Berikut Perbedaan Slow Cooker dan Rice Cooker

Perbedaan slow Cooker dan rice Cooker dapat dilihat dari waktu proses masak, penggunaan energi listrik, fitur hingga tujuan pemakaian. Meskipun punya ‘nama belakang’ yang sama, namun ada beberapa perbedaan disini. Apa saja? Simak lebih detail dibawah ini.

Beda Waktu Masakan

Seperti namanya, slow cooker memang alat masak yang membutuhkan waktu lebih lama jika dibanding dengan rice cooker. Slow cooker paling tidak membutuhkan 2 jam proses, sedangkan memakai rice cooker membutuhkan waktu 30 hingga 45 menit.

Slow cooker ‘berjalan’ pada temperatur rendah namun stabil untuk waktu panjang, sementara rice cooker adalah kebalikan, lebih cepat dan bertempatur lebih tinggi.

Jadi, perbedaanya bisa 1 jam diantara 2 produk ini, disimpulkan slow cooker membutuhkan waktu masak lebih lama. JIka anda mementingkan kecepatan proses, perbedaan slow cooker dan rice cooker pada aspek ini sangat perlu diperhatikan.

Perbedaan slow Cooker dan rice Cooker
Foto: livingindoor.com

Pemakaian Daya Listrik

Perbedaan slow cooker dan rice cooker dapat pula dilihat dari segi pemakaian daya listrik.

Sebagai perbandingan, umumnya rice cooker berkapasitas 2 liter mengkonsumsi 400 hingga 600 watt.

Sedangkan slow cooker hanya membutuhkan konsumsi listrik sebesar 250 watt atau kurang lebih kisaran watt itu. Jika dilihat dari pemakaian daya listrk, tentu produk slow cooker lebih sedikit pemakaian daya. Artinya, penghematan listrik bisa dilakukan dengan asumsi pemakaian kebutuhan yang sama memakai rice cooker.

Baca Juga  4 Kitchen Set Minimalis Modern Simpel Untuk Rumah Minimalis

Perbedaan Fitur

Fungsi slow cooker mungkin ada beberapa yang dimiliki oleh beberapa jenis rice cooker. Meski begitu, anda tetap dapat mempertimbangkan kepemilikan slow cooker meskipun telah memiliki rice cooker.

Kenapa?

Terkadang memasak dengan rice cooker memiliki kapasitas limit atau terbatas, menggunakan slow cooker tentu bisa jadi pilihan dengan kapasitas yang lebih besar. JIka kebutuhan slow cooker cukup dibutuhkan, jangan ragu untuk memiliki slow cooker.

qhomemart pusat belanja terlengkap
Qhomemart: Tempat belanja slow cooker hingga rice cooker

Perbedaan Tujuan Pemakai

Perlu anda tahu bahwa perbedaan slow cooker dan rice cooker ada pada segi tujuan pemakaian. Slow cooker lebih cocok untuk pengolahan dengan suhu stabil untuk waktu lama, salah satunya seperti pembuatan obat tradisional.

Karena temperatur bersuhu rendah, penguapan jadi minim, masakan jadi lebih sehat juga punya aroma. Sedangkan rice cooker bertemperatur bersuhu lebih tinggi, sehingga lebih cocok untuk proses masak cepat. Rice cooker cocok untuk menanak nasi lebih cepat dan praktis.

Semoga bermanfaat qhomelovers! Belanja slow cooker dan rice cooker di qhomemart.com aja, harganya murah dan bergaransi! cek katalognya DISINI

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Konsultasi Gratis Disini