DekorasiTips & Trick

Plafon PVC : Harga, Cara Pasang Hingga Hitung Biaya Terbaru 2024

Harga plafon pvc putih polos Rp12.000, harga plafon pvc motif kayu doff Rp54,900. Lihat harga plafon PVC terbaru berbagai merk beserta hitung biaya pemasangan di 2024

penggunaan plafon sendiri banyak dilakukan atau diaplikasikan pada interior rumah guna membuat tampilannya lebih rapi dan menarik. jenis dari plafon sendiri punya banyak jenisnya, salah satu nya adalah jenis plafon pvc.

plafon (ceiling) merupakan salah satu bagian pada konstruksi sebuah bangunan yang digunakan sebagai penutup interior pada ruangan. ini juga istilah yang digunakan untuk menyebut langit – langit pada rumah.

Ada banyak jenis plafon, salah satunya pvc. Bahan ini menjadi populer dalam waktu dulu hingga kini. Ada sebab kenapa pvc masih jadi pilihan utama hingga sekarang.

Apa Itu Plafon PVC?

plafon pvc
via allpanels.co.uk

plafon pvc merupakan polimer plastik sintetis yang sering digunakan untuk pembuatan material pipa. dengan berkembangnya jaman, bahan ini mulai menjangkit area konstruksi lain, salah satunya bagian plafon.

jenis ini sering digunakan sebagai panel langit – langit bangunan perumahan maupun komersial. terbuat dari bahan plastik ringan yang kuat, jenis ini juga sering diproduksi dalam berbagai desain, ukuran hingga warna yang dipakai.

tentu, ini jadi hal yang menarik untuk digunakan supaya interior lebih beragam.

tiap panel dari pvc memiliki rongga dan permukaan yang cederung halus. panel pada pvc cenderung tahan air, sehingga bisa menjadi alternatif untuk jenis plafon atau langit – langit serta mineral seperti POP dan gipsum.

nah, tertarik untuk membeli? tahan dulu, beberapa hal lain perlu anda ketahui guna dapat anda compare apakah jenis pvc memang tepat dan sesuai digunakan untuk kebutuhan dan hunian anda?

Baca Juga  Dekorasi Rumah Kecil yang Simple

Manfaat

Banyak sekali manfaat dan keunggulan yang bisa didapatkan dari penggunaan plafon ini , diantaranya adalah :

  1. melindungi jalur listrik pada area bangunan
  2. memberikan kesan yang indah serta rapi dengan berbagai model plafon
  3. membantu melindungi area dalam ketika terkena percikan air hujan
  4. peran dalam menyeimbangkan suhu panas atau dingin pada area dalam ruangan
  5. sebagai penutup rangka atap
  6. dapat menahan debu atau kotoran yang berasal dari genteng rumah.

Nah, jenis dari plafon sendiri punya beberapa jenis yang dibagi jadi bermacam – macam, salah satu nya merupakan PVC (polyvinyl chloride). plafon pvc jadi salah satu jenis plafon yang sering digunakan untuk pengaplikasian pada hunian rumah.

namun, apakah menggunakan plafon pvc merupakan langkat tepat? ketahui lebih dalam tentang plafon jenis pvc disini

Kelebihan Plafon Jenis PVC

1) Tingkat ketahanan yang lama

jenis pvc jadi salah satu jenis plafon yang kokoh dan cocok untuk digunakan dalam jangka waktu lama. bahkan, pvc dapat bertahan hingga bertahun – tahun tanpa fisiknya membungkuk (warping).

untuk point ketahanan, hal ini tentu lebih baik jika dibanding dengan jenis plafon gypsum ataupun POP. pvc jadi jenis yang tidak rapuh ketika diaplikasiakan pada plafon rumah.

2) Instalasi mudah

dari sisi instalasi, jenis plafon pvc lebih mudah ketika dipasang pada sebagai penutup konstruksi. ini karena panel dapat dipotong lebih mudah tanpa kesulitan berarti.

permukaan dari pvc juga tidak menciptakan area yang berdebu selama proses pemasangan. tentu ini memudahkan selama proses penginstalasiannya.

3) Harga yang terjangkau

dari segi harga pun, jenis pvc punya harga yang relatif lebih terjangkau. anggaran budget tentu dapat ditekan lebih baik. perkiraan plafon pvc ada pada harga Rp 30 ribu sampai 50 ribu perlembarnya.

tentu saja ini ialah harga perkiraan, mungkin harganya berbeda di tempat anda.

4) Cenderung ringan

bahan pvc lebih ringan dibanding dengan bahan plafon lain, ini jadi salah satu kelebihan yang mana tidak terlalu membebani konstruksi bangunan.

selain itu, tidak dari segi pengaplikasian tentu lebih membantu karena beban yang ringan ketika dipindah ke lokasi lain. menginvestasikan atap dengan menggunakan jenis pvc bisa jadi pilihan yang tepat.

Baca Juga  Persiapan Memasang Plafon Rumah Minimalis Dan 6 Desain Terbaiknya

5) Perawatan lebih simpel

lebih mudah dari segi perawatan, anda tidak memerlukan cat ataupun lapisan khusus lain untuk pemeliharaannya. cukup dengan lap memakai kain basah dapat menjaganya dalam kondisi yang baik dan tetap terlihat menarik.

Pilihan Lis PVC

ada berbagai pilihan lis plafon pvc ketika anda memutuskan memakai jenis ini, tentu saja ini memberi pilihan lebih baik daripada jenis plafon yang lain.

setidaknya, ada 5 jenis lis untuk pvc yakni :

  • lis tepian pvc , seperti namanya, jenis ini digunakan untuk area tepian, jadi akan sering bersinggungan dengan area dinding ataupun tembok.
  • lis sambungan plafon , ini berfungsi untuk kondisi plafon yang nanggung atau kurang sedikit pemasangannya
  • lis untuk siku , dibutuhkan ketika berhadapan dengan desain plafon siku
  • lis bermotif kayu , ada banyak pilihan motif kayu, membuat interior dapat lebih sesuai preferensi
  • lis yang simpel dan minimalis , walaupun nampak sederhana , ini sangat membantu anda mendapatkan tampilan interior menarik

lis membuat plafon terlihat sempurna, tanpa menyisakan celah celah yang mengurangi nilai estetika. ini adalah cara terbaik untuk anda pakai untuk mendapatkan kesan yang indah dan rapi.

Harga Plafon PVC

Harga plafon tergantung dari merk dan berapa ukuran yang anda beli (biasanya dihitung per meter persegi. Selain itu, harga berpengaruh dari desain plafon, apakah polosan atau bermotif.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar harga plafon terbaru 2024

SHUNDA PLAFON PVC motif kayu doff25*400 cmRp54,900
PLAFON PVC 4HM-F25914250x3000MMRp182,400
Plafon PVC doff laminate3m x 3mRp35.000
Plafon Pvc Putih Polos Glossy Hoda3 x  2 mtrRp12.000
PLAFON PVC WOOD 14 DOFF ( BRINGHOME )3/4/5 x 2 meterRp15.000
plafon pvc putih doff8mm 20cmRp13.000
Plafon pvc motif kayuRp14.000
Note : harga dapat berubah sewaktu-waktu

Biaya Pemasangan

Biaya pemasangan plafon sendiri cukup beragam di masing-masing daerah. Hal ini karena upah tukang pasang yang juga berbeda.

Plafon PVC umumnya memiliki biaya pemasangan rata-rata berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 350.000 per meter persegi. Harga ini mungkin mendekati di daerah anda.

Baca Juga  8 Tips Mencari Kontrakan Murah Supaya Irit Budget

Untuk menghitung plafon tanpa biaya pemasangan, berikut contohnya

Untuk luas ruangan 20m x 10m= 200 m2 dengan panjang plafon 3 m

maka dibutuhkan:

Luas : 20m x 10m= 200 m2

Hitung kebutuha plafon: 200 m2 : (3 m x 3,33 m) = 22 lembar

total harga adalah 3 x 22 x Rp 35 ribu= Rp 2.310.000. (biaya total tanpa biaya pasang)

Tren Model PVC Terkini

beberapa jenis model langit – langit pvc banyak sekali jenisnya, dari warna yang digunakan, bentuk gelombang permukaan bahkan hingga besaran ukuran plafon pada satu jenisnya.

berikut beberapa referensi model yang bisa anda jadikan pertimbangan :

1) Warna – warni model pvc

Warna - warni model pvc
via tradeindia.com

produsen pvc terkadang menambah beberapa varian warna supaya memberikan ragam variasi pada pengunaannya.

ini dikarenakan, bentuk standar lah yang banyak diproduksi, seperti warna grey (mengkilap) merupakan warna standar dari pvc.

warna yang berbagai jenis tentu dapat memberikan kesan tersendiri pada bangunan, baik perkantoran hingga pada hunian individu.

ini akan menambah nilai artistik terlebih untuk area bagian luar.

2) Model pvc motif kayu

pvc motif kayu
via casa deluxe

bukan hanya segi lantai, model langit langit pvc juga jadi hal menarik untuk diaplikasikan menggunakan motif kayu.

bentuk khasnya memberikan kesan yang klasik namun dengan masih mempertahankan sisi modernnya.

umumnya juga lebih mengkilap dan bersih, karena ini sifat dari pvc. terlebih lagi jika anda menggunakan lampu dengan watt yang lebih tinggi, tingkat keterangan dapat lebih memberikan efek mengkilap pada plafon.

3) Langit – langit pvc minimalis

Langit - langit pvc minimalis
via enviroclad.com

walau punya bentuk yang sederhana, namun tampilan dari interior dapat lebih baik menggunakan jenis langit – langit pvc yang standar.

seperti pada gambar diatas, lihat bagaimana kesan minimalis amat melekat dari menggunakan pvc.

model plafon pvc minimalis satu ini sangat baik dipakai untuk area interior rumah, apalagi didukung dengan warnanya yang putih.

terpenting, menjaga kebersihan dari langit – langit pvc akan membuat tampilannya tampil selalu baru. menarik, ya?

4) Motif awan pvc

plafon pvc motif awan

anda juga bisa menggunakan plafon pvc motif awan. itu salah satu hal terbaik yang bisa anda pakai didalam ruangan.

bagaimana ruangan interior dapat lebih indah, dengan balutan motif awan, tanpa anda harus menggunakan plafon kaca untuk menembus area luar.

anda bisa melapisi plafon pvc menggunakan custom 3D wallpaper yang biasa dipakai untuk dinding. sudah banyak penghuni rumah memakai cara ini, tentu selain cepat dan simpel dilakukan.

pada cara lain, anda bisa memakai teknik cat untuk membentuk motif awan di plafon. memang dibutuhkan keterampilan artistik disini, mungkin anda memerlukan bantuan seniman?

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini