5 Ide Ruang Bermain Anak untuk Rumah Sempit

Bagi Anda yang memiliki putra-putri, tentunya Anda menginginkan ruangan khusus untuk dijadikan sebagai ruang bermain Anak. Dengan adanya ruang bermain Anak, putra-putri Anda akan lebih nyaman dalam bermain dan belajar tanpa membuat berantakan di ruangan lain. Namun, ada beberapa kendala untuk ruang bermain anak, salah satunya adalah ketersediaan lahan di rumah Anda. Yuk simak beberapa ide ruang bermain anak untuk rumah sempit yang dapat Anda ikuti di rumah.

Pojok Kreasi untuk Ruang Bermain Anak

Ruang bermain untuk anak tidak perlu dalam sebuah ruangan yang khusus. Ruang ini dapat berupa area tertentu yang dapat digunakan untuk bermain oleh anak dan juga tempat menyimpan peralatan bermain anak Anda. Anda dapat memanfaatkan sebuah sudut di rumah Anda untuk menaruh peralatan bermain dan menjadikannya ruang bermain untuk anak Anda. Pada area itu, anak dapat bebas beraktivitas seperti menggambar, bermain boneka, bermain mobil-mobilan, dan lain sebagainya. Pastikan area tersebut aman dari benda bersudut runcing agar saat anak berlarian tidak akan terluka terkena sudut benda yang runcing.

Baca Juga  5 Tips Menata Ruang Belajar Anak

Minimalisasi Penempatan Furniture

Anak Anda membutuhkan ruangan yang cukup luas untuk bermain. Pemilihan furniture yang besar dan menempatkannya di area bermain anak bukanlah pilihan yang bijak. Anak anda menjadi kurang bebas dalam bermain di area tersebut. Akan tetapi, Anda dapat menaruh meja dan kursi yang aman dengan sudut tumpul untuk area bermainnya.

Gunakan warna terang agar terkesan lebih luas

ruang bermain anak

Meskipun ruang yang dimiliki untuk area bermain anak tidak terlalu luas, Anda dapat memilih warna dinding terang seperti putih atau warna pastel untuk memberikan kesan ruangan yang luas. Tambahkan dekorasi dengan warna senada untuk menambahkan kesan manis pada area bermain anak Anda.

Lapisi dinding dengan kertas atau kain

ruang bermain anak

Anak adalah pribadi yang memiliki kreativitas tinggi dan rasa ingin tahu yang tinggi pula. Kebanyakan anak suka sekali menggambar. Tidak jarang anak Anda menggambari dinding alih-alih menggambar pada kertas. Untuk itu, untuk mengamankan tembok Anda, Anda dapat melapisinya dengan lembaran kertas atau kain agar anak lebih bebas untuk menggambari dinding Anda. Anda juga dapat menggunakan cat dinding khusus yang mudah dibersihkan sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir dinding Anda akan terkotori dengan gambar yang dibuat oleh putra putri Anda.

Kreasikan Dekorasi Dinding Bersama Anak

ruang bermain anak

Untuk membuat ruang tersebut menjadi lebih personal bagi anak Anda, Anda dapat mengajaknya untuk menghias dinding area tersebut. Anda dapat mengajaknya menggambari dinding dengan karakter yang disukai oleh anak. Anda dapat menggambarinya dengan cat poster ataupun cat dinding. Anda juga dapat berkreasi dengan menggunakan cap tangan warna warni agar ruang tersebut terlihat lebih ceria dan disukai oleh anak Anda.

Baca Juga  Inspirasi Kamar Mandi Motif Kayu

Kegiatan mendekorasi dinding tersebut juga dapat menjadi aktivitas yang menarik bagi anak anda dan dapat memperkuat ikatan antara orang tua dan anak. Tentunya jangan lupa untuk melapisi lantai rumah dengan koran agar cat yang Anda gunakan tidak terlalu berceceran di area tersebut. Anak anda senang, ruangan juga dapat menjadi cantik dan lebih personal.

Pastikan Mainan Tertata Rapi

ruang bermain anak

Ruang bermain tentunya akan ada banyak benda dan mainan anak Anda. Jangan lupa untuk mengaturnya dan menyimpannya dengan rapi agar ruangan tetap terlihat cukup luas. Biasakan anak Anda untuk membereskan mainan dan peralatan yang ia gunakan sendiri setelah dipakai agar anak Anda menjadi lebih disiplin dan dapat bertanggung jawab terhadap barang yang ia miliki. Dengan mempercayai anak Anda, Anda juga dapat menambahkan rasa percaya diri pada anak.

Sirkulasi Udara yang Baik

ruang bermain anak

Meskipun rumah Anda sempit, pastikan sirkulasi udara pada rumah Anda berjalan dengan baik. Sirkulasi udara sangat penting untuk menjaga agar rumah tidak lembab dan udara di dalam rumah berganti dengan baik. Anak Anda juga dapat bermain dengan lebih nyaman. Sebaiknya ruang bermain anak juga memiliki jendela atau dekat dengan jendela sehingga pencahayaan dan sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Belanja kebutuhan rumah Anda di Qhomemart. Tersedia aneka furniture, dekorasi, bahan bangunan, dan berbagai kebutuhan rumah lain untuk melengkapi rumah Anda.


Baca Juga  Model Meja Makan, Bikin Ruang Makan Ekspresif

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini