Memilih Bahan Pipa Paralon Yang Tepat Sesuai Pengaplikasian Anda

Pipa paralon – menangani proyek rumahan atau pembangunan perkantoran memerlukan perencaan dari segi penggunaan pipa. baik untuk rumah anda sendiri ataupun menangani sebuah proyek bangunan, anda harus mulai berbelanja pipa dan tentu perlu tahu jenis pipa yang akan digunakan.

sarana air amat penting pada sebuah bangunan, hal ini merupakan tempat elemen penting untuk beberapa area , seperti kamar mandi, kolam ikan, maupun beberapa lainnya.

tentu, sebuah bangunan perlu media penghubung untuk jalur air didalamnya. sebab itu, penggunaan pipa paralon perlu direncanakan matang-matang sebelum mulai diaplikasikan.

untuk itu, berikut beberapa tipe paralaon yang sesuai dengan fungsi penggunaan yang tepat

Pipa Paralon PVC

Pipa Paralon PVC
via

sampai dengan artikel ini dibuat, pipa paralon PVC masih jadi tipe paralon yang paling umum digunakan, terlebih untuk sektor rumah tangga maupun sejenisnya.

PVC (atau kepanjangan dari polivinil klorida) merupakan pipa berwarna putih yang biasa digunakan dalam pengaplikasian pipa ledeng. mengingat harga yang terjangkau dan kemampuan yang serbaguna ditambah lagi ukuran tersedia sangat lengkap.

Baca Juga  Tips Menata Perabot Di Ruang Keluarga Sesuai Dengan Aktivitas Anggota Keluarga

Kelebihan PVC

beberapa kelebihan dari pvc diantaranya :

  • Ketahanan terhadap karat atau korosi
  • mudah disesuaikan dengan bentuk kamar mandi maupun area lain
  • mudah dipotong
  • tersedia dalam berbagai ukuran
  • harga yang lebih terjangkau
  • mudah didapat
  • cukup kuat mempertahankan bentuk aslinya (tidak membungkuk)

Kelemahan dari PVC

paralon pvc kurang baik jika digunakan untuk pengaplikasian air panas. karena, fisik dari pvc dapat melengkung ketika air panas dialirkan, apalagi dengan suhu panas yang tinggi

hal ini sekaligus menjawab bahwa pvc tidak cocok digunakan untuk menyalurkan air ke wastafel maupun tipe peralatan mandi yang memiliki konversi ke suhu panas. walau begitu, jika wastafel, bak ataupun peralatan lain hanya menggunakan air tipe suhu biasa, tentu hal tersebut bukanlah masalah.

Penggunaan PVC Untuk Bagian Rumah

  • saluran pembuangan sink
  • saluran pembuangan toilet
  • saluran pembuangan bak mandi
  • ventilasi
  • saluran air utama menuju rumah

Pipa Tipe CPVC

Pipa Tipe CPVC
via homedepot.com

mudahnya, CPVC masih dalam satu keluarga paralon PVC. hanya bedanya, CPVC punya atau memiliki klorin ekstra yang ditambahkkan pada tipe paralon ini.

tentu saja, semua kelebihan dari PVC tentu termasuk dalam CPVC. walau begitu, CPVC tentu memiliki harga yang sedikit lebih tinggi jika dibanding tipe paralon PVC.

Bisa digunakan untuk air minum

istimewanya dari cpvc ialah bahannya memungkinkan untuk dapat digunakan dan aman untuk tipe air yang siap minum. hal ini karena tipe CPVC tidak akan terdegradasi oleh paparan sinar matahari

Baca Juga  7 Desain Dapur Kecil Yang Hemat Budget

Penggunaan CPVC Untuk Bagian Rumah

  • saluran khusus air panas
  • salurah khusus air siap minum
  • limbah dan pipa pembuangan air

Pipa Tipe Galvanis

pipa paralon galvanis
via pipelinedubai.com

pipa paralon galvanis merupakan tipe pipa yang terbuat dari baja ataupun besi dengan lapisan seng untuk mencegah terjadinya karat dan korosi. bahan yang kuat memungkinkan bertahan dalam jangka waktu lama.

ketika terinjak ataupun beberapa kemungkinan kerusakan lain, pipa ini dapat bertahan tanpa kerusakan yang berarti. akan berbeda untuk tipe lain, bisa saja bocor ataupun pecah jika dalam kondisi yang sama.

Penggunaan Galvanis Untuk Bagian Rumah

  • saluran air utama menuju rumah
  • saluran air untuk area luar diatas tanah
  • penggunaan untuk saluran air bawah tanah

Pipa Tipe Kuningan

pipa paralon kuningan
via livinghouse.co.uk

bahan yang baik dari tipe pipa paralon kuningan, memungkinkan untuk tahan terhadap korosi ataupun kerusakan yang diakibatkan dari air panas. tipe kuningan memungkinkan untuk mendapat segel dari paralon yang lebih ketat.

melansir dari facility management , tipe pipa paralon kuningan juga memungkinkan sebagai saluran untuk air siap minum. walau begitu, perlu diingat untuk memilih tipe paralon kuningan yang bebas dari material timah.

hal lain, tampilan dari tipe pipa ini sangat cocok untuk mendokrak tampilan lebih menarik. warna kuning memberikan kesan yang elegan pada pengaplikasiannya.

Penggunaan Pipa Kuningan Untuk Bagian Rumah

  • saluran air yang baik
  • jalur saluran untuk jenis gas
Baca Juga  Ini 6 Jenis Kursi Kerja Di Rumah Yang Wajib Anda Miliki!

Pipa paralon tipe PEX

pipa paralon pex
via supplyht.com

karakteristik dari pipa paralon pex terlihat dari alat kompresinya yang saling terhubung. tipe paralon ini dapat disisipi ke dalam pipa yang ada, tentu pilihan yang bagus untuk penambahan.

bisa dibilang, pipa pex jadi inovasi yang besar untuk industri pipa rumahan. tipe pipa paralon dapat menyesuaikan tipe paralon sesuai dengan kondisi rumah, baik itu membungkuk atau melalui sela – sela atau sudut rumah ketika diperlukan.

tipe pipa PEX dapt bertahan lebih baik dalam kondisi beku jika dibanding CPVC, karena CPVC dapat berkembang dan berkontraksi

Penggunaan Pipa PEX Untuk Bagian Rumah

  • penggunaan untuk area berventilasi rendah
  • retrofitting pada rumah tua

nah, seperti yang anda lihat. pemilihan pipa tidak selalu mudah bukan? terdapat beberapa preferensi khusus yang perlu diperhatikan sebelum mulai mengalikasikan pipa, tentu saja untuk memastikan pemakaian pipa yang dipilih cocok.

Ketahui pembelian pipa paralon terbaik dan harga pipa paralon yang anda butuhkan dapat DISINI , konsultasi GRATIS dengan kami dengan klik tautan whatsapp.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini