Tips & Trick

Mengenal Plitur Kayu , Dari Cara Menggunakan Sampai Perkiraan Hasilnya

Plitur kayu – sedang mencari cara supaya material kayu tampil lebih cantik? mungkin anda perlu menggunakan teknik plitur untuk pengaplikasiannya. seperti apa ya caranya?

tidak bisa dihitung berapa banyak material kayu pada hunian. dapat kah anda menghitung seluruhnya? banyak sekali material kayu yang digunakan, mulai dari kursi untuk taman bahkan hingga sampai pada hiasan dinding. tentu, banyak sekali wujudnnya bukan.

setelah penggunaan lama, material kayu biasanya terlihat lebih usang. dari segi tampilan bahkan hingga tingkat ketahanannya. nah, disinilah plitur kayu memainkan perannya.

Apa itu plitur kayu?

mungkin anda hanya pernah mendengar plitur kayu, namun tidak begitu tahu fungsi spesifiknya untuk apa. nah, ayo simak penjelasan dibawah ini.

plitur kayu adalah pewarna cat yang digunakan sebagai bahan untuk penyelesaian tahap akhir (finishing) dengan warna transparan. pewarna tapi transparan? maksudnya adalah walaupun transaparan, plitur punya warna tergantung dari tingkat oker (tanah lunak yang mengalami oksidasi) didalamnya.

fungsi utama dari plitur kayu digunakan untuk meratakan permukaan kayu, terlebih jika permukaannya terdapat belang – belang.

anda juga bisa menggunakan plitur kayu untuk material – material yang berumur maupun usang, demi menjaga atau mengembalikan tampilannnya lebih cantik lagi.

Baca Juga  Kenali Pernis Kayu Lebih Dalam , Dari Manfaat dan Cara Memakainya

Manfaat plitur kayu

plitur kayu
via rumahlia.com

beberapa kelebihan didapat jika anda mengaplikasikan plitur pada hunian, terlebih untuk semua material berbahan kayu :

  • betguna untuk tipe kayu belang – belang
  • membuat warna permukaan kayu lebih rata
  • lapisan yang baik untuk ketahanan kayu yang lebih kuat

Apa bedanya dengan pernis kayu?

banyak yang mengira bahwa pernis dan plitur adalah sama. ternyata terdapat beberapa poin perbedaan lho, homeowners!

jika plitur kayu hanya digunakan untuk meratakan permukaan kayu supaya punya warna yang lebih rata, berbeda dengan pernis kayu.

cat pernis kayu memberikan perlindungan lebih untuk kayu supaya dapat bertahan lebih dari sinar matahari, cuaca hujan, bahkan hingga serangga. walau begitu, baik pernis maupun plitur lebih baik jika digunakan dalam area indoor. keduanya akan cepat luntur jika terkena sinar matahari pada pengaplikasiannya.

Cara plitur kayu

sebenarnya, cara plitur kayu sendiri tidaklah sulit seperti yang dibayangkan. anda tidak perlu menambah berbagai macam bahan yang bervariasi.

sebelum diaplikasikan pada kayu, plitur perlu ditambahkan sedikit thinner. baru setelah itu, anda bisa mengoleskan bahan cat satu ini pada area bagian permukaannya.

untuk alat atau media yang digunakan, anda dapat menggunakan kuas ataupun kain supaya cat dapat terbawa dengan baik. mudah bukan?

Desain kayu untuk plitur

dapat diaplikasikan untuk material apa saja plitur untuk kayu ini? banyak sekali, dari kursi hingga beberapa perabotan lain. apa saja ya?

Baca Juga  9 Peralatan Elektronik Dapur Wajib di 2024

set meja kursi kayu

plitur kayu 2
catkayu.com

kursi dan kayu jadi perabotan pada rumah yang sering digunakan pengaplikasiannya. baikd dari tipe meja makan hingga tipe kursi taman (khususnnya dari bahan kayu) sama – sama baik untuk diaplikasikan.

untuk kursi makan, tampilan yang lebih baru tentu menambah sisi artistik dari ruang makan. ini adalah cara yang pas, menambah ruang makan jadi lebih cantik, makan pun lebih nikmat.

penggunaan pada meja dinding

plitur kayu 3
via sierra living concepts

meja seperti ini biasannya berada diarea pojokan, dengan penempatan yang mepet dengan dinding. nah, tipe furniture satu ini tidak boleh luput dari penggunaan plitur.

keberadaanya yang di dalam area indoor tentu juga cocok untuk plitur. tidak akan terkena sinar matahari langsung, sehingga amat cocok digunakan bahkan untuk jangka panjang.

Rak dinding

plitur kayu 4
via the shelving shop

bentuk rak dinding seperti ini amat cocok untuk tipe rumah minimalis. bentuk yang sangat simpel dan tidak memakan banyak ruang, tentu lebih maksimal dengan penggunaan plitur kayu.

terlebih dengan letaknnya berada diatas, ide yang bagus untuk memberikan tampilan yang mengkilap.

pertahankan warna coklat alami dari kayu supaya dapat mempertahankan kesan natural tetap ada.

Rak tinggi

plitur kayu 5
via overstock.com

masih sama seperti tipe rak sebelumnya, namun untuk segi ukuran terlihat lebih besar pada rak tinggi seperti ini.

karena bentuk yang besar, penggunaan plitur kayu amat menunjang keseluruhan tampilan dari ruangan. anda bisa memanfaatkan variasi warna dari plitur supaya memberikan tampilan yang lebih cantik.

Baca Juga  Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Semua Ukuran (30x30 - 60x60)

anda bisa juga memberikan beberapa buku maupun beberapa pernak pernik hiasan lain. tampilan rak yang mengkilap serta tambahan pernik yang menarik. siapa yang tidak mau?

menarik ya, semoga bermanfaat!

cek harga produk plitur kayu DISINI

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini