Membangun Pondasi Rumah 2 Lantai Kokoh dan Tahan Gempa

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika membangun ialah pondasi rumah 2 lantai , karena tipe rumah bertingkat tentu saja memerlukan beberapa penyesuaian khusus dibanding dengan rumah 1 lantai saja. beban yang lebih besar, mengharuskan ada perubahan yang dilakukan, yang tidak hanya dari bahan material tapi juga faktor kondisi lingkungannya. nah, apa saja? Simak penjelasannya dibawah ini

Membangun rumah tidak lepas dari bagaimana pembangunan fondasi , hal ini penting karena dari sinilah awal mulai rumah yang kuat dan kokoh berasal. pondasi akan menentukan ketahanan.

apalagi untuk anda yang membangun pondasi rumah 2 lantai , tentu beberapa perencanaan khusus diperlukan dan tidak disamakan dengan pembangunan rumah biasa.

Jenis Pondasi Untuk 2 Lantai

pastinya ada beberapa jenis pondasi yang dapat anda gunakan, jika bicara bagusan mana antara diantara pilihan ini? maka jawabannya adalah relatif, semua tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

yang perlu anda perhatikan ialah bagaimana tingkat kepadatan tanah, faktor lingkungan dan beberapa jenis lain, ini mesti anda konsultasikan dengan jasa professional yang bekerja dengan anda.

berikut ini jenis pondasi rumah 2 lantai :

  • pondasi bore pile , simak lebih lengkap DISINI
  • pondasi foot plat
  • pondasi kombinasi foot plat dan batu kali
Baca Juga  8 Rekomendasi Merk Setrika Yang Bagus , Baju Jadi Rapi!

Hal Yang Berpengaruh Terhadap Pondasi 2 Lantai

pondasi rumah 2 lantai

dalam pengaplikasiannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembangunan pondasi 2 lantai. diantaranya yakni:

Bagaimana arsitektur bangunan

bagaimana bentuk arsitektur sangatlah berpengaruh untuk bangunan anda. mungkin anda pernah melihat bagaimana bentuk arsitektur bangunan yang unik dan megah? atau bangunan yang menerapkan art deco ?

perlu anda tahu bahwa tipe tipe bangunan seperti itu biasanya memiliki arsitektur yang lebih berat daripada bangunan rumah biasanya. karena kondisi seperti itu, maka sangat perlu untuk ditentukan mana pondasi yang tepat sebagai penopangnya.

Berapa Lama Ketahanannya

sebuah bangunan tentu perlu diperhitungkan berapa lama masa pakai atau tingkat ketahananya. jika itu diperkirakan bertahan selama ratusan tahun, itu yang diperlukan pondasi yang bagus untuk mendukung mencapai masa itu.

tapi kalau untuk sementara, mungkin perlu anda pertimbangkan pemakaian pondasi yang sesuai untuk meminimalisir keborosan biaya.

Jenis tanah

jika anda membaca dari atas tadi, terdapat kalimat yang menyinggung soal jenis tanah dan beberapa faktor disekitarnya. nah, dalam hal ini ialah tanah. perbedaan tipe tanah maka berarti beda pula bagaimana konstruksi pondasi yang dipakai.

misalnya kondisi jenis tanah yang keras, tentu akan membutuhkan pondasi tanah kecil. namun jika itu dibangun dalam kondisi jenis tanah yang lunak, tentu dapat menggunkan jenis pondasi yang aman.

ilustrasi fondasi

Bahan Yang di Gunakan

tentu tidak jauh berbeda ketika kita bicara bahan atau material yang dipakai untuk pondasi rumah 2 lantai.

Baca Juga  6 Merk Pompa Submersible Yang Bagus

beberapa yang dapat digunakan seperti:

  • material pasir
  • batu kali
  • dan juga semen

ketiga bahan itu tentu bahan yang wajib digunakan, tapi dalam pengaplikasiannya mungkin membutuhkan beberapa tambahan material lain, hal itu menurut jenis pondasi yang anda pakai.

jadi, yang pertama perlu anda tentukan tentu saja jenis pondasi rumah 2 lantai yang anda pilih.

ilustrasi fondasi

Biaya Pondasi Rumah 2 Lantai

jika bicara biaya, tidak ada segi spesifik berapa biaya yang akan diperlukan, karena masing masing pembangunan pondasi rumah 2 lantai akan selalu terdapat perbedaan.

terdapat banyak faktor karena untuk biaya bahan atau material, biaya tukang profesional di masing masing daerah tentu berbeda.

namun diperkirakan pembangunan biaya dapat mencapai 13 hingga 15 juta, dengan ukuran 7m x 10m. walaupun itu bukan lah biaya pasti, ini dapat anda jadikan sebagai referensi biaya yang diperlukan.

nah, itu tadi penjelasan tentang pondasi rumah 2 lantai, semoga bermanfaat ya!

Lagi cari pasir bangunan yang bagus? atau sedang cari bahan bangunan lainnya? beli hanya di qhomemart, kami memiliki semua kebutuhan untuk rumah anda, belanja sekarang, klik link tautan whatsapp dibawah.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini