Tips & Trick

5 Perbedaan Pernis dan Plitur Paling Penting

Perbedaan pernis dan plitur terutama terletak pada fungsinya. Pernis lebih berfungsi untuk ketahanan kayu karena memperkuat serat-serat didalamnya. Sementara plitur berfungsi agar kayu memiliki permukaan mengkilap dan punya beberapa warna.

Banyak orang mengira bahwa pernis dan plitur adalah istilah yang sama. Namun ternyata, pernis dan plitur ialah dua bahan cairan kimia yang berbeda dan tentunya dari segi fungsi juga berbeda pula.

Pernis dan plitur biasa dipakai untuk pengerjaan proyek yang memakai material kayu. Jadi Jika anda seorang pemula atau bahkan perajin yang berhubungan dengan kayu, perabotan, kerajinan atau konstruksi yang bahan dasarnya dari kayu, mengetahui perbedaan pernis dan plitur sangat penting.

Artikel berikut menjelaskan secara rinci dan singkat tentang perbedaan dari kedua bahan ini.

Beda Bahan Baku

perbedaan pernis dan plitur
Foto: The Wood Whisperer

Antara pernis dan plitur dibedakan dari bahan bakunya. Pernis dibuat dari drying oil, resin serta pelarut. Pelarutnya biasa menggunakan solvent based, yang mana berguna sebagai pelapis atau pelindung lapisan kayu.

Sementara plitur dibuat dari oker yang telah mengalami proses oksidasi. Plitur dapat memiliki beberapa warna karena proses oksidasi tadi.

Perbedaan Fungsi

Sementara dari sisi fungsi, terdapat perbedaan pernis dan plitur yakni pernis lebih digunakan sebagai unsur pelindung dan ketahanan pada kayu. Disisi lain plitur lebih berfungsi sebagai ‘pewarnaan’ pada kayu.

Baca Juga  Karakteristik Rumah Tahan Gempa

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa baik pernis dan plitur sama-sama digunakan sebagai finishing akhir pada kayu sebelum dipakai.

Beda Cara Pakai

Perbedaan pernis dan plitur juga terdapat dari cara pakainya. Karena fungsi yang berbeda, maka terdapat beberapa bagian yang perlu anda perhatikan sewaktu penggunaan.

Pada plitur haruslah dicampur pelarut sebelum pemakaian. Bisa menggunakan spiritus atau sekarang dapat menggunakan thinner supaya lebih encer.

Sementara ketika memakai pernis, anda dapat langsung menggunakannya. Tinggal siapkan kuas dan langsung dapat oleskan pada permukaan kayu tanpa mencampur apapun.

Hasil Akhir Warna

plitur kayu
Plitur membuat kayu nampak mengkilap. Foto: Google

Hasil akhir menunjukkan perbedaan pernis dan plitur dari segi warna. Pernis tidak mengubah warna dari kayu setelah cairan diaplikasikan, sementara plitur akan memberikan warna lain setelah cairan dioleskan.

Kenapa plitur dapat memberikan warna? Itu karena kandungan oker yang ada didalam plitur tadi. Oker dapat memberi warna dari proses oksidasi sesuai dengan warna oker itu sendiri. Sementara jika memakai pernis, ia tidak akan mengubah warna asli dari permukaan kayu.

Kekuatan Kayu

Perbedaan pernis dan plitur yang terakhir adalah impactnya terhadap ketahanan kayu setelah diaplikasikan. Pernis dapat membuat kayu lebih awet dan tidak cepat lapuk. Sementara jika anda mengaplikasikan plitur, itu lebih berfungsi terhadap penampilan saja.

Itulah tadi semua perbedaan penting antara pernis dan plitur yang wajib anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca Juga  Cara Pasang Door Closer Dalam 4 Langkah, Lebih Mudah!

Qhomemart adalah supermarket bahan bangunan yang memiliki store offline di yogyakarta. Kami juga melayani pembelian bahan bangunan secara online di qhomemart.com dengan pengiriman ke seluruh wilayah indonesia. Hubungi kami untuk mendapatkan produk bahan bangunan yang anda butuhkan.

Chat whatsapp kami untuk pembelian 0811-2863-773.

5/5 - (7 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini