Tips & Trick

Mengenal 3 Perbedaan Besi WF dan H Beam

Perbedaan besi wf dan h beam dalam konstruksi bangunan setidaknya perlu anda ketahui, mengingat bentuknya yang mirip jika dilihat secara sekilas. anda yang berkecimpung pada jasa bangunan maupun kontraktor, atau bahkan anda yang berencana membangun gedung perkantoran, wajib sekali untuk tahu tentang hal ini. perbedaan perlu diketahui supaya meminimalisir terjadinya miss di masa mendatang. seperti apa perbedaanya? simak penjelasannya dibawah ini.

mungkin, jika dilihat sekilas anda tidak akan tahu bahwa kedua besi ini berbeda, karena tampilan dan bentuk yang sama persis. jika dilihat secara sekilas, memang bentuknya memiliki kemiripan lebih dari 90%.

nah , tentu sebelum tahu perbedaan besi wf dan h beam, kita harus tau dulu pengertian dari masing – masing jenisnya bukan? besi wf (wide flange) sendiri merupakan jenis besi baja dengan daya tekan dan tarik yang tinggi.

sedangkan besi h beam merujuk pada jenis baja yang diproduksi dengan teknik cenai panas, lalu kemudian diplat dan di las sebagai penyelesaiannya. lalu apa perbedaannya? berikut ini penjelasan lengkapnya

Perbedaan besi wf dan h beam
Mengenal perbedaan besi wf dan h beam via: wanawat stainless

Segi Dimensi

perbedaan besi wf dan h beam yang pertama, mungkin yang paling mencolok dan dapat anda lihat secara sekilas, ialah dilihat dari segi dimensi kedua material ini.

untuk mengetahuinya, anda perlu melihat lebih dekat ke kedua material tersebut, baru akan terasa perbedaannya.

Baca Juga  Apa Itu Tali Air Bangunan? Ini Pengertiannya.

apabila digambarkan, untuk besi h beam memiliki ukuran 100 mm x 100 mm , sedangkan besi wf memiliki ukuran 200 mm x 100 mm. jadi, untuk h beam memiliki ukuran lebar dan kuping yang sama, sementara jenis besi wf memilih ukuran kuping yang lebih lebar.

besi wf
besi wf via: pinterest

Segi Popularitas

perbedaan besi wf dan h beam demikian juga dipengaruhi dari segi popularitas. jika kita bicara antara 2 jenis besi ini , memang salah satu lebih populer di kalangan pekerja maupun kontraktor.

jenis besi wf memiliki kepopuleran yang lebih baik dibanding h beam. itu dapat dilihat dengan bagaimana persentase tingkat pemesanan yang berbeda, lebih tinggi yang berjenis wf dibanding h beam.

besi wf lebih banyak dipesan untuk berbagai pembangunan maupun proyek seperti jembatan , gudang yang besar maupun pabrikan. walau begitu, kepopuleran besi wf juga dipengaruhi karena nama yang dikenal sebagai baja profil I serta H , mengingat kedua jenis besi ini tidaklah sama.

Segi Fungsi

perbedaan besi wf dan h beam juga dapat dilihat dari fungsi, maksudnya ini digunakan untuk kebutuhan apa saja, apakah baik untuk gedung atau jembatan, apakah itu tidak masalah diantara kedua kebutuhan tersebut? jadi, memang ada beberapa perbedaan pada segi fungsi disini.

nah, untuk jenis h beam lebih cocok digunakan untuk proyek konstruksi gedung yang tinggi, kadang kala untuk struktur jembatan pula. dan juga, h beam lebih sering digunakan sebagai “pasangan” dari besi wf untuk progress pemasangan struktur gedung.

Baca Juga  5 Jenis Kompor Berdasar Cara Menghasilkan Panas
besi h beam
via: pinterest

Bagaimana dari kekuatannya?

mungkin anda penasaran bukan bagaimana jika menilik perbedaan besi wf dan h beam dari segi kekuatan. bagaimana perbedaan besi wf dan h beam perbandingan kekuatan ketika dipakai untuk konstruksi. apakah ada perbedaan?

tentu saja, ada perbedaan kekuatan dari dua jenis besi ini. namun sejauh ini, kami belum menemukan komparasi atau penelitian pasti (akurat) terkait perbandingan kekuatan dua jenis besi ini. namun, lebih disarankan mengikuti pemilihan jenis berdasarkan kebutuhan.

pemilihan maksudnya ialah digunakan untu kebutuhan apa. apakah untuk proyek jembatan atau dipakai pembuatan gedung berskala tertentu. hal tersebut dapat anda dapatkan pada jawaban di point sebelumnya (point “segi fungsi”).

nah, itu tadi penjelasan tentang bedanya besi wf dan h beam. semoga bermanfaat!

qhomemart menyediakan kebutuhan semua bahan bangunan, mulai dari keramik , peralatan elektronik hingga beberapa sejenis dengan jaminan barang original. cek juga harganya DISINI

5/5 - (14 votes)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini