Rumah Limasan Gaya Jawa untuk Hunian Tradisional

Rumah limasan adalah rumah tradisional masyarakat Indonesia. Rumah limasan umumnya banyak ditemukan di daerah Jawa akan tetapi ada pula yang berada di daerah lain di Indonesia, yaitu di Pulau Madura dan Pulau Bali. Rumah limasan sederhana gaya Jawa cocok untuk hunian tradisional dan umumnya banyak ditemukan di pedesaan.

Meski begitu, ada pula yang menyukai model rumah limasan modern untuk digunakan di daerah perkotaan. Limasan memiliki denah dasar empat tiang rumah yang diperluas dengan menambahkan sepasang tiang di bagian ujung atap. Limasan memiliki bubungan atap yang cukup panjang.

Rumah Limasan di Pedesaan

rumah limasan
source: babe.news

Banyak sekali rumah limasan tradisional yang dapat Anda temukan di pedesaan. Umumnya rumah jenis ini memiliki lahan yang cukup luas dengan pekarangan yang luas juga. Di pedesaan, rumah ini banyak yang ditemukan tanpa menggunakan pagar. Rumah limasan umumnya terbuat dari kayu, terutama kayu jati. Kayu jati dikenal adalah kayu yang sangat kuat dan cocok untuk membangun rumah jenis limasan ini.

Rumah-rumah di pedesaan umumnya sangat asri dan cocok untuk membangun rumah tradisional seperti jenis limasan atau pun jenis rumah joglo. Meski begitu, banyak pula orang-orang di pedesaan yang membangun rumah minimalis untuk menghemat lahan yang ada.

source: Rumah Jawa Jogja

Rumah tradisional Jawa dengan bentuk limasan ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai hal-hal berbau tradisional. Selain itu rumah ini memiliki jendela yang besar-besar dan terasa sejuk karena sirkulasi udara di rumah ini juga sangat baik. Selain itu banyak pula rumah jenis limasan yang menggunakan jendela kayu dengan ukiran tradisional tertentu untuk menambah kesan estetik yang dimiliki oleh hunian tersebut.

Baca Juga  20+ Ide Sofa Rumah Minimalis

Perbedaan Rumah Limasan dengan Rumah Joglo

Bagi beberapa orang yang awam, rumah joglo dan rumah limasan jika dilihat secara sekilas sangatlah mirip dan banyak yang mengira kedua jenis rumah tersebut sama. Akan tetapi, jika Anda mencermatinya lebih lanjut, Anda dapat melihat perbedaan yang cukup jelas dari kedua jenis rumah itu.

Rumah Joglo

Rumah joglo adalah rumah tradisional yang banyak ditemukan di daerah Jawa. Ciri khas rumah ini terdapat pada bentuk atapnya yang sangat mirip dengan bentuk gunung yang biasa disebut sebagai tajug. Menurut masyarakat Jawa, gunung merupakan simbol dari segala bentuk yang sakral. Dari bentuk itu, kemudian muncul istilah Joglo yang berasal dari kata ‘tajuk’ dan kata ‘loro’ yang berarti dua tajug yang bergabung.

Selain dari bentuk atapnya yang menyerupai gunung, rumah Joglo pun memiliki ciri khas lain, yaitu empat tiang penyangga untuk menyangga rumah tersebut. Empat tiang penyangga bangunan itu biasa disebut Soko Guru. Tiang-tiang tersebut juga merupakan tiang utama pada rumah Joglo.

Rumah tradisional Jawa ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu rumah induk dan rumah tambahan. Rumah induk terdiri dari beberapa bagian, yaitu pendopo, pringgitan, emperan, omah dalem, senthong-kiwa, sentong tengah, senthong-tengen, dan gandhok.

Pendopo

Bagian pendopo biasanya terletak di depan rumah. Umumnya, pendopo digunakan untuk aktivitas formal seperti pertemuan, tempat pagelaran seni seperti pertunjukan wayang kulit dan tarian, serta digunakan untuk upacara adat yang sakral. Ruangan ini terbuka dan seringkali dibuat terlihat megah dan berwibawa.

Baca Juga  Kompor Listrik, Kekurangan dan Kelebihan

Pringgitan

Bagian pringgitan terletak di antara pendopo dan rumah dalam atau omah njero. Selain digunakan sebagai jalan untuk masuk, lorong ini juga kerap digunakan sebagai tempat pertunjukan wayang kulit. Bentuk dari pringgitan terlihat seperti serambi bentuk tiga persegi dan menghadap ke arah pendopo.

Emperan

Emperan berfungsi sebagai penghubung antara pringgitan rumah joglo dengan omah njero. Emperan juga dapat disebut sebagai teras depan dan biasanya memiliki lebar sekitar 2 meter. Emperan dapat digunakan sebagai tempat untuk menerima tamu dan juga bersantai.

Omah Dalem

Omah dalem pada rumah joglo biasanya dapat disebut sebagai omah mburi, dalem ageng, atau hanya disebut sebagai omah. Omah dalem berfungsi sebagai tempat tinggal sang penghuni rumah tersebut.

Senthong-kiwa dan Senthong-tengen

Senthong-kiwa berada di sebelah kanan dan terdiri dari beberapa ruangan yang dapat digunakan. Ada ruangan yang dapat berfungsi sebagai kamar tidur, gudang, tempat menyimpan persediaan dan lain sebagainya. Sedangkan senthong-tengen berada di sebelah kiri dan memiliki fungsi yang sama dengan senthong-kiwo.

Senthong-tengah

Bagian senthong-tengah terletak di area dalam rumah joglo. Sesuai dengan letaknya yang berada di dalam rumah, bagian ini berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda berharga. Umumnya benda berharga yang tersimpan di senthong-tengah berupa perhiasan, atau pusaka keluarga seperti keris atau harta berharga lainnya.

Rumah Limasan

source: limasanjati.com

Rumah adat limasan adalah salah satu jenis arsitektur tradisional khas Jawa. Rumah ini telah ada sejak jaman dulu. Rumah adat limasan dikenal memiliki filosofi yang dipercayai oleh masyarakat.

Baca Juga  Model Rumah Minimalis Type 45 Terbaru yang Elegan

Rumah adat limasan memiliki struktur yang lebih rumit dibandingkan rumah-rumah di perkampungan pada umumnya. Biasanya rumah jenis ini digunakan oleh keluarga Jawa yang memiliki kedudukan.

Umumnya rumah limasan terlihat mirip sekali dengan rumah joglo. Akan tetapi, perbedaan rumah ini dengan rumah joglo adalah pada bagian atapnya. Struktur atap rumah limasan terlihat lebih mirip dengan atap rumah tradisional Sumatera Selatan.

Struktur rangka pada rumah limasan berupa batang-batang kayu yang kemudian disusun dengan sistem kubus yang beratapkan bentuk limas. Bangunan dengan gaya limasan tergolong cukup fleksibel. Sambungan antara kayu dengan kayu pada bangunan ini tidak saling kaku.

Bangunan rumah adat limasan yang cukup fleksibel ini sangat bagus dan cocok untuk digunakan di daerah yang rawan terhadap bencana gempa. Oleh karena itu, bagi Anda yang tinggal di area rawan gempa, memilih untuk membangun rumah jenis limasan adalah salah satu pilihan yang tepat.

Yuk lihat berbagai inspirasi mengenai dekorasi rumah serta tips & trick hanya di blog Qhomemart. Qhomemart, pusat belanja grosir terlengkap yang menyediakan berbagai bahan bangunan dan perlengkapan rumah seperti furniture, perlengkapan kamar mandi, perlengkapan dapur, bahan bangunan, lantai, atap dan lain sebagainya. Berbelanja di Qhomemart lebih mudah melalui website maupun whatsapp kami.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini