Perbedaan Montase Mosaik dan Kolase

Perbedaan montase mosaik dan kolase — Mungkin Anda pernah mendengar istilah montase, mosaik, dan kolase. Ketiganya adalah seni rupa dengan teknik tempel yang dapat digunakan untuk hiasan maupun dekorasi pada rumah-rumah. Namun ternyata ketiganya memiliki perbedaan lho. Apa saja sih perbedaan montase mosaik dan kolase? Yuk simak pembahasannya berikut ini.

Perbedaan Montase Mosaik dan Kolase

Montase, mosaik, dan kolase adalah sebuah keterampilan seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel. Ketiga seni tersebut merupakan suatu perpaduan dari beberapa seni yaitu seni gambar, seni kriya, seni dekorasi, dan juga seni ilustrasi.

Montase

perbedaan montase mosaik dan kolase
source: jessicajjohnston.com

Montase adalah suatu karya seni tempel yang mengombinasikan gambar-gambar jadi yang ditempel secara bersamaan untuk membentuk gambar atau makna baru. Sumber gambar jadi tersebut dapat bersumber dari koran, majalah bekas, buku bekas, brosur, atau yang lainnya.

Karya montase dapat dihasilkan dari gambar jadi yang dieksposisikan dengan gambar jadi lainnya. Sebagai contoh, gambar manusia atau binatang yang terdapat dalam majalah dipotong kemudian ditempel pada permukaan media gambar dan dikombinasikan dengan gambar manusia atau binatang lain dari sebuah buku atau majalah yang lainnya.

Istilah montase masa kini juga banyak dikenal dengan montase foto atau photomontage. Hal ini karena teknik montase cukup sering diaplikasikan untuk memodifikasi gambar baik gambar analog maupun digital.

Baca Juga  Lebih Bagus Batu Marmer atau Batu Granit Untuk Rumah?

Mosaik

perbedaan montase mosaik dan kolase
source: arteascuola.com

Perbedaan montase mosaik dan kolase cukup menonjol, terutama dari bahan dan tampilan akhir karya seni tersebut. Mosaik adalah seni dekorasi bidang dengan kepingan bahan keras seperti gelas kaca, keramik, ataupun logam berwarna yang disusun dan ditempelkan dengan perekat. Biasanya kepingan tersebut memiliki ukuran yang sama atau setidaknya mirip-mirip. Namun mosaik juga dapat dibuat dengan menggunakan potongan-potongan kertas untuk membentuk suatu bentuk dan gambar tertentu.

Keunikan dari seni mosaik adalah susunan kepingan mosaik biasanya menampilkan perubahan warna dan membentuk suatu pola. Umumnya mosaik digunakan pada kaca-kaca gedung tua. Tidak sedikit pula dekorasi rumah ala vintage yang menggunakan hiasan dengan seni mosaic yang indah.

Kolase

karya seni kolase oleh Juan Gris berjudul Le Petit Dejeuner, 1914
source: wikipedia.org

Kolase adalah seni yang dibuat dengan berbagai bahan seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut ditempelkan pada media gambar dan dipadukan sedemikian rupa untuk menghasilkan karya yang indah.

Kolase merupakan karya seni dua dimensi yang menggunakan berbagai macam paduan bahan. Ada pula kolase yang dibuat menjadi tiga dimensi. Dalam seni kolase, bentuk asli dari material yang digunakan harus tetap terlihat. Jika Anda membuat kolase dengan menggunakan kerang atau potongan foto, material tersebut harus masih dapat dikenali bentuk aslinya meskipun telah dirangkai menjadi suatu kesatuan seni kolase.

Inspirasi Dekorasi dengan Menggunakan Montase, Mosaik, dan Kolase

Meskipun terdapat perbedaan montase mosaik dan kolase, akan tetapi ketiga seni tersebut tetaplah seni yang indah. Ketiganya sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai dekorasi dan hiasan untuk rumah minimalis Anda.

zfmosaic.com

Kaca mosaik umumnya dapat ditemui di gedung-gedung tua. Namun, dekorasi dengan kaca mosaik pun juga cocok untuk ditempatkan pada rumah minimalis Anda lho. Anda bisa menempatkan hiasan estetik berupa dekorasi mosaik di dinding rumah Anda. Pilihlah motif dan gambar yang sesuai dengan apa yang Anda sukai.

Baca Juga  7 Model Sofa Minimalis Untuk Ruang Tamu Kecil

Tidak hanya sebagai dekorasi dinding, seni mosaik pun banyak digunakan untuk penyekat ruang minimalis.

Hiasan Dinding Estetik

source: www.amazinginteriordesign.com

Hiasan dinding dengan karya montase, kolase, dan juga mosaik adalah pilihan yang unik untuk dekorasi rumah Anda. Jika Anda membuat dekorasi montase atau kolase dengan majalah lama yang sudah agak menguning dan tua, Anda bisa memberikan kesan vintage pada dekorasi dinding Anda lho. Jadi terlihat lebih cantik dan klasik, bukan?

Penggunaan Berbagai Media untuk Dekorasi

source: paulasparadise.wordpress.com

Salah satu perbedaan montase mosaik dan kolase yang menonjol adalah pada kolase biasanya digunakan berbagai bahan material yang berbeda-beda untuk menciptakan suatu seni kolase yang indah. Anda bisa menambahkan manik-manik, potongan koran, bunga kering, kancing-kangcing, benang, foto, dan lain sebagainya. Tentunya penggunaan hiasan dinding kolase yang unik ini juga dapat menambahkan nilai estetik dan keindahan pada rumah minimalis Anda.

Bagaimana, apakah Anda lebih suka karya mosaik, montase, atau kolase untuk dijadikan sebagai hiasan pada rumah Anda?

Jangan lupa penuhi kebutuhan rumah Anda dengan berbelanja di Qhomemart. Tersedia berbagai kebutuhan rumah mulai dari lantai, atap, bahan bangunan, dan lain sebagainya hanya di Qhomemart.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini