4 Jenis Selang Air Berdasarkan Bahan & Fungsinya Disertai Tips Memilih Selang

Selang Air – Biasanya, pada area rumah yang sudah mulai menggusung konsep atau tema modern sudah terdapat taman atau kebun kecil, apalagi bagi anda yang menyukai kegiatan berkebun.

Berkebun sendiri merupakan salah satu aktiviras yang cocok dilakukan untuk mengisi hari libur atau akhir pekan dengan kegiatan yang positif. Banyak pemilik rumah yang memiliki taman kecil di halaman mereka yang sangat menyukai kegiata ini.

Untuk mendukung kegiatan yang satu ini, tentu diperlukan peralatan yang tidak sedikit. Mulai dari alat pemotong rumput, sekop kecil, hingga selang air.

Jika membahas selang air, mungkin sebagain besar dari anda ada yang belum mengetahui perbedaan dari jenis jenis selang air yang biasa digunakan. Selang air sendiri memang memiliki banyak jenis yang diolongkan berdasarkan fungsi serta bahan baku pembuatannya.

Dengan mengetahui jenis selang serta fungsinya, anda dapat mengoptimalkan kegiatan berkebun anda sehingga lebih efisien dan tentunya memiliki pengetahuan yang baru.

Untuk membantu anda mengenali jenis-jenis selang jogja, berikut akan kami berikan 4 jenis selang air berdasarkan bahan pembuat dan fungsinya disertai dengan tips untuk memilih selang air yang tepat.

Silahkan simak artikel berikut hingga selesai

Selang Air dari PVC

sumber: tradeindia

Jenis selang air yang pertama merupakan salah satu selang yang sangat sering digunakan untuk kegiatan di rumah. Mulai dari sebagai selang pengalir dari keran ke dapur, hingga untuk kegiatan mencuci kendaraan seperti mobil dan motor.

Baca Juga  Cara Merawat Pompa Air Sumur Rumah Tangga

Selang air yang terbuat dari PVC merupakan salah satu jenis selang yang transparan dan biasanya digunakan untuk mengalirkan air bersih.

Dengan rupanya yang transparan, akan memudahkan melihat aliran air yang ada didalam selang apakah merupakan air bersih atau kotor. Selain itu, selang ini merupakan selang yang sangat elestas.

Hal ini akan memudahkan selang untuk menyesuaikan bentuknya dengan diameter dari keran air. Salah satu kelebihan lain dari selang ini adalah mudah untuk dirapihkan yaitu cukup dengan cara digulung saja.

Selang Air dari Karet

sumber: amazon

Jenis selang air berikutnya adalah salah satu jenis selang yang memiliki harga yang cukup mahal serta bobotnya yang berat jika dibandingkan dengan jenis selang sebelumnya.

Akan tetapi, selang jogja berbahan karet ini merupakan salah satu selang yang cukup laris dipasaran. Karena bahannya yang lebih awet serta tahan lama.

Selang berbahan karet ini merupakan salah satu selang yang sangat kuat. Ini aka membuat pemiliknya tidak perlu khawatir akan kebocoran atau keretakan pada selang.

Selang Air dari Stainless Steel

sumber ali express

Jenis selang berikutnya merupakan salah satu selang yang memiliki resiko retak, bocor, dan hancur yang lebih kecil dibandingkan jenis selang air lainnya, yaitu selang air berbahan stainless steel.

Selang air yang satu ini, memiliki warna perak atau silver yang mengkilat dan didesain agar air dapat mengalir tanpa perlu memikirkan resiko kebocoran dan timbulnya karat pada selang. selang termasuk bahan bangunan murah yang bisa didapatkan di qhomemart.com

Baca Juga  Dekkson Memberi Jaminan Kunci Pintu Berkualitas

Meskipun terbuat dari bahan yang sangat kuat, nyatanya selang air jenis ini merupakan selang yang cukup ringan dan cukup elastis. Biasanya selang air ini digunakan pada selang mobil pemadam kebakaran atau hal lain yang memerlukan semprotan dan aliran air yang tinggi.

Selang Air dari Vinyl

sumber: bjhome

Berikutnya merupakan selang air yang memiliki harga yang paling murah jika dibandingkan dengan jenis selang air lainnya. Yaitu selang air berbahan dasar Vinyl. Selang air jogja ini merupakan jenis selang yang paling sering digunakan masyarakat untuk berkebun secara pribadi.

Meskipun tidak sekuat selang air yang berbahan karet, selang jogja berbahan vinyl ini cukup kuat dan awet untuk penggunaan minim dan pekerjaan ringan. Tentu hal ini berbanding lurus dengan cara perawatan dan penyimpanan selang air ini.

Itulah 4 jenis selang yang biasa diunakan di untuk kegiatan berkebun.

Sedikit tips yang dapat anda gunakan untuk memilih selang air yang tepat di rumah minimalis, adalah dengan mempertimbangkan material dasar selang yang akan anda beli.

Jika anda membutuhkan selang yang digunakan untuk keperluan dan aktivitas sederhana di rumah, selang PVC merupkan pilihan yang cocok anda gunakan karena memiliki tekstur yang kokoh serta berat selang yang cukup ringan.

Namun jika anda memerlukan selang utnuk kegiatan berkebun di area yang cukup luas serta `sulit`, anda dapat menggunakan selang berbahan dasar karet. Selang berbahan dasar karet ini memiliki sifat elastis dan fleksibel yang berguna untuk memaksimalkan mobilitas aktivitas berkebun anda


Baca Juga  Peralatan Dapur Lengkap untuk Si Hobi Masak

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini