Yang Hobi Otomotif Wajib Punya 7 Perkakas Bengkel Ini

7 Perkakas Bengkel Ini Sangat Diperlukan Oleh Penggila Otomotif

Bagi penghobi otomotif, baik roda dua ataupun roda empat, kerap mengisi waktu luang dengan mengutak-atik besutan kesayangan. Mulai dari memasang part PnP, servis ringan atau sekedar pengcekan kendaraan. Dalam hal ini, tentu peran toolkit sangat mambantu.

Tapi sayangnya, gak banyak yang sadar kalau kualitas toolkit yang dipakai sedikit banyak menentukan kenyamanan saat mengoprek kendaraan di rumah. Usahakan pakai kunci-kunci seperti kunci pas atau obeng yang berkualitas. Sebab dalam satu waktu, kunci yang kurang bagus bisa bikin baut slek atau dol, Berikut ini beberapa pilihan yang bisa jadi acuan.

 

1.Kunci Pas Dan Ring


Di pasaran, beberapa merek yang kerap dipakai bengkel bisa jadi pilihan. Ada labelan Tekiro, American Tool (Am Tool), Maxtop, Crossman, dsb. Sebenarnya masih banyak lagi produk branded lain, tapi untuk kebutuhan non-bengkel, merek tadi sudah cukup mumpuni, bahkan bisa dibilang ‘mewah’.

“Kelebihannya merek-merek itu gak gampang bikin baut dol. Beda dengan barang murah yang bila digunakan pada yang keras, bisa bikin kembang baut jadi dol,” ungkap Bambang pemilik toko perkakas Barokah, di bilangan Bintaro, Jaksel.

Intinya ada pada bagian gap kunci. Bila dimasukkan mur, jarak antara badan kunci yang bersentuhan dengan mur atau baut harus rapat. Kalau longgar, sudut mur atau baut akan termakan badan kunci yang akhirnya bikin bagian topi slek.

Nah, bila ingin membeli kunci berkualitas tanpa tahu mereknya, tak ada salahnya bawa satu baut atau mur untuk mengukurnya. Setelah diukur (dipasin dengan mur), kunci pas atau ring tersebut terlalu oblak dengan mur, sebaiknya jangan dibeli.

Baca Juga  Pusat Penjualan Shower Jogja Terlengkap di Qhomemart

Untuk jangka panjang, kunci berkualitas juga gak mudah berkarat. Itu lantaran beberapa kunci dibuat dengan bahan chrome vandilum. Salah satunya bisa dijumpai pada merek Am Tool.

Soal ukuran, tergantung kebutuhan. Namun kalau hanya untuk kebutuhan hobi, tak perlu sampai selengkap bengkel. “Utamanya pilih kunci dengan kombinasi pas dan ring,” sahut Hendi dari bengkel Berkat Motor. Sedang untuk ukuran, sediakan ukuran 8, 10, 12, 14, 17 dan 19. Khusus untuk yang 8, 10, 12 dan 14, sediakan dua buah agar dapat digunakan secara ‘kontra’ seperti saat membuka as roda.

2. Obeng


obeng atau screwdriver merupakan hand Tools yang mempunyai dua jenis bentuk yang kerap disebut obeng kembang dan obeng min/minus. Keduannya sama-sama penting, walau pada praktiknya, obeng kembang lebih sering digunakan dibanding obeng min.

Untuk jenis obeng, tidak ada spesifikasi khusus. Namun yang pasti sesuaikan ukuran ‘kembang’ dengan baut yang ingin dibuka. Kalau ukuran ‘kembang’ terlalu kecil, bisa bikin baut rusak. Kalau terjadi seperti ini maka satu-satunya cara membuka baut yakni dengan cara diketrik yang akhirnya akan merusak baut sekaligus memakan waktu.beberapa merek obeng sudah dilengkapi dengan megnet di ujungnya. Tujuannya agar baut dapat ditempelkan pada obeng sebelum dipasang pada drat yang posisinya sulit terjangkau oleh tangan.

 

3. Tang


Hand tools ini berfungsi untuk membantu menjepit. Berbagai ukuran tersedia dan mudah di dapatkan di pasaran dengan harga yang relatif murah. Jika digunakan sesuai dengan fungsinya, perkakas ini akan tahan dalam jangka waktu yang sangat lama. Hanya saja kesalahan yang sering ditemukan, tang digunakan untuk memukul/mengetok lantaran malas mengambil palu. Akibatnya mulut tang menjadi goyang dan tidak mendekap erat lagi sebagaimana mestinya.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Plafon Triplek

Jenis tang sangat beragam pula di pasaran. Sebut saja tang kombinasi, tang lancip, tang buaya dan tang potong. Tiap jenis punya fungsi yang berbeda. Tapi khusus hand tools untuk keperluan dirumah, sediakan tang biasa ( tang kombinasi). Lain hal nya bila anda menggunakan Hand tools untuk keperluan bengkel, anda perlu melengkapi jenis tang yang berbeda beda karena fungsi tang tersebut berbeda beda. Salah satu contohnya adalah Tang Spi. Tang spi Memudahkan kita dalam membuka dan memasang spi. Kunci ini tersedia dalam dua jenis, ada yang khusus merapatkan spi dan ada yang khusus merenggangkan spi.

Selain itu, jangan lupakan juga aspek material bahan. Pilih tang dengan bahan yang anti karat. Sebab kalau tidak, lama-kelamaan gerak engsel tang akan keras atau malah tak bergerak sama sekali alias kaku karena berkarat.

4. Kunci Sok
kunci sok bisa di beli satu set dan bisa satuan. Sebaiknya jangan membeli yang berkualitas rendah, sebab mata/anak kunci sok cepat rusak. Lebih baik yang berkualitas baik dan bisa tahan lama serta mengurangi lecet pada saat membuka baut. kesalahan yang sering ditemukan dalam penggunaannya sama dengan tang, sering digunakan untuk mengetok/memukul lantaran malas mengambil perkakas yang tepat. untuk informasi kunci sok bisa klik DISINI ya.

5. Kunci Klep

Related image
Menggunakan kunci klep bisa mengurangi lecet pada tutup klep. Penggunaan kunci klep sangat terasa membantu saat kita membuka klep tutup. Ukuran nya yang tipis memudahkan kita saat membuka atau pun memasang tutup klep motor yang tutup klep nya dekat dengan karburator.

Baca Juga  Inspirasi Lemari Dapur Minimalis Untuk Hunian, Wajib Dicoba!

6.Kunci T

Image result for kunci t
hand tools ini tersedia dalam berbagai ukuran (8 mm sampai 19 mm)  dan relatif murah serta mudah di temukan di pasaran.

7.Kunci L
kunci L merupakan jenis hand tools yang lain yang tersedia dalam berbagai ukuran dan harga yang bervariasi. Kunci L ada dua tipe, kunci L biasa (hex key) dan kunci L bintang (star key). untuk kunci L, lebih baik membeli yang berualitas, apa lagi untuk jenis L bintang. Karena L bintang kualitas rendah sangat mudah rusak.

hex key set                                        star key set

Kunci L biasa (Hex Key)                           Kunci L bintang (star Key)

 

Dan yang terakhir QHOMEMART sampaikan Intinya adalah  jika senang utak-atik motor/mesin jangan gunakan hand tools yang berkualitas “ecek-ecek atau gampang rusak”. gunakanlah Hand tools  yg mempunyai material yg baik sehingga awet dan menjaga baut tetap bagus.

ingin hand tools berkualitas premium dengan harga spesial? klik disini !


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini