4 Trik Penataan Ruang Tamu yang Wajib Anda Tahu!

Penataan Ruang Tamu – Ruang tamu merupakan ruang yang dapat memberikan kesan pertama terhadap keseluruhan area di rumah. Karena saat ada yang datang berkunjung, ruang tamu merupakan ruang pertama yang dilihat.

Jika ruang tamu tertata rapih, maka keseluruhan rumah pun akan dianggap tertata rapih. Maka dari itu, jangan seeekan cara menata ruang tamu anda.Akan tetapi, masih banyak dari orang-orang yang belum memahami cara penataan ruang tamu yang ideal.

Nyatanya, banyak sekali cara yang dapat anda gunakan sebagai referensi dilihat dari jenis dan fungsi kebutuhan dari ruang tamu itu sendiri.

Maka dari itu, akan kami berikan sedikit pencerahan berupa 4 trik penataan ruang tamu yang wajib anda ketahui agar membuat ruang tamu anda menjadi lebih enak dilihat dan nyaman.

Silahkan simak artikel berikut sampai selesai.

Penataan Ruang Tamu yang Pas Lewat Pemilihan Warna dan Pola Dinding

penataan ruang tamu
Sumber : bp-guide.id

Penataan ruang tamu tidak bisa dilepas pisahkan dari proses finishingyang anda dan keluarga aplikasikan pada ruang tamu anda.

Cara menata ruang tamu ini menjadi sangat penting. Karena dinding merupakan salah satu elemen dominan yang dapat mempengaruhi atmosfir, suasana, serta perasaan setiap orang selama berada di ruag tersebut.

Baca Juga  Cara Menanam Bonsai Beringin

Untuk penataan ruang tamu yang kerap digunakan sebagai tempat ngobrol dan berkumpul bersama dengan tamu atau keluarga, anda dapat meminimalisir atau mengurangi penggunaan waran yang terlalu terang atau corak dan pola-pola yang terlalu berlebihan.

Hal ini dimaksudkan karena ruang tamu yang menggunakan warna dinding yang terlampau terang dapat membuat mata orang yang berada dalam ruangan tersebut menjadi cepat lelah.

Anda dapat menggunakan warna-warna yang lebih lembut agar ruangan tersebut tetap nyaman untuk dinikmati dalam waktu yang lama.

Dan untuk ruang tamu yang hanya digunakan sebagai pelengkap saja, anda bisa lebih ekspresif menggunakan warna terang dan pola yang lebih berani.

Pemilihan Material Lantai Ruang Tamu yang Pas dan Nyaman

ruang tamu minimalis
Sumber : insinyurbangunan.com

Trik penataan ruang tamu berikutnya yang harus anda ketahui adalah pemilihan material lantai. Dengan pemilihan material lantai yang tepat, anda dapat memberikan kesan nyaman dan tidak terlalu keras.

Kebanyakan orang sering mengabaikan hal ini. Dengan menggunaakan material lantai yang tidak disesuaikan dengan kondisi lingkungan dapat mempengaruhi suasana dan kenyamanan selama berada di ruangan.

Misalkan anda memiliki rumah yang berada di dataran tinggi atau daerah yang memiliki suhu cenderung dingin, anda bisa menggunakan material lantai yang hangat dan tidak terlalu keras. Salah satunya adalah lantai parket dan vynil.

Namun, tidak ada salahnya jika anda menggunakan lantai berbahan marmer atau material keras lainnya untuk memberikan kesan mewah di ruang tamu. Anda dapat mengakalinya dengan penggunaan karpet yang tepat untuk memberikan kenyamanan.

Baca Juga  Model Ruang Tamu Rumah Minimalis yang Modern

Menata Ruang Tamu Lewat Pengaturan Pencahayaan

sofa ruang tamu
sumber stylebyemilyhenderson.com

Pada bagian pencahayaan ini, masih banyak orang yang bingung untuk menata dan mendekorasi ruang tamu yang ideal. Karena nyatanya, fungsi dari pencahayaan pada suatu ruangan bukan hanya mempermudah aktivitas, melainkan dapat menghidupkan suasana dari ruangan tersebut.

Jika anda biasa menghabiskan waktu diruang tamu dengan melakukan aktivitas berat seperti berdiskusi, membaca, dan lain sebagainya di ruang tamu, anda dapat menggunakan lampu terang berwarna putih.

Sementara untuk ruang tamu yang biasa hanya digunakan sebagai tempat bercengkrama dan bersenda gurau, anda dapat mengginakan pencahayaan yang temaram.

Penataan Ruang Tamu Menggunakan Dekorasi Pelengkap

penataan ruang tamu minimalis
sumber: squarespace-cdn.com

Penataan ruang tamu akan semakin maksimal jika ditambahkan dengan dekorasi pelengkap yang tepat. Untuk anda yang mengutamakan kenyamanan, silahkan menggunakan dekorasi untuk menunjang hal tersebut seperti penggunaan sofa yang embuk dan karpet.

Penataan ruang tamu memiliki fungsi untuk memberikan impresi dan kesan pertama. Bagi anda pecinta seni, anda dapat menggunakan dekorasi artistik seperti patung dan guci yang akan membuat kesan estetik visual di rang tamu lebih dominan.

Dengan mengetahui 4 trik penataan ruang tamu berdasarkan berbagai aspek sebelumnya, anda pasti sudah mengetahui bagaimana penataan yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi ruang tamu anda.

Anda juga harus menyesuaikan penataan ruang tamu dengan desain atau style penataan keseluruhan ruangan di rumah.  Jika anda meggunakan style minimalis pada rumah anda, maka pastikan penataan dan style perabotan anda juga memiliki kesan minimalis.

Baca Juga  5 Ide Ruang Keluarga Yang Cocok Untuk Hunian

Karena hal ini dapat mempengaruhi impresi yang didapat saat ada orang yang berkunjung kerumah anda.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini