DekorasiTips & Trick

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Triplek

sedang ragu-ragu ingin memakai plafon triplek untuk rumah ? ada banyak jenis plafon yang bisa anda pilih, pertimbangan tentu saja sangat penting karena ini pakai pada hunian anda. tidak hanya tampilan, tapi dari berbagai sudut pandang kelebihan dan kekurangan. berikut ini kami jelaskan kelebihan dan kekurangannya demi menjawab keraguan anda, simak sampai habis ya!

Kelebihan

kuat dan durabilitas tinggi

secara umum triplek sudah ter underestimate atau dalam kata lain diremehkan dari sisi kekuatan, mungkin ini dianggap sebagai orang hanya tumpukan lapisan kayu yang tipis.

padahal, ini lebih dari yang dipikirkan banyak orang. produsen banyak memilih veneer kayu baik dari kayu keras maupun lunak, serpihan kayu diatur dalam tata letak yang baik kemudian mengikatnya bersamaan dengan lem.

baru kemudian, lapisan tersebut di press menggunakan mesin hot press. proses ikatan ini membantu triplek jadi lembaran yang kuat dan tahan lama, juga cukup bagus untuk menahan benturan.

sifat tersebut membuatnya sangat ideal untuk dipakai pada plafon triplek.

plafon triplek
via: pinterest

penggunaan fleksibel

bahan triplek cukup fleksibel untuk dibentuk dengan beberapa perubahan, ini karena triplek yang dapat dibuat permukaan yang melengkung.

Baca Juga  Beda Plester dan Aci Yang Wajib Anda Tahu!

sangat berbeda dengan kayu solid yang sulit melakukan itu, mungkin ujungnya akan kasar dan tidak rata. anda tidak akan memilki masalah yang sama jika memakai triplek, itu memang dibuat untuk permukaan melengkung dengan mudah.

kedap suara

plafon triplek punya karakter untuk melembutkan suara berisik, langit langit yang menerapkan bahan tersebut tentu saja membuahkan ruangan yang kedap suara.

ini membuatnya jadi pilihan yang ideal untuk kantor, ruang recording musik hingga ruang pertunjukkan. jika ingin lebih bagus, anda dapat menggunakan panel panel khusus untuk area plafon.

ringan

menggunakan plafon triplek lebih ringan daripada kayu kayu solid lainnya. dalam arti sebenarnya, ini tidak begitu membebani konstruksi bangunan rumah, sehingga konstuksri rumah tidak terganggu oleh hal tersebut.

anda tidak perlu menggunakan instalasi tambahan untuk mengaplikasikan triplek pada plafon

terjangkau dan hemat biaya

memakai triplek tidak akan menghabiskan banyak biaya “sebanyak” material lain. ini juga sangat baik untuk project – project besar karena dapat menghemat biaya.

karena triplek termasuk bahan yang kuat dan tahan lama, anda tidak perlu khawatir akan biaya perawatan. jika pun beberapa terdapat kerusakan, itu tidak begitu mahal untuk menggantinya.

menarik secara visual

plafon dari triplek
via: pinterest kr

banyak orang memilih material kayu karena cantik secara sisi visual, tingkat ketertarikan mata manusia terhadap kesan alam sangat tinggi, ini membuatnya plafon triplek jadi pilihan yang ideal.

Baca Juga  Memilih Water Heater yang Aman dan Nyaman

anda dapat menggunakan tambahan stensil untuk membuatnya lebih baik, mengecat ulang sebanyak yang anda inginkan, mempertahankan tampilan tetap alami.

hal tersebut juga didukung dari permukaan dan tekstur alami dari pemakaian plafon kayu tentu saja membawa kesan alami yang bagus , apalagi untuk area interior rumah.

dapat digunakan secara berkelanjutan dan ramah lingkungan

beberapa orang mungkin saja beramsumsi bahwa plafon triplek dibuat dengan menghabiskan banyak sumber daya alam dan mungkin saja meninggalkan jejak karbon yang tinggi.

hal tersebut mungkin terjadi dahulu, tapi kondisinya saat ini jauh lebih baik. produsen mulai patuh, triplek mulai banyak dibuat dari hutan hutan tanaman yang ditanam secara berkelanjutan.

banyak juga produsen yang membuat tripek dibuat tanpa formaldehida, hal tersebut tentu saja mengurangi masalah kesehatan yang melibatkan kayu lapis (triplek).

Kekurangan

plafon triplek minimalis
via: pinterest

mudah rusak jika terkena air

walaupun digunakan pada interior, terkadang hujan yang deras menembus atap rumah. rembesan air dapat menimbulkan kerusakan pada plafon triplek.

jika tidak ada rembesan, tentu itu bukan lah masalah untuk hal tersebut. jadi, sebisa mungkin kontrol atap rumah setiap beberapa minggu agar siap pada berbagai kondisi cuaca

disisi lain, pertimbangkan juga bentuk atap rumah yang cocok untuk hunian, kami sudah membahasnya dalam artikel Model Atap Rumah Minimalis Modern Terbaru

bahan mudah terbakar

adalah wajar jika triplek mudah terbakar, itu karena bahan ini dibuat dari berbagai lapisan kayu kering.

Baca Juga  9+ Cara Menghilangkan Jamur Di Lemari

tentu anda tahu bahwa semua kayu alami ialah bahan yang mudah terbakar. jadi, sebisa mungkin untuk tidak bermain api didalam rumah. gunakan fasilitas penyelamat untuk sisi safety.

tidak cocok untuk eksterior

karena tidak tahan terhadap rembesan air, apalagi jika dipakai kalau untuk eksterior rumah. resiko cuaca buruk seperti hujan dan badai tentu mengancam hal itu. lebih baik gunakan plafon triplek area interior saja

Cara merawat

ada beberapa cara mudah untuk merawat plafon triplek, pastinya ini dapat berguna untuk pemakaian jangka panjang :

  • berikan lapisan finishing yang tepat, anda bisa mengcatnya kembali
  • jaga agar ruangan tidak lembab
  • jaga kebersihan setiap berapa bulan sekai

simpel bukan? itu tadi informasi kelebihan dan kekurangan plafon triplek, semoga bermanfaat ya! belanja bahan bangunan secara online lebih mudah melalui whatsapp kami 08112863773 (chat only)

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini