Dekorasi

Tips Merawat Rumah untuk Disewa

Rumah untuk disewa– Bisnis properti kini menjadi bisnis yang menguntungkan. Tidak hanya proses jual beli rumah dan tanah yang semakin pesat, sewa menyewa rumah pun semakin banyak dilakukan oleh berbagai kalangan. Pasalnya membeli rumah bukanlah perkara yang mudah. Terkadang sambil menabung untuk membeli rumah, sebuah keluarga atau seseorang biasanya memutuskan untuk menyewa sebuah rumah.

Bagi Anda yang tertarik untuk menyewakan rumah Anda, tentu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Anda perlu mengetahui apakah Anda ingin membangun rumah baru untuk disewakan atau Anda ingin menyewakan rumah lama yang Anda miliki.

Jika Anda memilih untuk menyewakan rumah jadi yang sudah Anda miliki, sebaiknya Anda harus memastikan bahwa kondisi rumah yang akan Anda sewakan dalam keadaan yang baik. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan terhadap rumah untuk disewa.

Rumah untuk Disewa

rumah untuk disewa
source: allstageloghomes.com

Jika Anda memiliki lebih dari satu rumah, tentu rumah kedua Anda dapat Anda jadikan sebagai rumah yang akan Anda sewakan pada orang lain. Sambil menunggu calon penyewa menyewa rumah Anda, sebaiknya Anda tetap melakukan perawatan pada rumah tersebut. Seperti apa saja sih perawatan yang perlu dilakukan pada rumah untuk disewa?

Baca Juga  6 Tips Membuat Ruang Tamu Minimalis yang Nyaman

Rajin Membersihkan Seluruh Sudut Rumah

rumah untuk disewa 3
source: spotonmaids.com

Umumnya rumah untuk disewa tidak berisi furniture. Akan tetapi ada juga rumah untuk disewa yang telah menyediakan furniture yang lengkap sehingga sang penyewa dapat lebih praktis untuk menyewa rumah Anda tanpa perlu memikirkan furniture yang diperlukan.

Bagi Anda yang ingin menyewakan rumah kosong tanpa furniture, membersihkan seluruh sudut rumah akan relatif menjadi lebih mudah. Anda hanya perlu menyapu dan mengepel area lantai di seluruh ruangan di rumah yang akan Anda sewakan. Jangan lupa untuk membersihkan area kamar mandi dengan menyikatnya dan membersihkan kamar mandi dengan cairan khusus agar lebih bersih.

Perbaiki Kerusakan pada Rumah Anda

rumah untuk disewa 2
source: freshome.com

Sambil merawat dan membersihkan rumah, tentu Anda dapat melihat apa saja komponen rumah yang mungkin sudah rusak ataupun lapuk. Anda perlu sesekali memeriksa kusen jendela di rumah Anda. Jika rumah Anda tidak ditinggali sebelum disewakan, ada kemungkinan kusen pintu dan kusen jendela Anda akan lebih cepat lapuk dan rusak.

Jika telah terdapat kerusakan pada bagian kusen pintu atau jendela, sebaiknya segera ganti kusen pintu dan jendela Anda. Hal ini berpengaruh terhadap keamanan rumah yang akan Anda sewakan. Selain itu, tentunya orang akan menyewa rumah dalam keadaan yang baik dan tidak terdapan suatu kerusakan apapun, bukan?

Cat Ulang Jika Warna Dinding Anda sudah pudar

Tentu tampilan rumah dan warna dinding rumah menjadi salah satu daya tarik yang penting untuk rumah Anda. Jika rumah Anda memiliki warna dinding yang pudar bahkan cat mengelupas tentu akan membuat rumah Anda terlihat kurang bagus dan terasa tidak nyaman. Oleh karena itu, sebaiknya cat ulang dinding rumah Anda yang sudah memudar dan juga cat yang mengelupas. Anda bisa melihat tips cara mengecat ulang tembok lama agar rumah tampak segar melalui artikel ini.

Baca Juga  Inspirasi Dekor Taman Sempit

Selain merawat rumah untuk disewa, Anda juga perlu memperhatikan calon penyewa yang akan menyewa rumah Anda. Terkadang ada orang yang menyewa rumah dan tidak merawat rumah Anda sehingga setelah periode sewa selesai, Anda mendapati rumah Anda dalam keadaan kurang baik. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Yuk simak beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyewakan rumah Anda.

Perhatikan Beberapa Hal Ini untuk Menyewakan Rumah Anda

rumah untuk disewa 4

Tentukan Harga Sewa Rumah Anda

Harga sewa rumah sangatlah beragam, tergantung pada lokasi, fasilitas, dan luas bangunan. Keberadaan fasilitas furniture atau hanya rumah kosong yang disewakan pun berpengaruh terhadap harga sewa yang Anda buat. Sebaiknya Anda mencari tahu nilai bangunan tersebut sebelum menentukan nilai sewa rumah Anda sehingga Anda tidak memasang harga yang terlalu rendah ataupun terlalu tinggi.

Buatlah Surat Perjanjian Sewa

Surat perjanjian sewa sangatlah penting untuk Anda buat. Dalam surat perjanjian tersebut, Anda bisa mencantumkan hak dan kewajiban masing-masing pihak, biaya sewa, peraturan selama menyewa, dan berbagai perjanjian lain yang harus disepakati antara Anda sebagai pemilik rumah dan calon penyewa rumah Anda.

Perhatikan Jumlah Pajak Penghasilan

Jika Anda menyewakan rumah, Anda perlu membayarkan sejumlah uang sebagai pajak penghasilan. Besar pajak yang wajib Anda bayarkan adalah sekitar 10 persen dari jumlah bruto nilai sewa tanah atau bangunan.

Baca Juga  Intip 5 Model Rak Buku Ini : Bikin Sudut Baca Makin Menarik

Begitulah tips untuk merawat rumah yang akan disewakan dan hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat menyewakan rumah Anda ke orang lain.

Yuk lengkapi kebutuhan rumah Anda mulai dari lantai, atap, furniture, dan lain sebagainya dengan berbelanja di Qhomemart.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini