Ornamen Kaligrafi Indah untuk Dekorasi Rumah

Kaligrafi adalah seni menulis indah dengan menggunakan pena untuk dibuat sebagai hiasan. Ornamen kaligrafi sangatlah cocok untuk dibuat sebagai dekorasi rumah minimalis Anda.

Banyak sekali jenis tulisan indah yang dapat dijadikan sebagai dekorasi. Umumnya setiap kali mendengar kata kaligrafi identik dengan tulisan huruf Arab yang cantik, padahal sebenarnya kaligrafi dapat dibuat dengan tulisan dalam bahasa apa pun. Seni menulis indah ini umumnya digunakan untuk sampul buku, namun tak jarang pula yang menggunakan kaligrafi untuk hiasan dekorasi rumah.

Pada kaligrafi Arab, kata-kata yang digunakan umumnya adalah untaian doa atau kutipan ayat suci Al-Quran, hadits Nabi, hingga kata-kata mutiara. Kaligrafi dapat berbentuk dua dimensi hingga gambar timbul tiga dimensi. Bentuk dari kaligrafi pun beragam. Ada yang menyerupai bentuk air, bentuk suatu tokoh, bentuk karakter, dan lain sebagainya.

Yuk lihat berbagai ornamen kaligrafi dengan berbagai bahasa yang cocok untuk dijadikan sebagai dekorasi di bawah ini.

Kaligrafi Jawa yang Unik

source: blogkejawen

Bagi Anda penyuka tokoh wayang ataupun aksara Jawa dan ingin memiliki hunian dengan nuansa tradisional yang kental, mendekorasi rumah dengan kaligrafi berbentuk tokoh wayang dapat menjadi sebuah pilihan.

Anda bisa memilih pepatah bahasa Jawa yang membentuk gambar yang Anda suka. Salah satu kaligrafi aksara Jawa yang cukup populer untuk dijadikan sebagai hiasan dinding ruang tamu. Kaligrafi aksara Jawa ini akan menghadirkan nuansa tradisional dan etnik yang kental untuk dekorasi rumah minimalis Anda.

Baca Juga  8 Model Kursi Taman Untuk Meningkatkan Tampilan Hunian Lebih Indah

Anda juga bisa memajang kaligrafi aksara Jawa dengan bentuk yang lainnya untuk mendapatkan variasi yang tepat untuk menghias hunian Anda. Jika Anda suka dengan ornamen tradisional, Anda bisa juga memajang lukisan tradisional ataupun hiasan dinding etnik untuk dapat menguatkan seni tradisional di rumah Anda.

Meskipun dinding Anda dihiasi dengan berbagai dekorasi tradisional, Anda tetap bisa dapat memiliki rumah minimalis modern dengan memadukan warna dinding dan furniture dengan tepat.

Kaligrafi Hiasan Ruang Tamu

ornamen kaligrafi
source: the craft studio

Kaligrafi sangatlah cocok untuk ditaruh sebagai hiasan dinding ruang tamu. Memiliki dinding ruang tamu yang polos tentunya dapat membuat Anda bosan. Oleh karena itu, Anda bisa memasang berbagai ornamen, salah satunya adalah ornamen kaligrafi. Bagi Anda yang beragama muslim, Anda bisa membeli kaligrafi yang berbentuk kalimat syahadat dengan tulisan kaligrafi yang indah.

Bahan yang digunakan untuk membuat ornamen kaligrafi sangatlah beragam. Ada yang menggunakan kanvas dan juga kuas serta tinta berbagai warna untuk membuat kaligrafi yang cantik. Ada yang menggunakan bahan material kayu sebagai hiasan kaligrafi, dan juga menggunakan kaca atau bahan stainless steel.

Ornamen Kaligrafi Kayu

source: islamforeveryone1

Kaligrafi kayu umumnya dibuat sebagai hiasan tiga dimensi yang unik. Lafaz bismillahirrahmanirrahim yang diukir pada kayu untuk membentuk ornamen cantik sedemikian rupa dapat mempercantik hunian rumah Anda. Perpaduan warna kayu yang natural dengan warna kanvas yang tepat dapat menjadi hiasan yang unik dan cantik.

Baca Juga  Motif Keramik Lantai Cantik dan Harga Keramik Lantai Terbaru

Biasanya ornamen kaligrafi dengan tulisan Arab ditempatkan di ruang tamu, kamar, maupun mushala minimalis di rumah Anda.

Ornamen Kaligrafi Motivasi

Tidak hanya bahasa Arab maupun bahasa Jawa, tulisan indah berbentuk kaligrafi pun banyak digunakan pada huruf latin. Berbagai kutipan penyemangan maupun kata-kata mutiara dibuat untuk memperindah tampilan rumah Anda. Banyak pula yang mengira kaligrafi adalah bagian dari lettering. Akan tetapi sebenarnya keduanya berbeda lho. Kaligrafi adalah seni menulis indah sekali gores. Meskipun hasil yang didapatkan mirip, namun proses untuk membuat seni tersebut berbeda.

Perpaduan Hiasan Kaligrafi dengan Macrame

source: notonthehighstreet

Banyak sekali model kaligrafi yang dapat Anda pajang di berbagai ruangan. Salah satu model kaligrafi yang cukup ngetren belakangan ini adalah perpaduan kaligrafi dengan hiasan macrame. Untuk membuat kesan hangat dan damai pada kaligrafi, Anda bisa menggunakan warna dasar krem atau warna pastel yang kalem lain. Gunakan pula warna benang netral untuk macrame Anda sehingga ornamen kaligrafi tersebut dapat terlihat manis dan cantik dipajang di berbagai ruangan di rumah minimalis Anda.

Bagaimana, tertarikkah Anda untuk memajang aneka ornamen kaligrafi di rumah? Yuk lengkapi berbagai dekorasi rumah Anda dengan berbagai dekorasi cantik yang bisa Anda beli di Qhomemart. Selain itu Anda juga bisa membeli berbagai kebutuhan rumah mulai dari lantai, atap, dan bahan bangunan hanya di Qhomemart.


Baca Juga  Desain Ruangan Kantor di Rumah, Apa Saja Yang Dibutuhkan?

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini