Nggak Perlu Bingung, Ini Jenis-Jenis Kunci Rumah yang Dijual di Pasaran

Kunci rumah sudah menjadi hal primer yang wajib dimiliki. Kunci berguna untuk memberikan keamanan terhadap rumah beserta isinya, apalagi ketika penghuni rumah sedang berpergian. Ada beberapa jenis kunci yang dijual di pasaran, mulai dari yang konvensional hingga yang hi-tech. Buat Anda yang sedang bingung mencari jenis kunci mana yang sesuai dengan kebutuhan, berikut Kami berikan uraian beberapa jenis atau tipe kunci rumah yang bisa Anda pilih:

Kunci Tipe Konvensional

Tipe kunci yang ini sangat umum digunakan. Cara menggunakannya juga sangat mudah yakni dengan cara dimasukkan ke slot atau lubang kunci. Kunci konvensional sangat cocok untuk kunci kamar tidur atau pintu-pintu yang berada di dalam rumah. Namun tidak cocok untuk pintu paling depan mengingat dari segi keamanan masih cukup kurang. Apalagi kunci seperti ini sangat mudah di duplikasi. Ada tiga tipe kunci yang masuk jenis konvensional, diantaranya:

  1. Kunci Tuas

Kunci tuas termasuk jenis kunci yang memiliki model paling tua. Dari segi harganya pun relatif sangat murah dan mudah ditemukan. Namun sayangnya, kunci ini memiliki kelemahan dari segi keamanan yang mudah sekali dibobol. Sehingga saat ini penggunaan kunci tuas sudah mulai ditinggalkan.

  1. Kunci Silinder

Kunci silinder sedikit lebih modern ketimbang kunci tuas. Memiliki bentuk yang sesuai dengan namanya, yakni silinder, kunci ini memiliki keunggulan dari segi ketahanan. Desainnya yang terbilang rumit juga membuat jenis kunci ini sulit untuk diduplikasi.

Baca Juga  7 Kelebihan dan Kekurangan Kompor Induksi yang Wajib Anda Ketahui

Kunci Tipe Hi-Tech

Sesuai namanya, kunci ini didesain lebih modern secara teknologi dibandingkan kunci jenis konvensional. Kunci Hi-Tech dibuat untuk memberikan keamanan yang tinggi pada rumah, apalagi untuk rumah-rumah yang mewah. Berikut dua tipe kunci yang masuk jenis Hi-Tech:

  1. Kunci Pin

Kunci ini memanfaatkan pin atau kata sandi untuk membukanya. Biasanya di gagang pintu terdapat papan tombol yang berguna untuk memasukkan nomor pin. Tipe kunci seperti ini sangat mudah Anda temukan di apartemen kelas mewah.

  1. Kunci Remote

Kunci remote memiliki cara kerja yang hampir mirip saat Anda menggunakan remote untuk membuka pintu mobil. Namun jenis pintu ini juga menyediakan  fitur memasukkan kata sandi.

Itulah jenis-jenis kunci yang bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan. Jenis kunci Hi-Tech mungkin lebih disarankan jika memang Anda terbiasa menyimpan barang-barang berharga di dalam rumah.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini