 sisi segitiga membentuk bangunan limas, bisa dibilang mirip seperti bentuk piramida di mesir. tentu saat cuaca hujan, air dapat cepat dialihkan untuk jatuh ke tanah.

Baca Juga  Gambar Bentuk Atap Rumah Minimalis yang Terbaru dan Elegan

anda dapat mengaplikasikan jenis ini model atap limas dengan menambah beberapa bentuk limas dalam satu bangunan baik dibedakan dari jenis ukuran maupun bentuk. jadi, ini bisa menjadi alternative jika anda bosan menemui bentuk rumah limas yang begitu – begitu saja

Tips Memilih Model Atap Rumah Minimalis

ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menerapkan model atap rumah minimalis untuk rumah. selain dari pemilihan material maupun desain, faktor lain tentunya bisa anda pertimbangkan guna mendapatkan model desain atap yang pas.

Mempertimbangkan Cuaca

faktor cuaca
via old farmer almanac

faktor cuaca menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan sebelum instalasi model atap rumah minimalis dilakukan. cuaca di Indonesia sendiri memiliki iklim tropis dengan 2 ilklim yang sangat berpengaruh yaitu musim panas serta musim dingin. tentunya, kedua musim ini akan sangat berpengaruh pada kontruksi atap terlebih pada atap.

efek yang ditimbulkan tidak jauh dari tingkat kelembapan hingga suhu yang dimiliki pada masing – masing daerah. untuk itu, penting bagi anda memahami jenis atap. perhatikan bahan material pembuatnya serta fitur yang dimiliki (jika ada)

Memperhatikan Instalasi Atap Rumah

instalasi model atap rumah minimalis yang detail dan teliti akan menghasilkan pengaplikasian atap yang berkualitas. hal ini penting mengingat atap akan mengemban tugas berat untuk melawan perubahan cuaca yang cepat, sehingga instalasi yang baik akan sedikit banyak berpengaruh pada tingkat kenyamanan penghuni rumah. untuk itu, pastikan setiap detail proses pemasangan atau instalasi model atap rumah minimalis sudah dilakukan dengan baik.

Perhatikan Ketebalan Atap

ketebalan mengacu pada berapa ukuran dari masing – masing atap. ketebalannya bervariasi mula dari 0,3 mm , 0,5 mm tergantung dari model atap rumah minimalis atap maupun merk yang dipakai. semakin tebalnya atap maka akan memperbesar pula peluang untuk digunakan jangka waktu lama. bukan tanpa sebab, hal ini berpengaruh terhadap tingkat ketahanan yang dimlilki.

Baca Juga  Inspirasi Desain Interior Dapur Cantik Minimalis Untuk Apartment

Pertimbangkan Segi Harga

hal yang tak kalah penting, faktor harga juga salah satu alasan kenapa anda memilih suatu atap tertentu. seperti contoh seperti bahan dari seng dengan genteng ,2 bahan pembuat atap tersebut tentu memiliki jenis material penyusun atap yang sangat berbeda sehingga berimbas pada harga ynag berbeda pula.

pilihan atap yang banyak maka menciptakan harga yang bervariasi, sehingga menentukan jenis atap sesuai harga yang dapat anda pilih. jangan paksakan untuk membeli dengan model atap yang melebihi budget, selain akan memperlama anda memiliki model atap yang diingin mungkin model tersebut tidak akan maksimal karena bisa saja pembelian tidak dibeli secara full, melainkan sebagian saja.

Perhatikan Kualitas Produk

banyaknya jenis dan model atap yang ada dipasaran menjadikan kualitas yang dimililki dari masing – masing produk tentu berbeda. pasalnya, dengan perbedaan ini tentu anda harus jeli sebelum menggunakan atap untuk diaplikasikan pada rumah. beberapa diantaranya anda dapat memperhatikan dari faktor merek, bahan material maupun berbagai faktor lain.

kualitas akan menentukan apakah model atap rumah minimalis bisa digunakan untuk jangka panjang atau tidak, tentu tidak terlepas baik dari faktor pemeliharaan serta kondisi cuaca dari daerah tersebut. walaupun begitu, kualitas yang berpengaruh besar menentukan akan bisa digunakan untuk jangka panjang atau tidak.

itu tadi model atap rumah minimalis yang bisa anda terapkan baik model atap pelana, sandar, limas, datar. cek juga bahan kebutuhan pembangunan atap disini


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini