Penjelasan Lengkap Rangka Atap Baja Ringan Serta Kelebihannya

rangka atap baja ringan saat ini jadi primadona untuk pengaplikasian rumah – rumah di indonsia. apa saja yang perlu diketahui sebelum memasang atap baja ringan pada hunian? simak penjelasan dibawah ini.

sering kali kita mendengar tentang baja ringan yang digunakan sebagai keperluan bahan bangunan, terlebih untuk rangka atap sebuah hunian. hal ini tentu menimbulkan pertanyaan, apakah memang baja ringan efektif untuk digunakan untuk bahan bangunan terlebih untuk atap rumah?

Apa Itu Rangka Atap Baja Ringan?

rangka atap baja ringan adalah kerangka dari rumah pada bagian atap yang menggunakan baja ringan sebagai media pengaplikasiannya. ini berarti bahwa baja ringan seluruhnya digunakan untuk membentuk atap lewat kerangka yang disusun.

terlebih untuk jaman ini, sudah banyak rumah yang mengaplikasikan jenis rangka atap baja ringan. beberapa manfaat didapat dari jenis rangka ini, tak lain karena tingkat kekokohan yang tinggi serta harganya yang juga lebih terjangkau dibanding dengan jenis rangka kayu.

walaupun terjangkau, jangan ragukan dari segi kualitasnya. jenis rangka atap baja ringan juga dapat menahan beban yang berat dari atap rumah hingga bertahun – tahun.

Baca Juga  Inspirasi Rumah Minimalis Modern 2 Lantai Untuk Lahan Terbatas

Material Rangka Atap Baja Ringan

Material dari baja ringan dikenal tidak mudah berkarat dan unggul dalam menghadapi cuaca ekstrem, sehingga bisa melindungi rumah anda dengan lebih maksimal. baja ringan punya lapisan yang terbuat dari campuran beberapa bahan seperti galvanis hingga kombinasi bahan dari alumunium, seng, silikon.

jangan salah, baja ringan sendiri punya kekuatan lebih kuat dari baja konvensional lain, tapi dengan ukuran yang lebih ringan. nah, karenanya, baja ringan sangat cocok untuk digunakan sebagai atap rumah.

Gambar Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan
via roofsystemstt.com

selain penempatan pada sisi utama atap, baja ringan sangat cocok untuk penerapan pada beberapa area atap rumah, seperti pada bagian samping ini. warna dari baja ringan biasanya memiliki warna yang putih, sehingga akan mengkilap pada pengaplikasiannya.

sudah banyak rumah yang mengaplikasikan jenis atap baja ringan untuk pengaplikasian pada atap rumah. karenanya, bagi anda yang ingin merenovasi ataupun sedang membangun bangunan rumah baru, jenis atap ini bisa jadi pilihan.

Kekurangan dan Kelebihan Atap Baja Ringan

hal lain, beberapa hal yang wajib anda ketahui ialah sisi kekurangan dan kelebihan dari baja ringan, terlebih untuk pengaplikasian baja ringan dengan rangka atap.

Kelebihan Baja Ringan

  • mudah dalam pemasangan

dengan berat yang relatif lebih ringan, tentu saja hal ini berpengaruh terhadap proses pemasangan yang dilakukan. hal ini akan menghemat waktu dan tenaga karena beban yang lebih ringan jika dibanding penggunan yang jenis baja konvensional, yang mana punya berat yang lebih.

  • anti karat
Baca Juga  Lebih Baik Atap Baja Ringan vs Kayu? Simak Perbandingannya
gambar kerangka atap baja ringan
via pinterest

walaupun rangka atap baja ringan tidak semua yang anti karat, akan lebih baik memilih dengan lapisan anti karat supaya lebih maksimal. hal ini juga memberikan perlindungan yang baik ketika berada dalam berbagai cuaca, terlebih untuk cuaca hujan.

  • daya tegangan tarik yang tinggi

tegangan tari yang tinggi dimiliki dari rangka atap baja ringan, yakni sekitar 500 MPA, hal yang berbeda didapat dari baja konvensional yang mana masih memliki tegangan tarik sebesar 300 MPA. dengan tegangan tarik ini, maka rangka atap baja ringan memberikan kestabilan dari bangunan yang berdiri.

  • anti rayap

tentu, baja ringan tidak akan mengalami permasalahan klasik seperti rayap yang mengganggu pada konstruksi kayu. hal ini jelas jadi salah satu poin yang wajib anda pegang, karena rumah – rumah jaman tahun dulu (bahkan sekarang) masih banyak yang menggunakan rangka kayu, yang mana akan masih terbayang dengan permasalahan rayap.

Kekurangan Baja Ringan

  • tidak semua toko menyediakan bahan ini

hal ini karena dominasi rangka atap kayu masih tinggi, sehingga mencari baja ringan untuk atap rumah mungkin sedikit lebih sulit. anda perlu membeli di toko – toko bangunan besar, namun seiring berjalannya waktu, jenis baja ringan akan lebih mudah didapatkan

  • pemasangan yang tidak benar menyebabkan mudah terbawa angin

sifat yang ringan tentu memberikan tumpuan yang sedikit ringan pada konstruksi bangunan pada hunian. namun, sifatnya yang ringan bisa jadi dapat mudah terbawa cuaca jika tidak dipasang dengan benar, terlebih jika cuaca sedang sangat berangin. untuk itu, pastikan pemasangan sudah kokoh ketika proses pengaplikasiannya, ya.

Baca Juga  Harga Music Box Untuk Tahun 2021 , Mulai dari 100 Ribuan!

Kesimpulan

dari beberapa penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa rangka atap baja ringan dapat anda aplikasikan pada hunian anda. sifat yang awet hingga kemudahan dalam pemasangan jadi poin utama untuk anda pilih.

cek juga kebutuhan bangunan lainnya disini

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini