Ciri Pintu Kayu Jati yang Berkualitas Baik

Pintu kayu jati merupakan salah satu pemilihan komponen yang penting dalam sebuah rumah. Apa jadinya jika rumah kita tidak memiliki pintu? Tentu akan banyak hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi sewaktu-waktu, seperti binatang liar yang masuk rumah atau yang paling buruk ada pencurian.

Perlu diketahui bahwa pintu menjadi interior rumah yang riskan terhadap kerusakan. Ini karena lalu lalang membuka dan menutup pintu sangat sering dilakukan. Tak heran jika daun pintu akan lebih mudah rusak. Bagian engsel pintu pun juga sering mengalami masalah.

Ada beberapa jenis pintu yang dijual di pasaran, salah satunya yang paling diminati adalah pintu kusen jati. Pintu dari jati memang dikenal awet dan tahan lama. Dibanding bambu atau jenis kayu biasa, kayu jati bersifat anti rayap. Sehingga pintu dengan material kayu jati biasanya dapat bertahan hingga puluhan tahun.

pintu kayu jati

3 Ciri-Ciri Pintu Kayu Jati yang Berkualitas Baik

Namun saat ini, pintu kayu jati dengan kualitas yang baik sulit untuk ditemukan. Masyarakat hanya tergiur dengan harga pintu kusen jati yang murah, tanpa mempertimbangkan kualitas materialnya. Jika Anda sedang berburu bahan kusen kayu jati, sebaiknya perhatikan ciri-ciri kayu jati yang berkualitas baik berikut ini:

  1. Hindari Material yang Memiliki Cocoh

Cocoh adalah lubang-lubang kecil yang umum ditemukan pada kayu jati. Biasanya cocoh terdapat pada kayu jati yang memiliki kualitas buruk karena mudah dilubangi oleh serangga-serangga kecil. Adanya cocoh tersebut juga mengindisikan kayu mudah mengeluarkan bubuk kayu kedepannya.

  1. Pilih Kayu Jati Tua

Kayu jati tua lebih awet dan tahan lama, sehingga jangan ragu-ragu untuk menanyakan umur kayu jati yang digunakan. Sulitnya menemukan kayu jati tua membuat vendor asal-asalan menggunakan kayu jati yang masih muda, Biasanya jika dijual dengan harga murah, maka bisa dipastikan pintu tersebut menggunakan kayu jati muda. Kayu jati tua juga memiliki pori-pori yang lebih rapat.

  1. Finishing Produk yang Bagus

Untuk melihat finishing yang bagus atau tidak bisa dilihat dari pewarnaan kayu jati. Jika warnanya merata dengan sempurna, maka kayu jati tersebut memiliki pori-pori yang rapat. Untuk mengeceknya bisa dilakukan dengan meraba permukaan pintu. Pintu jati yang memiliki finishing bagus, maka permukaannya sangat halus.

Baca Juga  Inspirasi Kamar Mandi Minimalis

Nah, dari ulasan di atas, diharapkan konsumen tidak hanya tergiur dengan harga pintu jati yang murah saja, namun juga mempertimbangkan kualitas material kayu yang digunakan. Semoga bermanfaat.

Rate this post

Comments

comments

3 thoughts on “Ciri Pintu Kayu Jati yang Berkualitas Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Konsultasi Gratis Disini