Tips & Trick

Membangun Perpustakaan Mini Di Rumah , Ini Desain dan Biayanya!

Perpustakaan mini di rumah menampilkan buku – buku favorit jadi lebih elegan, ini juga jadi cara tepat menjaga buku – buku anda tetap baik. Beberapa pertimbangan perlu dipikirkan, salah satunya dari segi biaya hingga tampilan atau desain perpustakaan kadang jadi faktor yang krusial apalagi bagi anda yang beru pertama kali ingin mewujudkan perpustakaan. Berikut ini panduan pembuatan perpustakaan mini untuk anda.

Meskipun saat ini kita hidup di era digital (revolusi digital), peran buku tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Tidak ada teknologi satu pun yang menghadirkan experience (pengalaman) yang sama dengan peran buku.

Sebagaimana jaman saat ini, era digital memang membuat segalanya lebih mudah. Seperti anda mengakses sebuah buku, itu dapat ditemukan dalam bentuk digital, bahkan anda bisa membelinya dengan versi PDF jika ingin lebih simpel (tidak perlu ada barang pengiriman dan lain-lain)

Desain Perpustakaan Mini di Rumah

Ketika berkunjung di perpustaakaan umum atau universitas, sering kali area tersebut lebih luas juga penuh kemegahan. Namun, perpustakaan mini di rumah dapat membawa anda lebih “intim” dari kelihatannya.

Ruangan ini bisa saja formal dan elegan ataupun anda set dengan corak warna warni juga titik fokus yang bergaya layaknya perapian, area duduk serta menjaga hal yang menarik pada rak

Baca Juga  Cara Membersihkan AC di Rumah

Lihat desain perpustakaan mini di rumah yang dirancang dengan baik berikut ini:

1) Perpustakaan di kamar

perpustakaan mini di kamar
membangun perpustakaan mini di rumah via: pinterest

Membaca memang tidak mengenal waktu, apalagi ketika anda tidak memiliki banyak waktu seharian.

Membaca sebelum tidur memang waktu yang tepat, apalagi dengan suasananya yang mendukung (tenang dan nyaman). Membuat perpustakaan mini disini tentu ide yang bagus.

Jika tidak ingin terganggu, ada baiknya tempatkan rak penyimpanan diujung tempat tidur. Meskipun akses lebih jauh, namun area ini kerap kali punya space yang sedikit lebih besar

2) Perpustakaan rumah vertikal

perpustakaan rumah vertikal
via: homeedit

Mengumpulkan arsip dirumah bisa diaplikasikan untuk inspirasi rentetan buku favorit atau sastra anda sendiri. Memakai rak salah caranya.

Jika anda menginginkan efek yang lebih lebar, pemakaian rak ramping seperti diatas solusinya. Penempatan dilakukan dengan memisah antara satu dengan lain, jadi tidak ditempatkan pada satu sudut ruangan saja.

3) Perpustakaan mini di rumah

Memiliki perpustakaan mini di rumah tidak hanya menunjang untuk anda yang hobi membaca atau penyimpanan buku saja, ini dapat dimanfaatkan pula untuk area interior rumah yang estetik.

Jika anda tidak memiliki banyak opsi, kenapa tidak pakai saja sudut – sudut dinding disamping pintu? Memaksimalkan ruangan perlu dilakukan apalagi jika ukuran ruangan yang sedikit kecil.

Biaya Membangun Perpustakaan Mini

perpustakaan mini di rumah
via: pinterest

Tertarik membangun perpustakaan mini anda sendiri? nah, segi biaya tentu saja faktor penting yang perlu anda perhatikan (selain dari faktor tempat). Terdapat dua pilihan untuk pembiayaan perpustakaan mini sendiri:

Baca Juga  5 Perbedaan Oven dan Microwave Yang Paling Utama

1. Menggunakan Rak Jadi

Pilihan pertama adalah dengan membeli sebuah rak. Anda tinggal memilih rak yang sudah jadi dengan mempertimbangkan desain , warna serta bagaimana ukuran tersebut apakah selaras dengan kesan yang ingin anda bangun pada perpustakaan

Misalnya untuk rak buku 7 susun, itu berkisar pada harga 200 ribuan (sumber dari marketplace). Tentu, masih banyak pilihan harga rak yang juga dengan desain yang berbeda pula untuk pembuatan perpustakaan mini di rumah.

2. Buat Rak Secara Custom

Kelebihan custom ialah bagaimana rak dapat dibuat dengan menyesuaikan ruangan secara sempurna. Namun memang, anda tidak serta merta mendapatkan rak langsung seperti anda membeli jadi.

Untuk harga sendiri, membuat rak secara custom tidak memiliki harga yang pasti. Namun, hal tersebut dapat diperkirakan akan jatuh pada harga berapa. Misal, membuat rak buku memerlukan beberapa bahan seperti kayu lapis/tripleks, besi, lem kayu hingga paku. Perkiraan dapat diketahui dengan mengetahui berapa banyak bahan yang dipakai.

Kalau anda mencari rak buku untuk perpustakaan mini di rumah, qhomemart memiliki banyak pilihan untuk menghadirkan desain sesuai keinginain. Cek harganya DISINI, konsultasikan dengan klik link tautan whatsapp dibawah.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini