Kenali Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Kulkas tidak dingin — Kulkas adalah salah satu alat elektronik yang penting pada dapur Anda. Kulkas biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai bahan makanan. Dengan menaruh bahan makanan ke dalam kulkas, maka bahan makanan dapat bertahan lebih lama.

Akan tetapi, kadang terdapat beberapa masalah pada kulkas, salah satunya adalah kulkas tidak dingin. Padahal jika kulkas di rumah Anda tidak dingin, tentu Anda tidak dapat menyimpan bahan makanan dengan baik. Makanan Anda dapat cepat busuk dan berbau tidak sedap.

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan kulkas di rumah Anda menjadi tidak dingin? Lalu… bagaimana cara mengatasinya?

Yuk simak pembahasan mengenai kulkas tidak dingin dan cara mengatasinya di bawah ini!

kulkas tidak dingin
source: cleaninginstructor.com

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab kulkas tidak dingin.

Pintu Kulkas Tidak Tertutup Rapat

kulkas tidak dingin
source: homeguides.sfgate.com

Pintu kulkas yang tidak tertutup rapat dapat menjadi salah satu penyebab kulkas bermasalah menjadi tidak dingin. Untuk itu, Anda wajib memastikan pintu kulkas selalu tertutup dengan rapat.

Baca Juga  5 Cara Membersihkan Kulkas yang Ampuh Hilangkan Bau

Kadang-kadang setelah mengambil bahan makanan di dalam kulkas, Anda atau anggota keluarga yang lain lupa memastikan pintu kulkas sudah tertutup dengan rapat. Hal ini dapat menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin, lho.

Selain itu, pintu kulkas yang tidak tertutup rapat pun bisa jadi karena faktor karet pintu kulkas. Karet pintu kulkas yang rusak atau kendor dapat menyulitkan Anda untuk menutup pintu kulkas dengan rapat.

Saluran Freon Buntu

Freon adalah gas yang digunakan kulkas sebagai alat pendingin. Saluran freon yang buntu atau sering juga disebut sebagai “kulkas mampet” dapat menjadi penyebab lain pada kulkas yang tidak dingin. Penyebab saluran freon yang buntu bisa karena pelumas atau oli kompresor naik ke jalur instalasi, atau dapat pula disebabkan oleh kotoran.

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah saluran freon pada kulkas Anda buntu atau tidak adalah dengan memegang bagian kanan atau kiri badan kulkas di bagian kondensor dan filter. Jika bagian tersebut terasa tidak panas, kemungkinan besar saluran freon kulkas Anda terjadi kerusakan atau tidak lancar.

Freon Kulkas Habis atau Bocor

Selain saluran freon yang mampet, ternyata kulkas yang tidak dingin juga dapat disebabkan oleh freon yang habis aatupun bocor. Freon yang habis dapat disebabkan oleh kesalahan dalam penggunaan.

Jika Anda membersihkan bunga es pada kulkas dengan menggunakan benda tajam seperti pisau, sendok, maupun garpu, hal tersebut dapat merusak kulkas dan membuat freon bocor.

Baca Juga  Kenali Kelebihan dan Kekurangan Wallpaper Dinding Sebelum Memasangnya

Bunga Es Menutupi Lubang Angin

kulkas tidak dingin
source: joybuy.com

Bunga es yang berada di freezer dapat menutupi lubang angin. Jika saluran lubang angin tertutup bunga es, hal ini akan mempengaruhi kerja kulkas dan kulkas dapat menjadi tidak dingin.

Menaruh Benda Panas di Dalam Kulkas

Kulkas adalah alat untuk mendinginkan makanan dan juga dapat menjadi lemari penyimpanan bahan makanan agar awet. Area dalam kulkas yang dingin dapat membantu membuat awet bahan makanan Anda.

Akan tetapi, jangan sampai Anda memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Hal ini dapat membuat kulkas bekerja lebih keras dan mempengaruhi performa kulkas dan membuatnya menjadi tidak dingin.

Setelah mengetahui penyebab-penyebabnya, apa sih yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya? Yuk lihat di bawah ini bagaimana cara mengatasi kulkas yang tidak dingin.

Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin

Biasakan Menutup Pintu Rapat dan Ganti Karet Kulkas yang Rusak

kulkas tidak dingin
source: familyhandyman.com

Jika kulkas yang tidak dingin disebabkan oleh pintu yang tidak rapat, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk menutup pintu kulkas dengan rapat. Jika karet pintu kulkas Anda rusak, sebaiknya ganti dengan karet pintu yang baru agar tetap dapat membuat pintu kulkas Anda menutup dengan rapat.

Perbaiki Freon

Jika freon Anda bocor atau rusak, sebaiknya segera perbaiki freon tersebut sebelum diisi ulang. Anda bisa menggunakan lem khusus untuk menambal freon tersebut.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Kompor Gas Tidak Menyala

Jika kerusakan freon cukup rumit, Anda bisa memanggil teknisi untuk memperbaiki kulkas Anda. Anda cukup menghubungi jasa servis kulkas untuk membantu Anda memperbaiki kulkas tidak dingin.

Hindari Menyimpan Makanan Panas

Menyimpan makanan dengan suhu yang panas di kulkas dapat membuat kerusakan pada kulkas. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan makanan yang ingin Anda taruh ke dalam kulkas telah dingin atau setidaknya bersuhu ruang.

Sebaiknya, jauhkan kulkas dari peralatan lain yang menghasilkan panas agar tidak mempengaruhi kinerja kulkas Anda.

Bagaimana, mudah bukan untuk mencari tahu penyebab kulkas tidak dingin? Jangan lupa atasi penyebab kulkas yang tidak dingin sesegera mungkin agar Anda tetapi bisa menyimpan bahan makanan tetap segar maupun mendinginkan makanan atau minuman, ya. Jika kerusakan kulkas sudah parah, sebaiknya belilah kulkas yang baru dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dapatkan berbagai kulkas yang berkualitas dan dapat menyimpan bahan makanan dengan awet hanya di Qhomemart, pusat belanja grosir terlengkap. Qhomemart menyediakan berbagai kebutuhan rumah seperti bahan bangunan, furniture, atap, perlengkapan kamar mandi, dan lain sebagainya.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini