Kenali Pernis Kayu Lebih Dalam , Dari Manfaat dan Cara Memakainya

pernis kayu – proses finishing yang baik membuat potongan kayu ataupun furnitur dapat bertahan dalam jangka waktu lama, dengan cara melindungi permukaannya dari goresan, noda dan tentu mempercantik tampilan permukaan dari kayu. bagi anda yang ingin mengetui harga hingga cara mengaplikasikan pernis secara tepat.

membuat tampilan furnitur maupun perabotan kayu yang mengkilap serta berkilau merupakan cara yang tepat untuk tampilan perabotan terlihat lebih menarik. bagaimana cara membuat hal ini terjadi? bahkan dilakukan secara cepat. mungkin, terdengarannya seperti pekerjaan magician ya homeowners?

satu alasan itu dapat terjawab jika anda mengaplikasikan pernis kayu, membuatnya tampak menarik lewat tampilan yang mengkilap dapat anda tempuh memakai cara ini. namun, sebelum lebih jauh , ketahui dulu tentang pernis kayu lewat penjelasan berikut.

Apa Itu Pernis Kayu?

pernis kayu
via pinterest

pernis kayu merupakan bahan pelapis berwujud transparan yang mana pengaplikasiannya khusus hanya untuk material kayu. penggunaan ini terlihat dari efek yang ditimbulkan, yakni memiliki lapisan yang lebih berkilau serta mengkilap. didalamnya, terkandung rasio padatan yang tinggi, sehingga sangat baik untuk perlindungan jangka waktu lama.

Baca Juga  Harga Kitchen Set Minimalis untuk Rumah

bahannya memang khusus diperuntukkan untuk penggunaan agar kayu lebih memiliki efek glossy. perlu di ingat bahwa pernis tidak menghasilkan warna apapun, tentu karena sifatnya yang transparan. hal lain, penggunaannya cocok untuk beberapa bagian seperti area luar ruangan atau mungkin pada area pintu eksterior tentu menarik.

Manfaat

penggunaan memiliki beberapa manfaat ketika anda diaplikasikan pada media kayu. baik dari segi proteksi maupun estetika yang menarik. nah, berikut beberapa manfaatnya :

  • pernis dapat digunakan sebagai pelindung kayu dari suhu kelembapan
  • melindungi dari sinar ultraviolet alami
  • membuat efek yang mengkilap , sehingga membuatnya nampak baru
  • dapat menguatkan serat kayu

Pernis sebagai bahan finishing

setiap furniture maupun lantai dari bahan kayu, tentu beberapa masalah kerap menghantui di beberapa aspek, misal seperti kayu lapuk, efek panas, efek hujan bahkan hingga serangan serangga. membiarkan hal ini sama saja hanya akan menghitung waktu dari kemungkinan – kemungkinan kerusakan yang terjadi.

pernis sangat berguna untuk hal ini. secara umum, pernis memiliki tampilan berwarna transparan ketika diaplikasikan. disamping itu, ada juga beberapa jenis pernis yang memilki hasil akhir selain transaparan seperti berupa doff. untuk itu, penggunaan pernis dapat melindungi lapisan permukaan kayu untuk menghindari kerusakan.

anda bisa mempertimbangkan penggunaan pernis kayuu berbahan polyurethane karena menghasilkan lapisan yang tidak menguning, bening dan sangat kuat, terlebih untuk penggunaan area outdoor tipe pernis ini sangat lah cocok.

Baca Juga  Jangan Asal-Asalan! Begini Tips Memilih Cat Dinding Rumah Bagian Luar

Perbedaan dari plitur dan pernis kayu

nah, pertanyaan ini sering ditemui dengan melihat dari segi perbedaan maupun bahan, karena memang hampir mirip terhadap kedua produk ini. jadi pertanyaan adalah, adakah perbedaan diantara plitur kayu dan pernis kayu?

jawabannya ADA. ini karena, plitur kayu lebih digunakan untuk sebagai pelapis yang memiliki warna ketika diapliksikan. berbeda dengan pernis kayu, yang mana memang penggunaannya hanya terbatas sebagai lapisan tanpa memengaruhi warna pada hasil akhirnya. walau begitu, jika berbicara tujuan antara plitur dan pernis adalah SAMA, yakni sama-sama melindungi lapisan permukaan kayu maupun furniture.

Cara Pengaplikasian Pernis di Furniture

pernis kayu
via savorytimber.com

Pastikan permukaan bersih

hal ini penting supaya tidak ada kotoran ketika media yang diaplikasikan mendapat hasil secara maksimal. tentu, anda tidak ingin media tidak maksimal bukan, sangat bertolak belakang dengan tujuan awalnya.

Amplas sebelum pernis dipakai

bagian amplas merupakan bagian penting yang tidak boleh dilewatkan. ini membuat permukaan media pengaplikasian jadi lebih halus. bisa dibilang, amplas faktor penting penentu hasil akhir yang maksimal. jadi, usahakan sebaik mungkin pengamplasan dilakukan secara mertata dan halus, semua permukaan tanpa terkecuali.

Oleskan menggunakan sikat bulu alami

untuk hasil yang maksimal, penggunaan sikat bulu alami direkomendasikan. hal ini karena, sikat bulu dapat menempelkan cairan dari pernis secara sempurna ketika diaplikasikan. jangan lupa juga pastikan arah olesan dilakukan secara searah dan konsisten guna mendapat hasil terbaiknya.

Baca Juga  Desain Ruang Tamu Sederhana Untuk Hunian Anda

Biarkan kering selama beberapa jam

via thehomedepot.com

sebagai bagian dari proses pengeringan, pernis perlu dibiarkan kering supaya menempel dengan sempurna. paling tidak sekitar 4 hingga 5 jam supaya lebih maksimal.

Amplas untuk finishing

amplas kembali pernis untuk bagian finishingnya supaya lebih halus. namun, penggunaan amplas untuk bagian ini baiknya tidak terlalu ditekan. proses pengampasan bagian akhir ini hanya berguna untuk menghilangkan sisa – sisa kotoran yang menempel pada permukaan kayu

Biaya pernis kayu

setelah mengetahui manfaat serta cara pengaplikasian dari pernis kayu, apakah berniat untuk memakai pernis untuk furniture kayu anda? tentu, anda perlu tahu berapa harga dari bahan ini supaya dapat memperkirakan budget yang harus dikeluarkan.

tentu anda penasaran berapa harga yang dibutuhkan untuk sekali pengaplikasian? untuk itu, anda dapat perkirakan biaya dengan cek harga dari pernis kayu  DISINI, konsultasi gratis dengan kami – klik link tautan whatsapp dibawah


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini