Perhatikan Ini Saat Memilih Mesin Cuci yang Sesuai dengan Kebutuhan

Mencuci baju adalah salah satu kegiatan yang cukup melelahkan jika Anda masih menggunakan tangan atau cara manual untuk mencuci baju. Meskipun melelahkan, tentu saja Anda tetap wajib mencuci pakaian Anda. Apalagi saat-saat seperti ini, Anda harus lebih sering mencuci baju terutama sesudah Anda bepergian.

Jika Anda tipe orang yang tidak suka mencuci baju dengan cara manual, Anda bisa mulai membeli mesin cuci. Untuk mempermudah pencucian, Anda bisa membeli mesin cuci yang disertai dengan pengering. Namun, sebelum Anda membeli mesin cuci, sebaiknya ketahui terlebih dulu jenis-jenis mesin cuci yang beredar di pasaran.

Jenis-jenis Mesin Cuci

Mesin cuci memiliki berbagai jenis, mulai dari mesin cuci satu tabung, mesin cuci dua tabung, dan juga mesin cuci bukaan depan. Jenis-jenis mesin cuci ini memiliki range harga yang berbeda-beda dengan perbedaan sistem pencucian pula. Yuk kenali jenis-jenis mesin cuci selengkapnya!

source: John Lewis & Partner

Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci dua tabung, seperti namanya, adalah jenis mesin cuci yang memiliki dua tabung dengan fungsi yang berbeda. Tabung pertama digunakan untuk mencuci dan membilas pakaian sedangkan tabung kedua pada mesin cuci tersebut digunakan untuk mengeringkan pakaian yang telah selesai dicuci.

Baca Juga  Inspirasi Interior Rumah Minimalis Mewah yang Modern

Mesin cuci dua tabung memiliki beberapa kelebihan. Harga mesin cuci dua tabung relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis mesin cuci yang lain. Selain itu, mesin cuci dua tabung relatif lebih hemat listrik karena pemakaian listrik pun lebih sedikit. Mesin cuci jenis ini didesain khusus agar ekonomis.

Namun, mesin cuci dua tabung pun memiliki beberapa kekurangan. Mesin cuci dua tabung dinilai kurang praktis karena Anda perlu memindahkan secara manual pakaian yang telah dicuci ke dalam mesin pengering. Selain itu tingkat kekeringan dari pengering mesin cuci ini hanya mencapai 70% karena tabung berputar secara vertikal sehingga air tidak bisa turun secara keseluruhan.

Mesin cuci dua tabung membutuhkan air yang cukup banyak. Mesin cuci dua tabung dapat rusak dan macet jika mesin cuci tersebut kekurangan air.

Mesin Cuci 1 Tabung

Mesin cuci satu tabung adalah mesin cuci yang hanya menggunakan satu tabung untuk proses pencucian mulai dari mencuci hingga mengeringkan pakaian. Tentunya menggunakan mesin cuci satu tabung akan terasa lebih praktis jika dibandingkan dengan mesin cuci dua tabung.

Selain penggunaannya yang praktis, kelebihan mesin cuci satu tabung adalah memakan daya listrik yang cukup rendah. Untuk itu Anda bisa menghemat listrik sekaligus mencuci pakaian tanpa perlu ribet memindahkan pakaian yang telah dicuci ke mesin pengering. Sayangnya, mesin cuci ini relatif mahal namun hanya memiliki tingkat kekeringan hingga 70% dan cukup boros air.

Baca Juga  5 Inspirasi Ruang Makan Minimalis untuk Keluarga

Mesin Cuci Bukaan Depan

Mesin cuci bukaan depan memiliki tabung yang didesain secara horizontal dengan arah putaran vertikal. Mesin cuci bukaan depan hanya memiliki 1 tabung yang berfungsi sama dengan mesin cuci satu tabung.

Mesin cuci bukaan depan relatif lebih efektif untuk mencuci pakaian Anda dibandingkan dengan dua jenis mesin cuci yang lain. Jika menggunakan mesin cuci bukaan depan akan meminimalisir kerusakan pada bahan atau pakaian karena putaran yang dilakukan oleh mesin ini adalah putaran secara vertikal.

Selain itu, mesin cuci bukaan depan pun praktis karena proses pencucian dan pengeringannya dikerjakan secara otomatis.

Mesin cuci bukaan depan dapat mengeringkan pakaian Anda hingga mencapai 90% sehingga waktu menjemur pakaian Anda menjadi lebih sedikit. Jumlah air yang dibutuhkan oleh mesin cuci bukaan depan pun relatif lebih sedikit dibanding jenis mesin cuci lain.

Akan tetapi, mesin cuci bukaan depan pun memiliki beberapa kekurangan. Harga mesin cuci bukaan depan relatif lebih mahal dibanding mesin cuci jenis lain karena memiliki teknologi yang canggih. Selain itu mesin cuci jenis ini juga membutuhkan daya listrik yang cukup besar dan membutuhkan detergen khusus untuk mencuci pakaian Anda.

Tips Memilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Memilih mesin cuci yang tepat tentu membutuhkan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini