Mengenal Pondasi Umpak : Fungsi Hingga Kelebihan dan Kekurangan

Pondasi umpak menjadi salah satu tipe fondasi yang kuat dan kokoh untuk bangunan. tipe ini banyak dipergunakan untuk proyek proyek pembangunan macam rumah maupun beberapa sejenis. tapi, apa sebenarnya yang membuatnya bagus? apakah ini memang fondasi yang cocok untuk dipakai? apa saja yang perlu saya ketahui tentang jenis pondasi ini? simak selengkapnya pada artikel berikut ini.

pembangunan memerlukan fondasi yang tepat, dari sini awal mula bangunan itu dibangun, disesuaikan dengan kebutuhan, untuk apa bangunan tersebut. beda kebutuhan tentu memerlukan jenis fondasi yang berbeda.

jika kita bicara rumah, mungkin sudah banyak orang yang menggunakan pondasi umpak pada pengaplikasiannya. tapi, bagaimana sebenarnya karakter dari tipe pondasi mini?

Mengenal Pondasi Umpak

pondasi umpak sendiri merupakan jenis pondasi yang dibuat untuk rancangan bangunan yang lebih sederhana, dengan pemakaian tipe dinding kayu ataupun anyaman bambu.

bahan

bahan susunan material pondasi umpak biasanya terdiri dari beton maupun batu, yang mana lalu dibuat berbentuk kotak, lesung maupun kubus, baru kemudian ditimpa oleh tiang penyangga pada bagian atasnya.

Baca Juga  Desain Taman Dalam Rumah Di 7 Area

untuk membayangkannya lebih jelas, anda bisa mengibaratkan tipe pondasi ini layaknya permen lolipop yang dilihat secara terbalik.

pondasi umpak
via: quantity takeoff

digunakan untuk apa?

pemakaian pondasini sudah dipakai untuk beberapa segmen bangunan, seperti:

berdiri diatas tanah padat

biasanya, tipe pondasi ini dibangun diatas tanah yang telah dipadatkan terlebih dahulu atau memang tanah tersebut keras.

namun jika itu berdiri pada tanah berkualitas rendah, atau tanah yang dekat dengan air, ada kemungkinan jika material penyangga terjadinya sedikit masalah seperti korosi atau pelapukan. tanah yang mengandung sulfat juga dapat menyebabkan hal itu terjadi.

Fungsi

ternyata tipe pondasi ini memuat sejumlah fungsi penting untuk ketahanan dan keoptimalan dari kontruksi bangunan lho qhomelovers. seperti yang dilansir dari the constructor, pondasi umpak memiliki fungsi sebagai berikut:

menghindari kontak antara tanah dan material

kenapa begini? hal tersebut karena material logam atau kayu dapat dipengaruhi oleh kondisi kelembapan tanah. kondisi ini menyebabkan logam dapat korosi, atau pada kayu terjadi pelapukan.

maka dari itu, pondasi ini juga berfungsi sebagai “pijakan” untuk mencegah tersebut terjadi.

support untuk elemen penyangga di ketinggian tertentu

material penyangga dengan tinggi tertentu bisa saja tertekuk jika melebihi batas, maka dari itu tinggi pijakan pondasi umpak bisa dibuat dibuat lebih tinggi, supaya tidak perlu memaksakan ukuran tiang penyangga yang terlalu tinggi.

Baca Juga  8 Jenis Olahraga di Rumah, Menyehatkan Tubuh!

jika anda membutuhkan ketinggian bangunan tertentu, hitung dengan akurat seberapa tiang penyangga dapat menahan. jikapun terbatasnya pilihan tiang, alternatifnya pondasi dapat dibuat lebih tinggi

dengan begini, itu akan sangat membantu material penyangga tetap dalam kondisi terbaiknya.

kelebihan pondasi umpak
via: new plus notes

Kelebihan

tipe pondasi bangunan ini punya beberapa kelebihan jika dibanding dengan pondasi lain, diantarnya adalah

tahan guncangan

pondasi umpak punya ketahanan yang baik terhadap guncangan, seperti ketika terjadi gempa. sistemnya memang dirancang supaya meratakan guncangan yang diterima rumah, sehingga lebih selaras untuk daerah daerah yang rawan terhadap gempa,

tiang sangga bangunan akan bertahan ketika sewaktu waktu terjadi guncangan, oleh sebab itu fondasi ini sangat cocok untuk keamanan.

bentuk sederhana

sebenarnya pondasi ini memiliki bentuk struktur yang sederhana dibanding dengan tipe struktur pada pondasi lain. dengan begini, ini lebih mudah dikerjakan oleh tukang professional

pengerjaan bisa lebih cepat

masih berkaitan dengan point sebelumnya, struktur pondasi ini memiliki bentuk yang sederhana. karena tidak terlalu ribet, pengerjaannya tentu saja dapat dikerjaka lebih cepat.

bangunan lebih cepat jadi dan dapat segera digunakan, seperti ketika membangun sebuah toko, tentu anda dapat segera mengeoperasikan dengan cepatnya pembangunan.

bahan pondasi umpak
via: dailycivil.com

Kekurangan

tipe pondasi umpak yang satu ini bukan tanpa kekurangan, adapun penjelasannya sebagai berikut :

kurang kuat untuk beban berat

seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa pondasi umpak hanya digunakan untuk bangunan – bangunan sederhana. memakai jenis pondasi ini untuk struktur bangunan yang berat tidak lah cocok.

Baca Juga  8 Jenis dan Merk Alat Pel Lantai Yang Bagus

jadi, pemakaian pondasi ini terbatas untuk bangunan tipe sederhana saja.

belanja kebutuhan proyek hanya di qhomemart.com, harga terupdate 2022 paling lengkap dan terjangkau serta pengiriman cepat, belanja sekarang!


Comments

comments

Edwin Qhomemart

3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. book readers and explore tours

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini