Kelebihan dan Kekurangan Penyekat Ruangan Dari Gypsum

Memakai penyekat ruangan dari gypsum kerap kali dipakai ketika penghuni rumah membutuhkan ruangan lagi. dibanding dengan model penyekat ruangan lain, ada beberapa alasan kenapa orang lebih memilih menggunakan material ini. kalau anda berencana menggunakan gypsum sebagai penyekat, simak dahulu penjelasan dari segi kelebihan ataupun kekurangan penyekat gypsum supaya anda lebih paham, berikut penjelasannya.

gypsum sendiri merupakan material bangunan dari salah satu mineral yang mengendap dikarenakan terdapat konsentrasi ion ion dari penguapan.

nah, selain dipakai sebagai plafon rumah , ternyata gypsum dapat pula dimanfaatkan sebagai penyekat ruangan. anda dapat memakai jenis material satu ini untuk sebagai alternatif daripada membangun.

hal ini juga didukung seperti yang dilansir dari gypsum.org , pemakaian material satu ini memang dapat dipakai untuk dinding, langit langit maupun sistem partisi dalam struktur bangunan. untuk penyekat atau partisi sendiri, sudah banyak segmen pemakainya baik dari kelembagaan , komersial hingga perumahan.

penyekat ruangan dari gypsum

Kelebihan Gypsum Untuk Penyekat

menggunakan penyekat ruangan dari gypsum memiliki kelebihan tersendiri, diantaranya:

Bobot yang ringan

menggunakan penyekat ruangan dari gypsum memberikan bobot yang ringan. jika dibanding dengan beton atau batu bata , ini memiliki perbandingan yang cukup jauh dibanding bahan tersebut.

Baca Juga  Plafon Ruang Tamu Berbahan Gypsum

untuk penyekat gypsym sendiri ada pada bobot kurang lebih 30kg/meter persegi, sedangkan bata ringan sendiri punya bobot kurang lebihh 80 kg/meter persegi.

jika anda menggunakannya pada lantai atas, ini tentu bagus karena tidak begitu membebani konstruksi bangunan. bobot yang ringan juga membuat proses pemasangan lebih cepat dan menghemat waktu.

Ramah Lingkungan

gypsum lebih ramah lingkungan karena tidak terlalu banyak menggunakan air dalam pengaplikasiannya.

ini termasuk bahan yang mendukung konsep green property

disisi lain, jika bahan sudah tidak terpakai lagi, anda bisa membuang gypsum tersebut dan bahan akan langsung melebur ke dalam tanah tanpa mencemari lingkungan. ini memberikan hal yang baik dalam upaya mengurangi pencemaran lingkungan. menarik bukan?

Fleksibel

anda bisa memasang penyekat ruangan dari gypsum dimana saja, anda tidak harus menempatkan gypsum berdiri diatas balok struktur. mungkin beda jika anda menggunakan bata, anda perlu melakukannya pada atas balok struktur.

sifat fleksibelnya kerap dimanfaatkan orang sebagai alternatif penyekat, terlebih untuk bangunan sudah jadi namun membutuhkan ruangan lagi.

model penyekat ruangan dari gypsum
via: indiamart

Menghemat Biaya

hal tersebut masih ada sangkut pautnya dengan poin pertama, bobot yang ringan. kenapa? bobot yang ringan akan memudahkan dari segi pemasangan.

disamping itu, memakai penyekat ruangan dari gypsum tidak terlalu membutuhkan banyak perekat seperti yang akan anda temui jika memasang bata ataupun membangun tembok baru.

Baca Juga  7 Kelebihan dan Kekurangan Kompor Induksi yang Wajib Anda Ketahui

hal ini dapat menghemat bukan saja dari segi biaya, namun dari waktu pemasangan yang lebih cepat.

Bahan Yang Halus dan Rapi

jika anda menginginkan ruangan menarik seperti pada area kamar tidur estetik ataupun ruangan lain, salah satu cara anda perlu menggunakan penyekat dari bahan gypsum.

hal ini karena karakter permukaan gypsum yang lebih rapi serta halus, menjadi nilai tambah tersendiri jika anda mencari nilai estetiknya.

Mudah Diperbaiki

jangan khawatir, jikalaupun gypsum rusak karena beberapa hal, anda dapat dengna mudah memperbaiknya.

cukup anda dempul permukaan yang rusak tadi, atau jika anda ingin cepat langsung saja ganti dengan yang baru. itu mungkin akan menambah sedikit biaya, namun lebih mudah dan lebih bagus pada pengaplikasiannya.

sekat ruangan gypsum
via: indiamart

Kekurangan Gypsum Untuk Penyekat

memakai penyekat ruangan dari gypsum juga memiliki sisi kekurangan, beberapa diantara :

Mudah Kusam

penyekat ruangan dari gypsum memang mudah kusam , sedikit saja kotoran itu akan terlihat dan mengurangi nilai estetiknya.

tapi itu bisa diatasi jika anda rutin membersihkannya, paling tidak 2 bulan sekali tentu masuk akal.

atau anda sesuaikan jika itu terlihat kusam, segera bersihkan agar cantik kembali

Tidak tahan benturan

benturan yang keras akan menyebabkan bahan ini rawan akan kerusakan atau yang paling parah bisa patah atau bolong. untuk itu, anda perlu berhati hati karena ini tidak sekuat batu bata.

Baca Juga  8 Jenis Atap Rumah Terbaik Yang Tidak Panas

jika rusak, anda anda bisa mendempul jika itu masih bisa diselamatkan, cara tercepat tentu saja dengan menggantinya dengan yang baru.

Apakah GypSum Aman?

gypsum termasuk bahan yang aman dipakai untuk faktor kesehatan, pun dari keamanan keselamatan penghuni, gypsum termasuk bahan yang tidak mudah terbakar.

nah, itu tadi penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan penyekat ruangan dari gypsum. semoga bermanfaat ya!

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Konsultasi Gratis Disini