Penjelasan Detail Dehumidifier , Alat Pengurang Kelembapan Udara Ruangan

kualitas udara dirumah dapat diperbaik lebih baik menggunakan dehumidifier. tapi, apa sih sebenarnya alat ini dan untuk apa saja kegunaannya? apakah alat ini termasuk barang yang worth to buy. artikel ini akan membantu anda mengenal dan mengetahui lebih detail dari dehumidifier. simak sampai habis ya Qhomelovers!

ruangan lembab di dalam rumah bukan saja membuat ruangan tidak nyaman , tapi juga tidak sehat bagi penghuninya. apalagi dengan tidak adanya jendela, lambat laun ruangan tersebut akan ditumbuhi jamur dan ini sangat mengurangi keindahan ruangan tentunya.

di sisi lain, faktor kesehatan penghuni juga jadi taruhannya, hal tersebut karena ruangan yang lembap dapat mendatangkan banyak penyakit.

Apa itu Dehumidifier?

dehumidifier sendiri berupa alat elektronik yang digunakan untuk mempertahankan dan mengurangi kelembapan udara khususnya didalam ruangan. jadi, ini berbeda dengan humidifier yang dipakai untuk meningkatkan kelembapan. Jadi, sudah tahu ya perbedaannya.

di indonesia sendiri yang punya iklim tropis tentu lebih cocok, dimana kelembapan sering ditemui. kondisi yang lembab tentunya sangat mudah dalam memicu tumbuhnya jamur juga munculnya lumut.

anda bisa memakai dehumidifier untuk kamar , ruang tengah ataupun mana ruangan yang punya kelembapan tinggi.

Baca Juga  10 Merk Magic Com Terbaik dan Menyehatkan
memilih dehumidifier terbaik
via: DIY.com

kelembapan merusak furniture

selain dari tembok yang dapat ditumbuhi jamur, kelembapan juga salah satu penyebab rusaknya beberapa furniture dirumah seperti meja , kursi terlebih yang dibuat dari material kayu.

memakai alat ini tentu saja mengurangi dampak tersebut, apalagi harga furniture yang terbilang mahal bukan?

kecoa suka ruang lembap

sering menemui kecoa dirumah, bagi beberapa orang (atau mungkin banyak orang) munculnya kecoa terasa menggelikan. selain kecoa, ruangan yang lembab disukai rayap, tungau, bahkan beberapa seranggal lain. jika anda ingin mencegah serangga masuk ke rumah, sekarang waktu yang tepat untuk anda memakai dehumidifier Qhomelovers.

Penjelasan Simpel Mengenai Sistem Kerjanya

sistem kerja dari dehumudifier yakni dengan menyedot air di udara dalam sebuah ruangan, yang kemudian dialirkan melalui pipa pendingan yang ada di dalam alat dehumidifier. disinilah, udara diproses sehingga terjadi pengembunan.

ketika titik-titik air sudah terkumpul di dalam tadi dan prosesnya pengembunan elesai, air tersebut kemudian dikeluarkan kembali lewat saluran pembuangan (dikembalikan lagi ke ruangan tadi). dikarenakan dari proses dehidrasi tersebut, udara akan dikeluarkan kembali ke dalam ruangan, namun bedanya menjadi lebih hangat dan kering.

itu sebabnya, udara yang dikeluarkan biasanya mengalami kenaikan suhu kurang lebih 4 derajat celcius.

Apakah dehumidifier membersihkan udara?

dehumidifier untuk basement
via: bobvila.com

ini adalah pertanyaan yang sering dipertanyakan. apakah dehumidifier dapat membersihkan udara? jawabannya adalah tidak. alat ini hanya membantu menjaga kelembapan dalam ruangan saja dengan cara menghilangkan kelembapan berlebih.

Baca Juga  Oven Listrik Yang Bagus Merk Apa Ya? Berikut 6 Daftarnya

walau begitu, alat ini dapat membantu mencegah tumbuhnya jamur, bakteri juga partikulat lainnya , yang semuanya berhubungan pada berbagai masalah kesehatan. kualitas udara tentu lebih baik bukan? untuk hasil terbaik, anda dapat mempertahankan tingkat kelembapan pada range 35% hingga 50%.

Manfaat

alat ini sangat efektif untuk mengurangi tingkat kelembapan diruangan. ada beberapa manfaat dari pemakaian alat , yang juga jadi alasan kenapa orang – orang membeli alat ini. dilansir dari beberapa sumber, berikut ini penjelasannya :

  • membantu mengurangi bau kotak-kotak dari jamur
  • mengurangi potensi tumbuhnya jamur dan lumut pada furniture
  • mengurangi potensi tumbuh jamur pada pakaian sampai seprai kamar tidur.
  • mengurangi polusi debu, beberapa orang memiliki alergi terhadap debu dan ini salah satu pemicunya. tentu, menggunakan alat ini dapat mengurangi alergi debu tersebut juga tidak perlu sering-sering membersihkannya.
  • dapat mengurangi iritasi pada kulit juga sistem pernapasan, tentu lebih nyaman ketika dipakai untuk bersantai
  • lingkungan yang kurang lembab, itu berarti membuat pakaian lebih cepat kering, roti dapat segar lebih lama, juga anda tidak akan menemui barang – barang yang berkarat seperti pada peralatan komputer dan elektronik lainnya
  • menurunkan biaya AC, itu karena pemakaian AC dapat lebih efisien dalam penggunaan energi. ketika udara lembab, tentu saja AC harus menghilangkan kelembapan, itu berarti proses kerja mesin harus lebih keras, yang juga berpengaruh dari segi biaya.
Baca Juga  3 Langkah Mudah Cara Mengecat Tembok Motif Polkadot
dehumidifier
via: Huffpost

Kebutuhan Pemakaian

kebutuhan pemakaian alat ini perlu disesuaikan, supaya pembelian tidak lah sia-sia.

nah, kebutuhan pemakaian dari alat dehumidifier cocok jika anda ingin :

  • menghilangkan bau pada ruangan tertentu
  • membunuh atau mencegah penyebaran tungau
  • punya kondisi atau alergi pernapasan yang disebabkan kelembapan berlebih
  • tinggal di daerah lembab dan ingin menurunkan suhu tanpa memakai AC (air conditioner)
  • mengurangi pertumbuhan jamur

menarik ya Qhomelovers? penggunaan dehumidifier tentu saja dapat anda pakai untuk rumah anda, semoga bermanfaat ya! cek juga harga dehumidifier DISINI, konsultasikan GRATIS lewat link tautan whatsapp dibawah (chat only).


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini