Intermezo

Jual Obeng Jogja dan Perkakas Lengkap di Qhomemart

obeng jogja — Obeng merupakan perkakas umum yang digunakan untuk mengencangkan dan melonggarkan baut. Obeng memiliki jenis dan fungsi yang berbeda,  ada obeng yang digunakan untuk memperbaiki pintu, barang elektronik, sepeda motor, dan yang lainnya.

Jenis-jenis Obeng

Banyak orang yang menyediakan segala jenis obeng dirumah untuk berbagai keperluan. Jadi meskipun memiliki bentuk yang sama tetapi obeng memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini merupakan beberapa jenis obeng beserta dengan fungsinya.

Obeng Pipih

obeng kembang
source: dalys.ie

Obeng ini memiliki mata obeng berbentuk pipih atau biasa disebut juga sebagai obeng minus. Jenis obeng yang satu ini memiliki fungsi untuk mengencangkan dan melonggarkan baut yang berbentuk minus.  

Obeng Kembang

obeng jogja
obeng jogja obeng kembang
source: stratco.com

Obeng ini memiliki mata obeng yang berbentuk plus atau tanda tambah, obeng ini juga biasa disebut dengan sebutan obeng plus. Fungsi obeng ini mirip dengan obeng pipih namun jika obeng pipih untuk digunakan pada baut minus maka obeng kemban digunakan untuk digunakan pada baut berbentuk plus.

 Obeng Ratchet

Obeng yang satu ini cukup unik karena gagangnya seperti pistol. Dengan menggunakan obeng ini dapat membongkar pasang berbagai jenis mata obeng, kekurangan dari obeng ini adalah penyetelan nya cepat aus.

Baca Juga  Mengenal Semen Instan (Mortar) , Lebih Praktis dan Mudah di Pakai

Obeng Fleksibel

Obeng ini memiliki bentuk seperti pulpen, obeng ini memiliki kelebihan yaitu dapat membuka dua jenis sekrup. Yaitu sekrup pipih dan sekrup kembang. Jika ingin mengganti mata sekrup nya cukup dengan membalikkan mata obeng. Karena obeng ini memiliki dua sisi.

Obeng Gagang stabil

Obeng ini memiliki bentuk seperti huruf T, setiap ujung obeng dilengkapi dengan mata sekrup yang berbeda-beda. Obeng ini bisa digunakan untuk mengencangkan dan melepaskan berbagai jenis baut tanpa harus membongkar pasang mata obeng. Obeng ini juga memiliki kelemahan yaitu pegangannya terbuat dari plastik yang menyebabkan mudah pecah jika digunakan terlalu keras.

Obeng Bermagnet

Obeng ini memiliki magnet yang berfungsi untuk menempel baut ketika ingin memasangkan nya, dan juga ketika melepaskan baut, baut tidak langsung jatuh kelantai karena baut menempel pada obeng. Magnet pada obeng juga berfungsi untuk menarik baut yang terjatuh dan terletak sedikit jauh.

Obeng Tespen

Obeng ini mirip dengan jenis obeng pipih karena mata sekrup berbentuk minus. Obeng ini berfungsi untuk mengetes aliran listrik pada sebuah alat elektronik,obeng ini juga bisa digunakan untuk mengencangkan dan melonggarkan baut pada komponen alat listrik.

Obeng Aksesori

Obeng aksesori biasa digunakan untuk membongkar berbagai aksesori seperti ponsel, jam tangan, atau kacamata. Bentuk mata sekrup pada obeng ini pun beragam, disesuaikan pada sekrup yang melekat pada aksesori. Hati-hati jika menggunakan obeng ini karna gagangnya tebuat dari plastik yang mudah pecah.

Baca Juga  Kenali Kelebihan Genteng Beton Untuk Bangunan, Sebelum Beli Wajib Tahu!

Itu dia jenis obeng jogja yang sedang beredar pada saat ini, jika sedang ingin membeli sebuah obeng jogja atau membeli perkakas lainnya bisa langsung mengunjungi QHOMEMART.

Tips Memilih Obeng Jogja

obeng jogja
obeng jogja
source: qhomemart

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli obeng, ada baiknya perhatikan tips berikut untuk memilih obeng supaya tidak salah memilih. Berikut ini adalah tips untuk memilih obeng.

Cek Magnet di bagian Ujung Obeng

Jika menggunakan obeng magnet pastikan bahwa obeng tersebut memiliki daya magnet yang cukup kuat, karena jika magnet tidak kuat bisa dipastikan bahwa obeng memiliki kualitas yang kurang baik. Untuk memastikan bahwa magnet pada obeng cukup kuat bisa menempelkan baut, jika baut tidak mudah jatuh berarti magnet pada obeng berkualitas bagus.

Cek Berat Obeng

obeng jogja
source: qhomemart

Berat obeng juga menjadi faktor penentu kualitas dari sebuah obeng, jika obeng yang terbuat dari besi baja memiliki berat yang ringan berarti obeng tersebut memiliki kualitas yang kurang. Tapi jika obeng yang terbuat dari besi baja semakin berat dan kandungan besi bajanya lebih banyak maka obeng memiliki kualitas bagus dan tahan lama.

Cek Material Besinya

Jika kandungan besi pada sebuah obeng sedikit, maka sudah dipastikan obeng akan cepat rusak. Karena jika kandungan besi pada obeng sedikit akan mudah patah ketika digunakan untuk melonggarkan baut yang memiliki material besi yang padat. Cara mengetahuinya adalah cukup lihat warna dari obeng tersebut.

Baca Juga  Nggak Perlu Bingung, Ini Jenis-Jenis Kunci Rumah yang Dijual di Pasaran

Sudah tahu kan tips memilih obeng jogja yang dapat membantu anda untuk melengkapi perkakas milik anda di rumah. Selain itu, jika anda sedang mencari sebuah obeng untuk membantu kebutuhan perkakas anda, tentunya bisa berkunjung ke QHOMEMART. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu tentang jenis obeng apa yang anda butuhkan. Yuk belanja di Qhomemart.

Semoga artikel ini dapat menjawab kebutuhan anda dalam memilih jenis obeng yang anda butuhkan.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini