DekorasiShop

5 Pilihan Bahan Plafon Tahan Air Terpopuler Untuk Rumah

Bermasalah dengan air di area plafon? Gunakan kelima bahan plafon tahan air ini untuk bangunan. Tinggalkan masalah bocor selamanya.

Plafon sendiri dipasang pada bagian tengah tengah antara bagian ruangan dengan atap.

Plafon menutupi area ruangan sehingga lebih rapi tanpa area atap yang kelihatan kosong.

Satu permasalahan yang kerap hadir oleh penghuni rumah, terlebih ketika kondisi hujan ialah masalah bocornya plafon. Masalah ini mengganggu, bahkan akan sangat ketika tidak terus anda perbaiki sekarang juga.

Kalau anda berencana merenovasi atau bahkan rumah baru yang ingin diaplikasikan plafon, kelima bahan berikut wajib anda pertimbangkan.

plafon tahan air
Via: unsplash.com

1. Plafon Eternit

Mungkin anda pernah mendengar yang satu ini? Ya, plafon eternit termasuk dalam salah satu jenis plafon tahan air.

Jenis ini salah satu yang populer penggunaannya jika kita bisa kembali ke jaman awal 2000-an, yang mana eternit memiliki primadona sebagai plafon.

Eternit menawarkan berbagai kelebihan lain (tentu selain plafon tahan air) seperti: kondisi ragam cuaca hingga panas api.

Meskipun begitu, bahan ini mulai ditinggalkan semenjak beberapa tahun karena berbagai material plafon yang muncul dengan fitur lebih mumpuni. Namun, pemakaiannya masih bisa jumpai bahkan masih banyak toko yang menjual plafon plafon asbes secara umum.

Baca Juga  Toko Kloset di Solo Termurah 2024 di QHomeMart

2. Plafon GRC (Glass Fiber Reinforced Concrete)

GRC menjadi tipe plafon tahan air selanjutnya. Jenis ini dibentuk dari material beton komposit yang dicampur dengan serat kaca guna memperkuat berbagai aspek, salah satunya dari segi ketahanan terhadap air.

Campuran material membuatnya lebih powerfull sebagai plafon, selain dari ketahanan terhadap air juga ketahanan terhadap berbagai cuaca hingga bahan yang tidak mudah terbakar.

plafon minimalis

3. Plafon PVC

Plafon tahan air selanjutnya datang dari PVC, plafon yang sangat baik dalam menahan air tembus ke area plafon itu sendiri. Mungkin anda sudah familiar dengan bahan ini?

Kalau belum tahu, PVC atau polyvinyl chloride sendiri adalah jenis plastik dengan struktur yang kuat, yang juga dipakai dalam pembuatan berbagai produk seperti salah satunya pipa pvc.

Seperti produk dari plastik pada umumnya, tentu saja produk plafon pvc sendiri dapat bertahan terhadap air karena dibuat menggunakan bahan plastik.

Selain itu, beberapa keuntungan yang anda dapatkan seperti perawatan minim, tingkat fleksibilitas tinggi serta bobot yang ringan (tidak membebani konstruksi).

Untuk mengetahui lebih dalam tentang bagaimana bahan PVC itu dan karakternya, anda dapat menyimak artikel Kenali Dulu Plafon PVC Sebelum dipakai Pada Atap Rumah.

4. Plafon Kalsiboard

Plafon tahan air dari kalsiboard mampu menghadirkan performa yang sangat baik untuk ketahanan terhadap air. Ini karena salah satu fitur istimewa, yang mampu menahan air lebih baik.

Baca Juga  4 Perbedaan Rice Cooker dan Magic Com Yang Wajib Diketahui

Hal ini karena, campuran materialnya ialah kalsium, yang mana merupakan jenis mineral yang sangat sulit larut pada kondisi berair.

Disamping itu, tidak sulit menemukan plafon tahan air jenis ini karena masih lumrah digunakan di indonesia serta harganya yang cukup terjangkau.

5. Plafon Gypsum

plafon gypsum

Plafon tahan air tipe gypsum tahan air? Well, meskipun dulu gypsum memang material yang tidak tahan dengan kelembapan.

Namun inovasi kini dihasilkan membuat gypsum dapat menjadi plafon tahan air. Kini material material baru ditambahkan seperti salah satunya silikon.

Hal ini membuat produk gypsum untuk plafon menjadi tahan terhadap air. Sekedar diketahui, gypsum memang material yang cocok untuk plafon.

Material ini menawarkan berbagai keuntungan daripada jenis lain seperti harga yang terjangkau, banyak pilihan warna, desain menarik serta hasil finish yang sangat baik.

Temukan harga plafon anti air termurah hanya di supermarket bangunan qhomemart. Kunjungi kami di jalan raya janti no 96 yogyakarta atau whatsapp 0811 2863 773 sekarang juga.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini